Overwatch

Ini Alasan Keren Kenapa Korea Selatan Bisa Mendominasi Overwatch Esport!

Kenapa Korea Selatan bisa mendominasi esport di Overwatch? Apa yang bisa Indonesia tiru ya?


GGWP.ID juga punya konten video lho! Subscribe channel Youtube GGWP.ID di sini, dan add official LINE GGWP.ID di sini untuk giveaway, update breaking news, dan diskon voucher AOV!

Korea Selatan dikenal sebagai negara yang memimpin di beberapa judul game kompetitif seperti League of Legends, Starcraft 2, bahkan Overwatch!

Nah, kali ini GGWP.id akan menjelaskan bagaimana Korea Selatan bisa mendominiasi Overwatch esport! Penasaran kan apa rahasia mereka?

1

PC Gaming

overwatch esport

Sumber: Wikipedia

Mengesampingkan Indonesia yang pertumbuhan pemain profesional esport-nya sedang berkembang, di negara barat seperti Amerika Utara atau Eropa masih banyak gamer yang fanatik dengan platform console game.

Sedangkan di Korea Selatan, PC merupakan platform yang digilai oleh gamer di sana, dan seperti yang kita ketahui, saat ini banyak judul game esport besar yang masih menggunakan platform PC (walaupun memang MOBA analog mulai ikut meramaikan dunia esport)!

Korea Selatan juga dikenal sebagai negara dengan populasi perkotaan yang padat, dan tidak banyak rumah memiliki cukup ruang untuk meletakkan RIG atau gaming platform lainnya.

Join Master Race! Tips Membangun PC Terbaik untuk Main Overwatch!

Membangun PC terbaik untuk Overwatch memang membutuhkan anggaran lebih, dan itu semua dijamin akan meningkatkan permainan kamu di kompeitif Overwatch!


Sebagai gantinya, warnet atau yang biasa disebut “PC Bang” berkembang dengan cukup baik dan merupakan surga bagi gamer Korea!

Selain itu Blizzard memang sejak awal telah menargetkan Korea Selatan sebagai pasar Overwatch dengan memberikan Early Access untuk fase open beta dan menghasilkan lebih dari 9,7 juta pemain!

Ketika akhirnya Blizzard membawa Overwatch esport, salah satu fan base paling besar mereka ya berada di Korea Selatan.

2

Infrastruktur yang Stabil

overwatch esport

Sumber: ESChamp

Saat ini esport di Korea Selatan adalah sebuah bentuk hiburan yang bisa diterima secara luas dan sering ditonton secara konsisten. Kamu bisa melihat bagaimana banyak acara game kompetitif yang habis terjual secara konsisten di Korea Selatan.

Selain itu pemain profesional di Korea Selatan juga ditunjang dengan infrastruktur yang stabil. Perusahaan telekomunikasi besar seperti Samsung, HTC, SK Telecom, dan masih banyak lainnya, memberikan dukungan finansial (sponsorship) dan bahkan memiliki salah satu tim esport!

Tak hanya pelaku bisnis, pemerintah Korea Selatan juga mendukung akan hal itu dan telah membangun sebuah stadion esport pertama di dunia pada tahun 2005, jauh sebelum negara barat mulai serius di dunia esport.

Tim Overwatch Profesional YouPorn, Team YP, Resmi Dibubarkan! Kamu Ingin Menggantikan?

Tim YouPorn Overwatch resmi dibubarkan. Hal ini disampaikan langsung oleh mantan pemain support Team YP Clement "Quoizamama" Dubois. Kenapa?


Gamer esport di Korea Selatan diperlakukan bak selebriti saat ini dan terbukti kamu bisa melihat seri turnamen Overwatch APEX di mana banyak fans wanita korea yang tergila-gila dengan pemain pro Overwatch!

3

Lawan yang Terbaik, untuk Menjadi yang Terbaik

Di Korea Selatan tak hanya pria yang gemar bermain game Overwatch, seorang gadis 17 tahun dengan nickname Geguri membuktikan bahwa dia memiliki skill sama seperti gamer profesional pria!

Selain itu banyak mantan pemain profesional Team Fortress yang hijrah seperti Kevyn “TviQ” Lindstrom, Ronnie “Talespin” DuPree, Kim “pine” Do Hyeon, dan masih banyak lagi, membuat atmosfer kompetitif di Overwatch semakin memanas.


Ini adalah inti dari kenapa Korea Selatan bisa mendominasi Overwatch esport, karena dengan melawan yang terbaik, maka kamu akan menjadi yang terbaik juga!

Gamer Korea akan selalu berusaha untuk “try hard” melawan pemain terbaik lainnya, hal ini menjadikan mereka selalu lebih baik di setiap pertandingan.

Inspiratif! Dituduh Nge-Cheat Pemain Overwatch Wanita Ini Bangkitkan Feminisme!

Geguri, pemain wanita Overwatch ini sempat menjadi ikon feminisme dalam grup National D.VA Association di Korea Selatan. Kisahnya inspiratif banget!


Nah, semoga gamer di Indonesia nantinya juga mampu mendominasi Overwatch esport ya!

Diedit oleh Audi E. Prasetyo



Tentang Penulis

era

Overwatch believer! Add my battle tag era#11679

Artikel Terkait