Dota 2

Harus Tahu! Ini Dia Bedanya Posisi 4 dan 5 di Dota 2 Menurut Na’Vi Lil

Biar paham dan gak saling menyalahkan kalau kalian bermain support!


GGWP.ID juga punya konten video lho! Subscribe channel Youtube GGWP.ID di sini, dan add official LINE GGWP.ID di sini untuk giveaway, update breaking news, dan diskon voucher AOV!

Pernah terpikirkan oleh kalian tentang apa beda posisi empat dan posisi lima dalam sebuah tim di Dota 2? Memang secara kasat mata keduanya sama yaitu berperan sebagai support. Namun menurut Na’Vi Lil ada perbedaan mendasar! Apa beda support Dota 2 antara posisi empat dan lima?

Ada beberapa hal yang sebenarnya menjadi perbedaan mendasar dari kedua support Dota 2 yang menempati posisi empat dan juga lima. Mulai dari fokus atau objektif permainan hingga cara memainkan posisi ini juga berbeda satu dengan yang lain, meskipun sama-sama support ya.

Lantas apa saja perbedaan dari kedua posisi support ini?

1

Posisi Empat

support dota 2

Dalam artikel beda support Dota 2 untuk posisi empat dan lima ini, pertama kita akan membahas posisi empat terlebih dahulu. Mulai dari apa sebenarnya tugas posisi empat kemudian cara bermain atau fokus bermain dari posisi empat ini seperti apa.

Posisi empat menurut Na’Vi Lil adalah core dari tim, bukan hanya sekedar support. Yang membedakan posisi empat dengan tiga posisi core utama adalah waktu farming dari kedua posisi ini. Posisi core satu, dua dan tiga melakukan farming sejak awal permainan hingga tengah permainan.

Posisi empat melakukan farming dengan cara membantu push lane pada saat core kita sudah cukup kuat, atau melakukan farming dengan cara melakukan roam untuk membantu rekan kita untuk mendapatkan kill atas hero lawan.

Namun sejak perubahan meta yang membuat posisi bermain kembali menjadi 2 – 1 – 2 dari sebelumnya, 3 – 1 – 1 yang menitik beratkan pada posisi offlane agar carry lawan tidak bisa berkembang. Dengan begitu permainan dari posisi empat juga sepenuhnya tergantung dari style atau gaya bermain tim.

Jika tim kalian bermain lebih pasif dan berorientasi pada waktu farming dari carry serta offlane kalian, maka bisa dipastikan posisi empat yang kalian mainkan tidak akan jauh berbeda dengan posisi lima. Hanya saja kalian tidak perlu untuk membeli ward.

Tetapi jika gaya bermain tim kalian lebih agresif dan berfokus untuk memberikan space bagi ketiga core, terutama carry dan juga midlaner, maka kalian akan bermain super agresif dengan melakukan rotasi guna mendapatkan kill atas hero lawan.

2

Posisi Lima

support dota 2

Setelah kita membahas support Dota 2 untuk posisi empat, kini kita akan membahas posisi lima yang juga merupakan posisi support. Lantas apa beda tugas dari posisi empat dan juga lima? Berikut merupakan penjelasan singkat mengenai apa tugas dari posisi lima yang membedakan dia dari posisi empat menurut Na’Vi Lil.

Menurut Na’Vi Lil yang membedakan adalah tugas dari masing-masing posisi ini. Untuk posisi empat tadi sudah kita bahas bahwa tugas mereka hampir mirip dengan core dari tim. Yaitu melakukan farming dengan cara ikut melakukan push serta melakukan ganking terhadap hero lawan.

support dota 2

Sementara itu tugas dari posisi lima adalah lebih ke arah warding, posisi lima tidak memedulikan tentang skill atau magic spell yang keluar dari lawan. Posisi empat juga lebih berpusat atau berfokus dengan item-item support murah yang memiliki dampak besar seperti dust, sentry ward dan juga observer ward.

Karena menurut Na’Vi Lil sendiri jika sudah masuk ke dalam tingkatan permainan yang tertinggi seperti skema kompetitif, 70 persen tugas dari posisi empat itu adalah warding. Kita akan berfokus pada pergerakan hero lawan atau dengan kata lain kita menjadi cctv dari tim kita.

support dota 2

Dengan begitu kita akan bisa mengambil keputusan untuk memberikan call terhadap empat rekan kita, agar terhindar dari ganking dan mati konyol. Tugas dari posisi empat tidak hanya itu saja, posisi empat harus bisa memprediksi pergerakan dari lawan.

Karena selain untuk menghindari ganking prediksi pergerakan lawan itu juga penting, agar kita bisa menentukan pergerakan support lawan yang memasang ward di jungle atau sisi map milik kita. Itu bertujuan agar warding counter menjadi lebih efektif dan juga efisien.

Garis besarnya adalah support Dota 2 untuk posisi lima ini bertanggung jawab sepenuhnya atas vision dari tim, serta bertanggung jawab atas keputusan call yang diambil.

Kira-kira itulah perbedaan secara garis besar dari support Dota 2 untuk posisi empat dan juga lima menurut Na’Vi Lil. Jadi kalian yang bermain sebagai support sudah tidak perlu lagi meributkan tugas utama dari masing-masing posisi.


Bagaimana menurut kalian tentang hal ini? Apakah kalian memiliki pendapat lain tuliskan pada kolom komentar ya. Jangan lupa juga untuk share artikel ini dan juga tag teman kalian yang bermain pada posisi empat dan juga lima ya di Dota 2.



Tentang Penulis

Leonanda Ferry

Penulis eSport yang suka dan doyang (doyan digoyang?) banget sama ice cream dan puding. Dota2 Pub Warrior dan pemain magang Mobile Legends.

Artikel Terkait