Dota 2

Kok Jadi Gini? Inilah Lima Hero Dota 2 Paling Broken Setelah Patch 7.20!

Ga akan ada yang imba kalau semua dibuat Imba!


GGWP.ID juga punya konten video lho! Subscribe channel Youtube GGWP.ID di sini, dan add LINE GGWP.ID di sini untuk giveaway, update breaking news, dan diskon voucher AOV!

Pada saat patch 7.20 belum keluar banyak sekali yang menuntut, kapan patch terbaru akan keluar. Hingga akhirnya Valve memberikan jawaban setelah KL Major selesai, 7.20 akan dirilis. Setelah dirilis banyak sekali tanggapan menarik, mulai dari yang setuju hingga yang tidak. Nah ini dia lima hero Dota 2 7.20 Terbroken!

Seperti yang kita tahu bahwa lebih dari 80 persen hero yang ada, mendapatkan skill reworked. Ada yang biasa saja ada juga yang terlalu imba dan Lima hero Dota 2 7.20 Terbroken ini jelas memiliki set skill yang sangat tidak masuk akal dan bisa membuat permainan menjadi tidak balance.

Bahkan beberapa pro player juga menyatakan sedikit keberatannya dengan rework skill yang didapatkan oleh beberapa hero ini. Arteezy adalah salah satunya yang juga menyatakan keberatan terhadap rework skill milik Bounty Hunter.

Apakah kamu termasuk golongan kami?

Ada yang protes, ada yang cuek, ada yang nge-rant, ada juga yang tekun membaca. Apa saja tipe-tipe gamer ketika update besar-besaran hadir?


Sedikit penjelasan tentang apa itu Reworked, adalah sebuah upaya atau usaha balancing yang dilakukan oleh developer dengan mengubah beberapa set skill terutama efek dari skill tersebut, agar hero tersebut bisa sedikit bertanding dan unjuk gigi di meta permainan yang baru.

Tidak jarang juga reworked skill juga bertujuan untuk memberikan efek nerf terhadap hero yang sudah tidak mempan lagi hanya dengan nerf biasa. Namun apa yang dilakukan oleh Valve kali ini justru malah lebih banyak memberikan buff reworked.

1

Ogre Magi

hero terbroken dota 2

Daftar dari hero Dota 2 terbroken yang pertama adalah, hero yang memiliki atribut STR namun masuk ke jajaran hero INT. Siapa lagi kalau bukan Ogre Magi, hero tambun gendut berkepala dua ini memiliki daya hancur yang luar biasa imba sebenarnya sejak awal permainan.

Berbeda dengan kebanyakan hero INT yang memiliki armor serta HP sedikit, Ogre Magi memiliki armor serta growth HP yang luar biasa besar karena base STR dan growth nya pun terbilang besar. Selain itu juga talent level 20 miliknya memungkinkan dia bertambah semakin tanky lagi.

Dengan tambahan 40 STR layaknya seperti satu buah item Heart Of Tarrasque, Ogre Magi bisa menjadi tank untuk menahan serangan lawan sembari memberikan efek stun serta burn yang luar biasa sakit, “biasa aja sih, imba nya di mana?”

Nah kalian yang baru bermain Dota di Dota 2 ini, kalian tidak akan paham imbanya di mana. Dengan patch baru yang bertuliskan “Multicast now affects targeted offensive items. Will cause the item to cast again at a different random enemy unit.”

Maksudnya adalah pada saat Ogre Magi menggunakan item aktif serang katakan seperti, Midas, Dagon, Eul, Hex, Rod of Atos, Ethereal Blade, ataupun Silence akan ada kemungkinan mengeluarkan x4 Multicast yang merupakan skill utlimate dia.

Atau kalian menggunakan Linken Sphere serta Lotus Orb ke teman sendiri juga bisa men-trigger efek dari mutlicast. Jelas Ogre Magi akan menjadi hero support yang sangat imba. Selain keras dia bisa menjadi Utility Hero yang sanggup memberikan efek disable ke banyak lawan sekalipun.

Efek item usage double tempest milik Arc Warden akan seperti mainan anak-anak, jika dibandingkan dengan Ogre Magi.

2

Bounty Hunter

hero terbroken dota 2

Kemudian hero broken yang kedua adalah Bounty Hunter, ada ungkapan pepatah “money is root of all evil” Karena dengan uang atau gold yang melimpah kalian akan bisa menjadi sesuatu yang berbeda. Menjadi sesuatu yang lebih kuat dari sebelumnya.

Dengan patch baru di versi 7.20 ini Bounty Hunter bisa menjadi teramat sangat jahat. Dengan menggunakan skill pasif miliknya, yaitu Jinada dia bisa mencuri gold milik hero lawan. Total yang tercuri pun untuk level empat jinada paling sedikit adalah 124 gold.

Kemudian cooldown Jinada pada level empat adalah tiga detik, jadi support yang sudah susah payah mengumpulkan gold pasti kasihan sekali, karena habis tercuri meskipun gold yang di curi adalah dari unrelieable gold, tapi tetap saja ini sangat tidak adil.

