Dota 2

Review Lenovo Legion Y520 – Laptop Gaming Portabel yang Powerful dan Tanpa Ribet!

Lagi cari laptop gaming high-end yang enteng bro? Nih Lenovo Legion Y520!


GGWP.ID juga punya konten video lho! Subscribe channel Youtube GGWP.ID di sini, dan add LINE GGWP.ID di sini untuk giveaway, update breaking news, dan diskon voucher AOV!

Main game di mana aja? Pastinya seru banget! Tapi sayangnya, tidak semua laptop kuat untuk memainkan segala jenis game dengan lancar tanpa lag.

GGWP.id kali ini berkesempatan untuk mengulas performa laptop gaming Lenovo Legion Y520 terbaru. Apakah laptop ini memang cocok untuk kamu, gamer yang ingin tampil keren dan bisa bermain di mana saja?

Yuk langsung saja kita cek review Lenovo Legion Y520 berikut ini!

Desain, body, dan layar

Lenovo Legion Y520

Pertama, kita bahas dulu bagian luar dari Lenovo Legion Y520 ini. Dari segi desain, Lenovo Legion Y520 menampilkan kesan serba hitam dengan sedikit sentuhan merah di bagian belakang mesin.

Bodinya elegan, namun hanya saja terkesan lebih sepi ketimbang kakaknya, yaitu Lenovo Legion Y720. Hal itu karena Lenovo tidak meletakkan logo Legion di bagian belakang layar, sehingga terkesan kurang “gaming“.

Meskipun demikian, bodi dari Lenovo Legion Y520 ini begitu ramping dan tergolong ringan untuk sebuah laptop gaming high-end. Dengan tebal 2,58 cm dan berat 2,4 kg saja, saya tidak merasa terbebani membawa “alat tempur” ini di tas saya sehari-hari.

Lenovo Legion Y520

Menuju ke desain bagian dalam, keyboard dari Lenovo Legion Y520 dilengkapi dengan backlight LED berwarna merah yang terlihat gahar begitu dinyalakan.

Tidak hanya keren, tuts keyboard di laptop ini pun begitu “renyah” ketika ditekan dengan jarak key travel 1,7 mm saja yang membuatnya semakin responsif.

Bermain MOBA yang perlu menggunakan banyak skill? Atau FPS yang memerlukan kecepatan bergerak dengan key WASD? Tentu tidak masalah dengan Lenovo Legion Y520 ini!

Apakah dengan key travel 1,7 mm akan rentan typo? Awalnya GGWP.id berpikir begitu, namun setelah dicoba, rupanya ada jarak antara key yang meminimalisir terjadinya typo ketika bermain atau mengetik.

Lenovo Legion Y520

Menuju ke display, Lenovo Legion Y520 berdiri kokoh dengan layar IPS Full HD 1920 x 1080 piksel berukuran 15,6 inci. Untuk ukuran laptop, layar ini tidaklah terlalu besar untuk dibawa-bawa, dan tidak terlalu kecil untuk bermain game.

Panel IPS-nya pun dengan baik menampilkan warna-warna serta pergerakan yang terjadi di layar, alias gambar terlihat tajam dan tidak blur.

Penasaran dengan “dapur”-nya? GGWP.id mencoba menguji performa Lenovo Legion Y520 dengan memainkan game-game berat. Bagaimana hasilnya?

Performa Lenovo Legion Y520

Lenovo Legion Y520

Untuk menguji coba laptop gaming ini, saya memutuskan untuk mencobanya di 4 game, yaitu Dota 2Overwatch, PUBG, dan Batman: Arkham Knight sebagai wakil dari game AAA offline.

Perlu kamu ketahui, review Lenovo Legion Y520 ini menggunakan perangkat yang diperkuat dengan Intel Core i7 7th Generation, RAM 8 GB, dan kartu grafis GTX 1060 6 GB.

Dota 2

Sesuai ekspektasi, Dota 2 berjalan dengan sangat baik di Lenovo Legion Y520 ini. Meskipun menggunakan setting maksimum, laptop gaming ini mampu mengeksekusi Dota 2 di kisaran 60-100 FPS.

Overwatch

Dengan setting maksimum, Overwatch bisa dimainkan dengan FPS cukup stabil di 70-80 FPS. Bahkan ketika sedang tidak bergerak, atau tidak ada war, FPS bisa mencapai 90 lho!

PUBG

Selanjutnya, saya mencoba untuk memainkan PUBG menggunakan laptop gaming ini. Pertama-tama, ketika dicoba menggunakan setting Ultra, Lenovo Legion Y520 masih mampu menjalankan game ini di 40-50 FPS.

Barulah ketika menggunakan pengaturan High hingga Very Low, laptop ini mampu menjalankan PUBG di minimum 60 FPS hingga maksimum 90 FPS. Lancar? Banget!

Batman: Arkham Knight

Terakhir, bagi kamu yang suka bermain game action atau adventure, GGWP.id mencoba memainkan Batman: Arkham Knight di laptop ini. Game ini memang digadang memiliki spesifikasi yang berat.

Di settingan Ultra, Batman: Arkham Knight mampu berjalan di rata-rata 40 FPS. Barulah ketika diturunkan menjadi High (menurunkan Anisotrophic Filter), game ini bisa berjalan lancar di sekitar 60 FPS!

Lenovo Legion Y520

Nah, Lenovo Legion Y520 mampu memainkan 4 game tersebut di setting High-Ultra dengan lancar. Kalau game-game yang berat tersebut saja lancar, rasanya game AAA di masa depan pun pasti bisa ditakis juga!

Konektivitas

Lenovo Legion Y520

Soal port, Lenovo Legion Y520 cukup minimalis dalam hal ini. Tidak ada port apapun di bagian belakang maupun depan. Di sisi kiri, terdapat port Kensington Lock, charging port, LAN, 1 port USB 2.0, dan 3,5 mm jack audio combo untuk headset.

Di sebelah kanan, Lenovo memberikan 1 port USB Type-C, 2 port USB 3.0, 1 port SD Card, dan HDMI.

Oh iya, di bagian belakang adalah exhaust untuk laptop ini, yang bisa kamu maksimalkan dengan menggunakan fitur Extreme Cooling pada software Lenovo Nerve Sense yang telah terpasang di dalamnya.

Kesimpulan

Lenovo Legion Y520

Jika kamu mencari laptop gaming yang tidak ribet, powerful, dan mudah dibawa kemana-mana, Lenovo Legion Y520 adalah pilihan terbaik untukmu.

Sudah dilengkapi prosesor Intel Core i7 generasi ketujuh, serta kartu grafis GTX 1060 6 GB, rasanya laptop gaming ini bisa terus kamu pakai hingga 5 tahun ke depan!

Harga Lenovo Legion Y520 dengan spesifikasi ini dibanderol di kisaran Rp13 juta. Jadi kalau kamu ingin memiliki sebuah laptop gaming high-end zaman now, laptop ini recommended!


CONTINUE READING BELOW


About Writter

Audi Prasetyo

Penyuka cemilan MSG serta coklat yang senang mendalami makna kehidupan melalui secangkir kopi, dan seronde Overwatch

Related Article