Dota 2

Guide Pemula Dota 2: Earth Spirit, Ganker Handal Pilihan Utama Saat Team Fight!

Ini dia hero andalan para pro player support hebat seperti JerAx dan Crit-. Hero ini tergolong susah untuk dimainkan dan membuthkan banyak latihan agar kalian dapat mengeluarkan skill dengan tepat sasaran. Ingin coba memainkannya? Baca cek guide pemula Earth Spirit di sini!


GGWP.ID juga punya konten video lho! Subscribe channel Youtube GGWP.ID di sini, dan add official LINE GGWP.ID di sini untuk giveaway, update breaking news, dan diskon voucher AOV!

Kaolin sang roh batu merupakan hero strength dengan serangan melee. Hero ini sempat menjadi pilihan utama para pemain support hebat seperti JerAx dan Crit-. Ingin belajar menggunakan hero serba bisa ini? Cek guide pemula Dota 2 Earth Spirit berikut ini!

Earth Spirit sering kali ditempatkan pada sebagai roaming support, sehingga ia memiliki tugas untuk mengitari area dan mencari target ganking potensial. Dengan skill Rolling Boulder, Earth Spirit bisa menerjang musuh dengan cepat, dan dengan skill Boulder Smash dan Geomagnetic Grip ia bisa melakukan stun dan silent dengan area of effect (AOE) yang cukup luas.

Skill ultimate-nya Magnetize memiliki efek yang dahsyat bila digunakan dengan tepat saat war. Tapi semua skill tadi memerlukan penguasaan atas skill Stone Remnant agar maksimal. Berikut guide menggunakan Earth Spirit bagi pemula.

1

Boulder Smash

Boulder Smash memungkinkan Earth Spirit menendang Stone Remnant-nya ke arah depan dan mengakibatkan unit lawan yang terkena akan mengalami efek stun. Skill ini mencakup area yang cukup jauh, jadi kalian bisa melakukan skill ini dari jarak aman walaupun musuh bisa dengan mudah menghindarinya.

Kalian harus hati-hati karena Boulder Smash juga dapat menendang creep atau hero, baik dari tim kawan atau tim lawan. Jadi sebaiknya kalian menggunakan skill ini dari jarak yang cukup dekat. Kalian bisa kombinasikan skill ini dengan Rolling Boulder agar kalian bisa mendapatkan jarak yang pas dengan musuh kalian.

2

Rolling Boulder

Earth Spirit melakukan putaran dan menerjang ke arah yang di tuju. Earth Spirit akan berhenti saat ia menabrak hero musuh dan memberikan mereka efek damage dan movement speed slow. Kalian bisa menabrak Stone Remnant untuk meningkatkan kecepatan dan jarak dari Rolling Boulder.

Cara menggunakannya adalah kalian bisa meletakan Stone Remnant di depan kalian saat sedang delay skill Rolling Boulder ini. Bahkan dengan menggunakan skill ini kalian bisa melewati lokasi yang tidak bisa dilewati dengan cara biasa, artinya kalian bisa kabur dengan mudah bila dibutuhkan.

3

Geomagnetic Grip

Kebalikan dari skill Boulder Smash, Geomagnetic Grip memungkinkan Earth Spirit menarik Stone Remnant ke arahnya. Hero musuh yang terkena Stone Remnant tersebut akan terkena efek silent.

Bedanya skill ini hanya dapat menarik Stone Remnant, jadi tidak usah khawatir kalian akan menarik hero atau creep. Skill ini sangat baik dikombinasikan dengan Boulder Smash, di mana kalian langsung menarik Stone Remnant yang baru kalian tendang sehingga menghasilkan efek stun dan silent bagi hero musuh.

4

Stone Remnant

Ini dia skill utama dari Earth Spirit. Stone Remnant sendiri menempatkan patung batu di posisi yang kalian inginkan. Stone Remnant terdiri atas maksimal 6 charge dan bisa habis digunakan, walaupun seiring waktu charge tersebut akan mengisi dengan sendirinya.

Stone Remnant tidak dapat dihancukan dan tidak memberikan vision bagi Earth Spirit. Stone Remnant yang telah diletakkan akan bertahan selama 120 detik dan akan hacur dengan sendirinya.

Sedikit tips untuk menggunakan Stone Remnant adalah kalian bisa menekan hotkey skill ini sebanyak dua kali yang akan otomatis menempatkan Stone Remnant di depan kalian. Ini akan mempermudah kalian menempatkan Stone Remnant dan mempercepat kombo skill kalian.

5

Magnetize

Skill ultimate dari Earth Spirit membuat musuh yang berada dalam radius tertentu akan terkena efek damage per second. Damage tersebut akan ter-reset apabila terdapat Stone Remnant di sekitar musuh yang terkena efek Magnitize.

Skill ini memiliki AOE yang sangat sempit, maka kalian harus pastikan hero musuh sedang berkumpul dalam satu area yang berdekatan agar mereka semua terkena efek dari Magnetize ini. Skill ini sangat cocok untuk menginisiasi peperangan karena akan membuat musuh tidak dapat melakukan inisiasi.

6

Item: Blink Dagger

Earth Spirit sebagai support mengharuskannya memiliki item sesuai dengan kondisi permainan yang berjalan. Namun salah satu item yang memudahkannya memaksimalkan seluruh skill-nya adalah Blink Dagger.

Earth Spirit memiliki peran penting untuk melakukan inisiasi dan mengacaukan posisi lawan saat peperangan. Maka dengan Blink Dagger ia dapat dengan mudah memasuki pertahanan lawan dan mengeluarkan Magnetize. Ia juga dapat lebih mudah memposisikan diri untuk mengeluarkan Boulder Smash.

Earth Spirit sebagai support tergolong sulit dimainkan oleh pemula. Selain karena memiliki banyak skill aktif, skill-skill tersebut juga belum tentu mengenai lawan dan sangat berpotensi meleset. Oleh karena itu Earth Spirit harus memaksimalkan perannya sebagai inisator, walaupun terkadang ia harus mengorbankan dirinya saat melakukannya.

Pastikan kalian banyak latihan menggunakan hero ini dan jangan takut untuk berkorban demi kebaikan tim kalian!

Itulah guide pemula Dota 2 Earth Spirit yang semoga saja dapat membantu kamu. Penasaran dengan hero lain? Cek juga guide pemula Dota 2 lainnya!

Diedit oleh Arya W. Wibowo



Tentang Penulis

Belliandry Rudy

Penikmat musik metal, motor tua, dan esport. Liburan idamannya adalah touring ke warnet sambil ditemani alunan Bring Me The Horizons.

Artikel Terkait