Arena of Valor

Be Professional! Ini 6 Hal yang Wajib Disiapkan di Turnamen MOBA Analog!

Jangan sampai kalah turnamen MOBA analog hanya gara-gara masalah teknis guys! Makanya, siapkan 6 hal ini supaya tim kamu dapat hadiah miliaran!


GGWP.ID juga punya konten video lur! Subscribe channel Youtube GGWP.ID di sini untuk menonton GGWP.Riri dan GGWP.Skyes livestream hampir setiap hari lur! Selain itu, tentunya banyak konten-konten seru seputar esports yang kocak, serius santai, sampai bikin baper!

MOBA analog, atau istilah kerennya adalah MOBA mobile memang sedang booming banget di Indonesia! Selain pemainnya yang terus meningkat, jumlah kompetisinya juga semakin bertambah.

Ketika mengikuti kompetisi MOBA analog, kamu tentu memerlukan banyak persiapan sebelum acara seperti berlatih dan menempa mental. Namun, bagaimana ketika bertanding?

Tidak dipungkiri, banyak tim yang gagal juara karena berbagai masalah teknis yang mereka derita ketika sedang bertanding. Hal ini sering sekali diamati oleh tim GGWP.ID ketika bertanding di berbagai turnamen MOBA analog.

Oleh karena itu, supaya kamu bisa sukses mengikuti turnamen MOBA analog dengan lancar dan siap juara, persiapkan terlebih dahulu 6 hal ini ya! Gak lucu kan gara-gara masalah teknis, tim kamu jadi kalah?

1

Bawa Modem yang Lancar

MOBA analog

Sumber: Youtube Daniel Carter

Koneksi internet menjadi kendala utama dalam turnamen MOBA analog! Berbeda dengan turnamen esport dengan perangkat komputer atau consolesmartphone sayangnya tidak memiliki port untuk kabel LAN.

Oleh karena itu, koneksi internet Wi-Fi menjadi satu-satunya solusi jika provider seluler kamu gagal memberikan jaringan yang stabil!

Namun, tentu saja di lokasi lomba pun terkadang Wi-Fi bisa menjadi masalah. Dengan begitu, solusi terampuhnya adalah membawa modem sendiri yang kamu percaya bisa memberimu jaringan internet yang lancar.

2

Kalau Bisa, Bawa Lebih dari 1 Modem

MOBA analog

Sumber: Sepulsa

Kendala teknis pasti akan terjadi. Untuk lebih amannya, kamu bisa membawa 2 modem dengan provider yang berbeda! Dengan begitu, jika provider pertama memiliki masalah di koneksinya, kamu bisa mengaktifkan modem kedua dan kembali bermain dengan lancar.

Bahkan bila perlu, bawa 3 modem saja sekaligus! Kalau yang satu baterainya habis, lalu ternyata modem cadangan tidak menangkap sinyal dengan baik, modem ketiga lah yang datang untuk menyelamatkan!

3

Power Bank itu Wajib!

MOBA analog

Sumber: Razer

Kamu tentu tidak tahu seberapa lama pertandingan MOBA analog akan berlangsung bukan? Idealnya sih memang 15 menitan, namun di beberapa game yang sengit, pertandingan bisa berjalan lebih dari 30 menit!

Kalau begitu, kamu tentunya tidak ingin mengambil resiko dengan kehabisan baterai. Jika di tempatmu bermain tidak ada colokan, maka power bank lah solusinya! Dengan power bank, kamu bisa bebas bermain dengan tenang, apalagi jika membawa kapasitas di atas 10.000 mAh.

Namun pastikan dulu ya kamu telah mengisi daya power bank kamu secara penuh!

4

Bahkan, Bawa Smartphone Cadangan

milokuma

Namanya teknologi tidak bisa ditebak masalahnya. Sebelum pertandingan, smarpthone kamu mungkin saja lancar jaya untuk digunakan bermain MOBA analog, namun bagaimana tiba-tiba di hari H, smarpthone kamu tiba-tiba menjadi lemot?

Jangan sampai deh tim kamu kalah bertanding hanya karena masalah teknis smartphone menjadi lemot! Hal ini bisa saja terjadi karena update otomatis yang dilakukan oleh Android atau iOS, atau hal-hal lainnya.

Perang Brand Ambassador? Ini Dia 6 Brand Ambassador Gaming Cantik di Indonesia!

Lagi hits banget nih istilah brand ambassador di kalangan gamers! Saking banyaknya, jadi bingung gak sih siapa aja mereka?


Bahkan bisa saja, kalau memang sedang sial, smartphone kamu hilang dalam perjalanan menuju lokasi lomba! Kalau begitu, siapkan smartphone cadangan ya untuk berjaga-jaga!

5

Siapkan Headset Khusus untuk Smartphone

MOBA analog

Sumber: Inven Global

Beberapa dari kita tidak tahu seperti apa kondisi di tempat pertandingan nanti. Apakah akan bermain di ruang tertutup, atau di ruang terbuka dengan banyak penonton yang ramai di depan, atau bahkan di ruangan yang berhadapan langsung dengan lawan?

Supaya kamu lebih konsentrasi, kehadiran sebuah headset sangat membantu meredam suara-suara bising dari luar. Ditambah lagi, kamu memerlukan headset dengan mikrofon yang juga memungkinkanmu untuk berkomunikasi dengan tim!

MOBA analog sekarang pun sudah mendukung fitur itu, dan sudah banyak headset yang mendukung komunikasi dua arah di smartphone. Kalau mau timmu menang, jangan remehkan kehadiran sebuah headset ya.

6

Rileks dan Bermainlah Seperti Biasa

MOBA analog

Terakhir, jangan demam panggung! Ya, keadaan gugup itu bisa memecah konsentrasimu lho. Apalagi jika ini adalah pertandingan pertamamu dan ditonton oleh banyak orang di tempat bertanding!

Solusinya adalah tarik napas panjang, dan rileks. Fokus pada smartphone kamu, dan lakukan apa yang biasa kamu lakukan ketika bermain dan berlatih dengan timmu. Tidak usah memerdulikan penonton, karena ketika bertanding, hanya kamu dan tim yang menentukan kemenangan!

Haus Akan Prestasi, Yuk Kenalan dengan Tim GGWP.ID AoV!

Berisikan para pemain top di Arena of Valor, tim GGWP.ID AoV haus akan prestasi! Yuk kenalan lebih dekat dengan tim GGWP.id AoV!



Banner Tournament Coming Soon
Mau jadi atlet esports, tapi gak punya tim? Bingung cari turnamen esports buat diikutin? Santuy lur, GGWP.ID lagi bikin platform turnamen di tournament.ggwp.id. Di sini, kamu bisa mencari teman untuk buat tim dan juga daftar turnamen buat mengasah skill tim dan dapat hadiah! Yuk sign up dulu di sini, biar bisa langsung coba setelah resmi dirilis. GRATIS mhanks!


Tentang Penulis

Audi Prasetyo

Penyuka cemilan MSG serta coklat yang senang mendalami makna kehidupan melalui secangkir kopi, dan seronde Overwatch

Artikel Terkait