Arena of Valor

Apa Sih Peran Publisher dan Developer Game dalam Pertumbuhan Esport? Ini Penjelasannya!

Apa sih peran publisher dan developer game (Valve misalnya) dalam pertumbuhan esport? Kalau penasaran, ini jawabannya!


GGWP.ID juga punya konten video lur! Subscribe channel Youtube GGWP.ID di sini untuk menonton GGWP.Riri dan GGWP.Skyes livestream hampir setiap hari lur! Selain itu, tentunya banyak konten-konten seru seputar esports yang kocak, serius santai, sampai bikin baper!

Dengan banyaknya investasi yang masuk dan sorotan tajam dari berbagai media besar terhadap pertumbuhan esport, mungkin kamu bertanya-tanya sebenarnya apa sih peran developer dan publisher game?

Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini esport telah tumbuh berkembang pesat dan mungkin kamu sering melihat hampir setiap hari ada laporan baru mengenai potensi pertumbuhan fenomenalnya atau pelaku bisnis yang mulai melirik sektor ini!

Nah, sebenarnya apa sih peran developer dan publisher game dalam pertumbuhan esport? Dan apa untungnya buat mereka jika terlibat dalam dunia esport?

Memperpanjang Umur dari Game Itu Sendiri

Well, jika dilakukan dengan benar, jawabannya cukup sederhana, developer dan publisher game bisa memperpanjang umur dari produk game itu sendiri dan konten yang dibuat bertindak sebagai alat pemasaran.

Tujuannya untuk membantu meningkatkan basis pengguna yang dapat digunakan untuk meningkatkan pendapatan mereka di game seperti DLC, penyelenggaraan live event, merchandising, dan masih banyak lagi!

Hal terpenting yang harus dilakukan oleh semua developer dan publisher game saat mencoba terlibat dengan esport adalah melihat seluruh ekosistem dan tidak hanya fokus membuat turnamen besar saja.

pertumbuhan esport

Sumber: Digital Surgeons

Turut Melibatkan Ekosistem dan Komunitas Game

Esport adalah tentang melibatkan dan menguasai seluruh basis gamer yang kompetitif mulai dari akarnya. Jika mereka tidak fokus pada akar ini, sama seperti membangun sebuah rumah tanpa meletakkan fondasi apapun, hasilnya adalah kegagalan di awal.

Tanpa basis komunitas yang luas terlibat dalam permainan kompetitif, sedikit pemain yang berbakat, dan kurangnya penonton yang potensial adalah hasil dari fondasi yang tidak kokoh.

Mau Jadi Caster Esport? Justincase Bagi-bagi Caranya Nih!

Kalau kamu tertarik untuk jadi caster, dan tidak tahu bagaimana caranya memulai, jangan khawatir! GGWP.ID punya tips menjadi seorang caster oleh Justincase!


Sedini mungkin dalam proses pengembangan, developer game perlu fokus pada bagaimana membangun ekosistem ini.

Hal-hal seperti game mekanik yang menyenangkan dengan konten baru, atau meta yang bisa terus berkembang agar pemain bisa tetap terlibat di dalamnya adalah faktor penting.

pertumbuhan esport

Sumber: Vancouver Courier

Coba kita tengok judul-judul game esport besar yang masih eksis sampai saat ini dan lihat bagaimana mereka menjaga komunitas mereka terlibat dalam game kompetitif! Sangat baik kan?

Mengorbitkan Public Figure Game

Salah satu aspek yang tak kalah penting adalah membangun sebuah kelompok pengamat game. Komentator dan pengamat game adalah sosok penting di balik kesuksesan sebuah game esport!

Dengan kehadiran mereka, atmosfer persaingan di game kompetitif akan terlihat semakin seru dan menghibur. Selain itu, pengamat game juga bisa menciptakan sebuah topik-topik tentang gameplay atau meta permainan baru yang selalu berubah setiap saat bagi komunitas.

pertumbuhan esport

Sumber: YouTube

Developer dan publisher game juga harus memberikan fasilitas kepada pemain mereka untuk menjadi pembuat konten dan memanfaatkan banyak software yang bisa digunakan untuk merekam atau streaming tanpa terlalu protektif dengan aset game itu sendiri.

Square Enix Tertarik Untuk Terjun ke Dunia Esport! Wait, Final Fantasy?

Developer sekaligus publisher game Square Enix mengisyaratkan untuk terjun ke dunia esport! Apakah Final Fantasy akan menjadi game kompetitif?


Keterlibatan content creator seperti membuat tips dan trik mampu menciptakan sebuah komunitas dan ekosistem lebih berkembang.

Sama halnya seperti olahraga tradisional, banyak orang terinspirasi dengan kemampuan orang lain yang lebih hebat dan itu digunakan sebagai dorongan aspirasional untuk memperbaiki diri.

Diedit oleh Audi E. Prasetyo


Banner Tournament Coming Soon
Mau jadi atlet esports, tapi gak punya tim? Bingung cari turnamen esports buat diikutin? Santuy lur, GGWP.ID lagi bikin platform turnamen di tournament.ggwp.id. Di sini, kamu bisa mencari teman untuk buat tim dan juga daftar turnamen buat mengasah skill tim dan dapat hadiah! Yuk sign up dulu di sini, biar bisa langsung coba setelah resmi dirilis. GRATIS mhanks!


Tentang Penulis

era

Overwatch believer! Add my battle tag era#11679

Artikel Terkait