Featured

Mobile Legends Disebut Sebagai Game Berbahaya! Masa Sih?

MOBA kok game berbahaya?


GGWP.ID juga punya konten video lur! Subscribe channel Youtube GGWP.ID di sini untuk menonton GGWP.Riri dan GGWP.Skyes livestream hampir setiap hari lur! Selain itu, tentunya banyak konten-konten seru seputar esports yang kocak, serius santai, sampai bikin baper!

Sudah jadi kontroversi sejak munculnya video game, bahwa video game kerap kali menjadi masalah bagi perkembangan seorang anak. Hal tersebut memang berpengaruh secara psikologis, namun apakah game berbahaya yang dimaksud di berita ini benar?

Beberapa waktu lalu, netizen terutama gamer Indonesia sempat dihebohkan dengan kehadiran sebuah gambar hasil foto sebuah surat kabar Indonesia. Isinya tentang daftar game berbahaya di Indonesia!

Sebelum kita bahas lebih lanjut mengenai game berbahaya ini, coba kita lihat gambar yang jadi kontroversi tersebut:

game berbahaya

Berita mengenai game berbahaya

Sayangnya, tim GGWP.id belum mendapatkan berita lengkap dari koran yang ada di gambar tersebut. Walaupun demikian, menarik sepertinya bila kita bahas mengenai isi berita di gambar tersebut mengenai game berbahaya ini ya!

Bila diperhatikan, tentu mata para gamer Indonesia terutama tim editorial GGWP.id tertuju pada bagian kanan berita. Yup, Mobile Legends barada di peringkat pertama dari 16 game berbahaya! Alasannya? Karena dianggap memiliki unsur kekerasan dan tidak mendidik!

The British Esports Championships Untuk Pelajar Akan Segera Dilangsukan! Indonesia Kapan?

Gila, British Esports championship jadi turnamen resmi bagi seluruh pelajar di Inggris! Hal ini jadi komitmen nyata dari organisasi esport di Inggris untuk memajukan esport dan mengenalkan mereka ke khalayak luas! Indonesia kapan ya?


Tidak dapat dipungkiri memang Mobile Legends (dan juga judul lainnya di daftar tersebut) memang memiliki unsur kekerasan dalam kadar yang bermacam-macam. Namun apakah game tersebut berbahaya dan sangat mengkhawatirkan?

Penulis pribadi merasa berita tersebut sangat misleading (dengan catatan bahwa berita tersebut tidak lengkap). Sistem rating game Mobile Legends telah memberikan indikasi umur 12 tahun ke atas, sehingga bila ada anak di bawah umur tersebut yang masih memainkannya, tentu hal tersebut bukan semata-mata kesalahan Mobile Legends!

game berbahaya

Tuh, ada jelas angka 12+ yang menunjukan umur minimun untuk memainkannya! Sumber: google play store

Faktanya, Mobile Legends malah menjadi salah satu titel game yang paling depan untuk memajukan scene esport di Indonesia melalui turnamen seperti MSC dan MPL yang membawa karir pada para pemain ternama seperti Lemon dan JessNoLimit.

Lalu apakah dengan fakta demikian Mobile Legends masih pantas disebut sebagai game berbahaya? Jawabannya akan sangat tergantung dari masing-masing pribadi yang memainkannya.

Mantap! University of Akron Sudah Mulai Buka Jurusan Esports! Buruan Daftar!

Esport yang menjadi tren anak muda masa kini membuat University of Akron berinisiatif untuk membuka jurusan baru yaitu jurusan esport! Buruan daftar guys!


Bermain game seperti The Sims saja bisa jadi “game berbahaya” bila pemainnya menghabiskan puluhan bahkan ratusan jam bermain sampai lupa dengan kehidupan nyatanya. Di sisi lain, Mobile Legends malah bisa menjadi titel game yang mengajarkan mengenai komunikasi dan juga kerja sama tim!

Nah, guna meminimalisir efek yang tidak diinginkan dalam bermain game bagi anak, tentunya para orang tua harus bisa mengawasi anaknya saat mereka memainkan game. Perhatikan betul sistem rating game yang telah disediakan untuk memudahkan menilai game tersebut apakah layak dimainkan oleh anak dengan umur tertentu!


Pada akhirnya, penulis berpendapat Mobile Legends sebagai sebuah game tidaklah berbahaya, namun ia bisa jadi berbahaya bila disalah gunakan (dimainkan oleh anak di bawah umur yang baperan, main ML sampai lupa makan 2 hari, dst).

game berbahaya

Banyak game jadul. Jadi kangen main World of Warcraft nih!

Kementrian Komunikasi dan Informasi juga belum memberikan balasan atas email dari redaksi GGWP.id mengenai berita tersebut. Namun saat berita ini di tulis nampaknya Mobile Legends masih bisa dimainkan tanpa masalah sama sekali.

So untuk penulis berita dikoran tersebut, MOBA kok game berbahaya?


Banner Tournament Coming Soon
Mau jadi atlet esports, tapi gak punya tim? Bingung cari turnamen esports buat diikutin? Santuy lur, GGWP.ID lagi bikin platform turnamen di tournament.ggwp.id. Di sini, kamu bisa mencari teman untuk buat tim dan juga daftar turnamen buat mengasah skill tim dan dapat hadiah! Yuk sign up dulu di sini, biar bisa langsung coba setelah resmi dirilis. GRATIS mhanks!


Tentang Penulis

Belliandry Rudy

Penikmat musik metal, motor tua, dan esport. Liburan idamannya adalah touring ke warnet sambil ditemani alunan Bring Me The Horizons.

Artikel Terkait