Apa itu unreliable gold, gold ini adalah gold yang kalian dapatkan dari membunuh creep, neutral creep, periodic gold yang artinya gold yang bertambah setiap detiknya serta starting gold yang kalian miliki pada awal permainan.

Jadi kalian sudah susah payah melakukan last hit, harus tercuri begitu saja oleh Bounty Hunter, menyedihkan sekali.

3

Shadow Demon

hero terbroken dota 2

Kalau bicara soal penangkal hero STR dengan HP yang super tebal sudah jelas Lifestealer lah yang menjadi pilihan utama, dengan kemampuan lifestealnya yang berdasarkan total HP lawan maka semakin gendut lawannya semakin senanglah dia.

Tapi sekarang ada satu hero broken yang sanggup menghajar lawan dengan total HP yang banyak, tidak hanya hero STR saja. Namun hampir semua hero akan sedikit kewalahan pada saat berhadapan dengannya.

Shadow Demon memiliki kemampuan untuk menghilangkan 40 persen total HP lawan, pada saat dia menggunakan skill Soul Catcher miliknya. Selama sepuluh detik lawan akan kehilangan total 40 persen dari HP yang mereka miliki.

Jika kalian bermain support dengan HP tipis, seperti Crystal Maiden, Silencer ataupun Lion, jika terkena Soul Catcher maka berdoa saja kalian tidak menjadi sasaran atau target pukul dari hero lawan.

4

Drow Ranger

hero terbroken dota 2

Tidak ada yang bisa mengalahkan indahnya raihan RNG seseorang dalam bermain video game, mau kalian sejago apapun kalau lawan kalian ada orang beruntung yang persentase RNG nya selalu bagus maka akan sulit bagi kalian untuk mengalahkannya.

Kalau Ogre Magi kita sebutkan pada awal artikel, kenapa kita tidak sebutkan hero imba lain yang menjadi broken kalau RNG pemainnya tiba-tiba sangat bagus pada game tersebut. Drow Ranger hero yang semula murni mengandalkan skill pemainnya, kini juga bergantung kepada RNG pemainnya.

Pasalnya hero dengan armor dan pengurangan damage sebesar apapun, kalau berhadapan dengan bisa dibuat tidak berdaya. Apa? Dragon Knight? Bristleback? Timbersaw? hero-hero STR dengan armor yang berlapis-lapis tidak akan berguna pada saat RNG berpihak pada Drow Ranger.

Karena ultimate dari Drow Ranger mendapatkan rework yang cukup signifikan dan sangat imba, kalau penulis boleh bilang. Dengan persentase 40 persen memberikan efek piercing attack yang di mana armor serta segala kemampuan defense dari hero yang diserang menjadi tidak berarti.

Drow Ranger akan mendaratkan panah yang tidak akan bisa dihindari, sekalipun oleh Phantom Assassin dengan dua buah butterfly dan mengambil talent evasion. Damage dari Drow Ranger akan masuk seutuhnya tanpa ada pengurangan sedikitpun.

Bayangkan jika attack speed dari Drow Ranger meningkat tajam dengan tambahan dari berbagai buff, serta dari berbagai item yang sudah dia miliki. Plus RNG pemainnya terbilang bagus, Bristleback pun juga akan mati hanya dalam beberapa pukulan saja.

5

Anti Mage

hero terbroken dota 2

Kalian pasti pernah frustasi pada saat berhadapan dengan Anti Mage yang sudah fully farm dan menjadi sangat fat, terutama pada saat akhir permainan. Karena memang akan sangat sulit menghentikan dia.

Jangankan beradu pukul, menggunakan skill untuk menangkapnya saja sudah perkara sulit. Kalian harus benar-benar berlima untuk menghajar satu orang Anti Mage. Belum kalau dia sudah memiliki Aghanim Scepter.

Segala skill yang kalian lemparkan akan berbalik arah ke kalian tanpa terkecuali, kecuali skill dengan efek area seperti ultimate Silencer atau ultimate Queen of Pain. Coba kalian bayangkan kalau efek tersebut sudah dimiliki oleh Anti Mage dari awal permainan.

Bahkan sebelum dia memiliki Aghanim Sceptre? Oh sudah jelas pasti akan sangat membingunkan untuk menangkapnya. Karena skill pasif nomor tiga milik Anti Mage juga mendapatkan rework.

Shield yang sejatinya hanya mengurangi efek magical damage yang masuk kini menjadi Counterspell, yang sudah kita jelaskan tadi yaitu memberikan efek pantulan atau counterspell yang hanya dimiliki pada saat Anti Mage menggunakan Aghanim.


Nah itu tadi lima hero terbroken yang ada di patch 7.20 kali ini, gunakan lima hero tersebut jika kalian ingin mendapatkan MMR secara gratis! Bagaimana pendapat kalian? Tuliskan pada kolom komentar dan jangan lupa untuk share artikel ini serta tag teman kalian juga ya.


CONTINUE READING BELOW


About Writter

Leonanda Ferry

Penulis eSport yang suka dan doyang (doyan digoyang?) banget sama ice cream dan puding. Dota2 Pub Warrior dan pemain magang Mobile Legends.

Related Article