Featured

Mantap! Artifact Dota 2 Card Game Sudah Rilis Informasi Resmi! Apa Saja Fakta Pentingnya?


CONTINUE READING BELOW


MOBA kok kartu? Tapi kalau yang satu ini dijamin keren banget!

Pada gelaran TI 7 Agustus tahun lalu, Valve selaku developer dari game Dota 2 merilis sebuah video yang berisikan sneak peak game barunya yaitu sebuah card game berjudul Artifact. Kali ini Artifact Dota 2 sudah resmi diperkenalkan!

Artifact sendiri akan menggunakan Dota 2 sebagai referensi dan sumber insipirasi utama dalam permainannya, jadi tidak heran bila digunakan istilah Artifact Dota 2! Walaupun memakai Dota 2 sebagai sumber referensi utamanya, tapi jangan salah, ternyata banyak aspek yang tidak sama persis dengan versi MOBA-nya!

Beberapa waktu lalu, Valve mengundang berbagai media game internasional untuk mencoba bermain Artifact Dota 2. Berbagai tanggapan muncul dari beberapa media yang berhasil mendapatkan kesempatan untuk mencoba memainkan game tersebut.

Nampaknya ada beberapa hal penting yang bisa kita tangkap dan harapkan dari Artifact Dota 2 nantinya berdasarkan info yang diberikan oleh mereka yang telah mencoba memainkannya. Kira-kira apa saja? Yuk kita simak!

1

Card Game Berbasis Dota 2

artifact Dota 2

Sumber: IGN

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Artifact Dota 2 mengambil inspirasinya dari Dota 2, namun bukan semata-mata Dota 2 card game. Artifact akan menambahkan berbagai unsur baru yang sebelumnya tidak ditemukan di Dota 2.

Contohnya adalah elemen warna kartu yang cukup banyak (dikabarkan terdapat 5 elemen), dibandingkan dengan elemen stat yang dimiliki Dota 2 yang hanya memiliki 3 saja (int, str, agi).

Valve Akan Luncurkan Card Game Bertema Dota 2. Rencana Saingi Blizzard dan Hearthstone?

Langkah yang diambil Valve membuat Artifact bisa jadi langkah baik untuk menyelamatkan Dota 2 sekaligus menyaingi Hearthstone! Sejauh apa potensi game ini?


Gabe Newell sekali CEO dari Valve juga menyatakan bahwa akan banyak hero original yang hadir di Artifact Dota 2. Hero original tersebut bisa jadi akan dimasukan ke Dota 2, namun tidak semuanya. Jangan lupa tunggu artikel GGWP.id soal bocoran hero baru Dota 2 yang diambil dari Artifact ya!

2

Memiliki Mekanik yang Dalam untuk Sebuah Card Game

Salah bocoran awal dari Artifact Dota 2 adalah bahwa ia akan memiliki tiga board yang merpresentasikan tiga lane dalam MOBA. Hal ini membawa kompleksitas sendiri bagi permainan yang belum pernah terlihat sebelumnya di card game manapun!

Belum lagi bila kita berbicara mekanik dari permainannya yang memungkinkan para pemain mengeksplor banyak strategi selama bermain untuk mencari celah dan mengalahkan lawan.

Ini Jadinya Bila Dota 2 Card Game Benar Adanya! Sindir Artifact?

Game Dota 2 Card Game dengan nama Artifact memang masih lama rilisnya, namun parodinya dalam video ini pasti akan mengocok perut kalian karena lucu banget!


Gaben sendiri menyatakan bahwa game ini layaknya Dota 2, tidak ada satu formula pasti yang membuatmu dapat memenangkan game ini!

3

Tidak Akan Free to Play Alias Tidak Gratis!

artifact Dota 2

Gaben

Ini bisa jadi kabar baik atau buruk bagi para penikmat Dota 2. Yup Artifact Dota 2 tidak akan gratis alias kamu harus membayar sejumlah uang untuk dapat memainkannya! Berbeda dengan Dota 2 yang menjadikan game-nya 100 persen gratis dan dapat dimainkan siapa saja.

Walau pun untuk dapat memainkan Artifact kamu harus membelinya terlebih dahulu, namun game ini dipastikan 100 persen bebas unsur pay to win. Mekanisme ini cukup mirip dengan CS: GO, PUBG, dan juga Overwatch yang juga harus dibeli terlebih dahulu seblum dapat dimainkan.

Pay to Win di Esport? Apakah Menurut Kamu Pantas?

Pay to Win menjadi metode mencari uang oleh publisher, tetapi jika di game kompetitif, apakah bisa dijalankan dengan fairplay?


Artifact sendiri akan rilis di dua platform yaitu PC dan juga Mobile. Hebatnya lagi ia akan menggunakan engine Dota 2 yaitu Source 2! Dijamin grafik jempolan akan dihadirkan oleh game ini! Tidak heran ya kalau game ini tidak akan gratis nantinya.


Dari apa yang penulis lihat dari berbagai media yang merilis beritanya, Artifact Dota 2 terlihat sangat menjanjikan. Valve terbukti telah belajar banyak dari cabang game esport-nya seperto Dota 2 dan CS: GO dan menrapkannya pada Artifact Dota 2 agar menjadi card game yang esport banget!

Penulis sendiri sangat tidak sabar untuk segera memainkan game ini! Kalau kamu bagaimana? Nantikan berbagai ulasan Artifact lainnya di GGWP.id ya!


CONTINUE READING BELOW


About Writter

Belliandry Rudy

Penikmat musik metal, motor tua, dan esport. Liburan idamannya adalah touring ke warnet sambil ditemani alunan Bring Me The Horizons.

Related Article