Dota 2

3 Negara dengan Penghasilan Esport Terbesar! Indonesia Peringkat Berapa Ya?

Tiga negara dengan penghasilan terbesar dari esport, Indonesia peringkat berapa ya kira kira?


GGWP.ID juga punya konten video lho! Subscribe channel Youtube GGWP.ID di sini, dan add official LINE GGWP.ID di sini untuk giveaway, update breaking news, dan diskon voucher AOV!

Esport. Permainan? Olahraga? Yang jelas esport saat ini sudah menjadi sesuatu yang menghasilkan, uang yang berputar dalam esport tidak sedikit, sampai ratusan juta dolar! Tiga negara ini adalah negara dengan penghasilan esport terbesar, Indonesia peringkat berapa ya?

1

Cina: 55 Juta US Dolar/734 Miliar Rupiah

Negara dengan Penghasilan Esport Terbesar

Sumber : Dota2178

Di setiap game esport, negara ini selalu diperhitungkan. Narasi yang selalu menjadi bahan perbincangan adalah rivalitas West vs East di mana tim-tim dari Eropa dan Amerika akan bersaing dengan tim dari negara tirai bambu untuk menjadi yang terbaik.

Penyumbang besar esport bagi Tiongkok adalah dari Dota 2. Nama-nama besar seperti Xiao8, Hao, Fenrir dan FY selalu konsisten tampil di level teratas dunia Dota 2. Belum lagi para pemain Wings Gaming yang berhasil membawa pulang 9 juta dolar pada TI 6 kemarin.

League of Legends juga menyumbangkan porsinya untuk esport, di mana pemain seperti Clearlove, Koro1 dan Uzi mendapatkan pemasukan yang cukup tinggi di dunia League Of Legends.

Tiongkok diperkirakan akan terus menjadi salah satu negara terkuat di dunia esport, animo yang semakin besar dari masyarakat membuat esport sudah menjadi pilihan pekerjaan bagi anak-anak muda di Cina. Organisasi-organisasi besar juga mulai bermunculan, mereka terus merekrut pemain-pemain berbakat di berbagai bidang permainan.

2

Amerika Serikat: 54 Juta US Dolar/720 Miliar Rupiah

Hanya dipisahkan sebesar satu juta dolar, di posisi kedua Amerika Serikat mengekor dibelakang Tiongkok. Dengan base pemain terbesar yaitu 8.744 pemain, Amerika Serikat memang memiliki pemain terbanyak di dunia esport.

Trio Evil Geniuses yaitu Universe, PPD dan Fear menjadi penyumbang pendapatan terbesar di Amerika Serikat, mereka bertiga memiliki pendapatan sebesar 8 Juta dollar. Pemain FPS legendaris Fatal1ty juga menyumbang nominal yang besar melalaui banyak game yang dia mainkan sepanjang karirnya.

Amerika Serikat memiliki pendapatan yang besar karena mereka memiliki berbagai turnamen esport bagi setiap permainan. Permainan seperti HALO, Call of Duty, Smite, Mortal Kombat, Street Fighter dan Quake menjadi permainan yang eksklusif dimainkan oleh para pemain asal Amerika Serikat. Bahkan permainan mobile seperti Clash Royale juga ada turnamennya!

3

Korea Selatan: 48 Juta US Dolar/640 Miliar Rupiah

Bukan cuman terkenal dengan G-Dragon dan EXO, Korea selatan juga sukses di dunia esport dengan pendapatan sebesar 48 juta dolar! Berbeda dengan kebanyakan negara lain, Korea Selatan tidak didominasi oleh Dota 2 sebagai pendapatan utama. Pendapatan Korea Selatan didominasi oleh 2 permainan lain, permainan apakah itu?

Korea Selatan mendominasi 2 permainan yaitu League of Legends dan Starcraft 2, dominasi bukan lagi menjadi kata yang pas, mungkin ‘menguasai’ menjadi kata yang lebih tepat. Dua permainan ini memang memiliki mayoritas pemain dan tim yang berasal dari negeri ginseng.

Popularitas ini semakain didukung dengan pemain legendaris seperti Faker, Hong Jin Ho dan Lim Yo Hwan yang sudah menjadi selebriti di Korea Selatan, mereka tidak kalah terkenal dari artis-artis Kpop!

Ga Nyangka! Ternyata Kumpulan Orang Terkenal ini Bermain League of Legends!

Kepopuleran LoL membuat banyak orang memainkannya. Dengan 27 juta pemain aktif tiap harinya, ternyata terdapat kumpulan orang terkenal yang bermain LoL loh!


Indonesia saat ini hanya berada di peringkat 59, memang belum tinggi peringkatnya. Tetapi jangan salah, pemain-pemain asal Indonesia seperti InYourDream dan BnTeT sudah mulai mengharumkan nama Indonesia di dunia esport internasional. Apalagi kesempatan semakin terbuka, kamu berminat jadi pemain/atlet esport?

Maju terus esport! Terutama esport Indonesia, Fighting!

Sumber: esportsearnings.com. Diedit oleh Arya W. Wibowo


CONTINUE READING BELOW


About Writter

Bintang Nindya Sangaji

Anak gaul yang hobi nongkrong (di steam) Hampir tiap malam kerjanya party (Party mmr) Playboy kelas kakap (gonta-ganti idol korea)

Related Article