Arena of Valor

Ukuran Smartphone Menjadi Faktor Menang Mobile Legends? Ini Penjelasannya!

Selain skill, tipe smartphone juga punya andil dalam memenangkan pertandingan Mobile Legends dan MOBA lainnya! Simak penjelasannya di sini!

aplikasi terkait
Belum punya Mobile Legends di HP kamu? Waduh, jangan sampai dibilang kurang update, guys! Download sekarang juga di sini!

GGWP.ID juga punya konten video lho! Subscribe channel Youtube GGWP.ID di sini, dan add official LINE GGWP.ID di sini untuk giveaway, update breaking news, dan diskon voucher AOV!

Apa sih yang membantumu menang Mobile Legends? Selain skill dan koneksi internet, rupanya ukuran smartphone juga memiliki pengaruh!

Bagi kamu yang bermain Mobile Legends, apalagi yang sudah serius berkompetitif, ketika membeli smartphone pasti juga mempertimbangkan kenyamanan apabila nanti digunakan untuk bermain.

Bahkan, tidak sedikit lho orang yang membeli HP Android khusus untuk bermain Mobile Legends atau MOBA analog lainnya seperti Arena of Valor dan Heroes Evolved!

Jika sebelumnya GGWP.id sudah pernah membahas mengenai tips memilih smartphone terbaik untuk bermain Mobile Legends, kali ini kita akan menjelaskan lebih dalam mengenai khusus ukuran layar smartphone.

Memangnya, berapa ukuran layar terbaik untuk sebuah smarpthone gaming, khususnya yang digunakan untuk bermain MOBA? Lalu, mengapa ukuran layar itu penting? Simak penjelasannya berikut ini!

Memudahkan genggaman dan kontrol ibu jari

smartphone terbaik untuk Mobile Legends

Alasan pertama tentu saja memudahkanmu dalam menggenggam smartphone tersebut. Tidak seperti pemain PC di mana perangkatnya diletakkan di sebuah meja yang stabil, pemain MOBA analog harus menggenggam perangkatnya selama permainan!

Well, hal ini mungkin sedikit berbeda dengan Vainglory yang menggunakan kontrol tap ketimbang joy stick virtual seperti yang ada di Mobile Legends atau Arena of Valor.

Namun seperti yang sudah dijelaskan, kamu harus terus menggenggam perangkatmu, sambil menggerakkan ibu jari untuk mengontrol pergerakan karakter di dalam game. Di sinilah ukuran layar atau bodi smartphone yang “pas” menjadi penting!

5 Tips Memilih Smartphone Terbaik untuk Mobile Legends dan MOBA Analog Lainnya!

Kalah ML gara-gara smarpthone kamu kurang memadai? Simak nih tips memilih smartphone terbaik untuk Mobile Legends yang bikin kamu terus menang!


Jika ukuran smartphone terlalu besar, maka genggaman juga tidak akan terasa nyaman. Selain itu, biasanya smartphone yang besar juga memiliki bobot yang tidak ringan, sehingga akan membuatmu cepat lelah!

Selain itu, ibu jarimu memerlukan jarak yang cukup jauh untuk bisa mengontrol pergerakan karaktermu, terutama akan sangat terasa dalam menggunakan skill, menekan tombol belanja, atau menggunakan alert di map.

Lantas, seperti apa ukuran smartphone yang “pas”?

smartphone terbaik untuk mobile legends

Sebaiknya, kamu menggunakan smartphone dengan ukuran layar yang tidak terlalu besar, sehingga memudahkanmu menggenggamnya dan juga membuat permainanmu menjadi lebih gesit dan akurat.

Terlalu kecil juga tidak terlalu dianjurkan. Memang, smarpthone kecil ringan untuk digenggam, namun kamu perlu mempertimbangkan kapasitas layar yang seadanya untuk menggerakan karaktermu!

Terkadang, jika layarmu terlalu kecil, akan terjadi kesalahan dalam menekan tombol. Misalnya seharusnya kamu menggunakan skill 1, karena layar yang kecil, kamu malah tidak sengaja menggunakan skill 2. Bahaya sekali bukan?

smartphone terbaik untuk Mobile Legends

Sumber: Expert Reviews

Nah, ukuran smartphone yang pas untuk bermain adalah HP dengan layar 5,5 inci, ringan, dan tipis. Contohnya adalah Moto Z2 Play dari Motorola!

Smartphone ini memiliki layar yang pas, yaitu 5,5 inci, berat hanya 145 gram, dan ketipisan 6 mm. Kombinasi tersebut membuatmu bisa menggenggamnya dengan nyaman dan mudah.

Layar 5,5 inci juga bisa mempertemukan kedua ibu jarimu di tengah-tengah layar, sehingga membuat jarimu mampu menjangkau seluruh lokasi pada layar smartphone untuk menekan seluruh tombol yang kamu butuhkan untuk menang Mobile Legends.

Build Karrie Mobile Legends: Marksman Anti Tank dengan Speed Maksimal!

Sering bertemu Tank? Cara mengalahkan Tank ya menggunakan Karrie Mobile Legends! Apa sih yang membuat Karrie disebut sebagai anti-tank? Ini dia panduannya.


Tidak sampai di situ, bodi dari Moto Z2 Play juga terbuat dari aluminium dengan finishing doff, sehingga tanganmu tidak mungkin merasa licin ketika menggenggamnya.

Selain itu, Moto Z2 Play juga memiliki RAM besar, yaitu 4 GB yang mampu “mengangkat” game apapun yang ingin kamu mainkan.

Kapasitas tersebut ditambah lagi dengan chipset Snapdragon 626 octa-core 2,2 GHz, plus GPU Adreno 503 yang membuat pengalaman gaming kamu semakin mantap!


Sudah terjawab kan jawaban dari pertanyaanmu? Jika kamu mencari smartphone yang “pas” untuk bisa menang Mobile Legends, pastikan layarnya memiliki ukuran 5,5 inci seperti Moto Z2 Play!

Tidak hanya itu, komponen RAM, prosesor, dan GPU juga bisa menjadi pertimbanganmu.



Tentang Penulis

Audi Prasetyo

Penyuka cemilan MSG serta coklat yang senang mendalami makna kehidupan melalui secangkir kopi, dan seronde Overwatch

Artikel Terkait