Mobile Legends

Spekulasi Judul Gim yang Akan Dipertandingkan di SEA Games 2019 Selain Mobile Legends! Apa Saja?

Filipina mencoba mendulang emas dari cabang Mobile Legends, seperti halnya Indonesia yang memasukkan cabang Pencak Silat di Asian Games lalu.


GGWP.ID juga punya konten video lho! Subscribe channel Youtube GGWP.ID di sini, dan add LINE GGWP.ID di sini untuk giveaway, update breaking news, dan diskon voucher AOV!

Kita sudah mengetahui bahwa judul gim pertama yang akan di perlombakan di SEA Games adalah Mobile Legends, lalu akan ada lima judul lagi yang akan menjadi cabang perlombaan untuk esports nanti, namun masih belum ada bocoran tentang kelima judul gim tersebut. Tapi kita mendapatkan sedikit informasi juga kalau lim gim lainnya akan datang dua untuk PC, dua untuk konsol dan satu untuk mobile, berikut prediksi judul gim SEA Games 2019 nanti!

Untuk prediksi judul gim SEA Games 2019 nanti yang akan digelar di Filipina, mungkin tidak akan jauh berbeda dengan chart game favorit yang ada di Indonesia. Seperti kita akan melihat Dota 2 kemudian Fifa 19, lalu ada CS:GO yang di mana Filipina juga memiliki segudan pemain berbakat.

Tapi itu jika sepenuhnya gim yang akan dimainkan ditetapkan oleh komite olahraga lokal milik Filipina, namun jika ditetapkan oleh Southeast Asian Games Federations yang diawasi langsung oleh Komite Olimpiade International dan Dewan Olimpiade Internasional, bisa saja judul yang dipertandingkan berubah mengingat demografi persebaran game di Asia Tenggara terbilang cukup unik berbeda dengan Indonesia.

PC Games

judul gim sea games 2019

Nah prediksi pertama kita bakal coba sedikit mengulas tentang gim PC, kalau kita melihat demografi di Filipina sendiri sudah jelas untuk PC game pasti dikuasai oleh Dota 2 dan juga CS:GO. Kenapa Dota 2? Sudah jelas kalau Filipina adalah negara asia tenggara yang Dota 2 nya paling menoniol dan maju jika dibandingkan dengan negara tetangga, seperti Indonesia, Malaysia dan juga Singapura.

Tim Dota 2 dari Filipina selalu menjadi langganan untuk menjadi peserta di turnamen-turnamen major, seperti The International, Minor dan Major cup serta beberapa turnamen besar lain seperti ESL. Untuk urusan pemain pun banyak sekali nama besar di Filipina yang bisa kita bilang jago, sebut saja squad Mineski, kemudian TNC, lalu jangan lupakan Execration yang juga merupakan satu tim besar Filipina.

judul gim sea games 2019

Untuk urusan CS:GO sendiri Filipina juga tidak kalah oke jika dibandingkan negara tetangga, meski kalo bicara soal kelas permainan Thailand dan juga Indonesia lebih unggul ketimbang Filipina. Namun tidak menutup kemungkinan juga CS:GO akan diperlombakan mengingat, tidak hanya di ASIA, CS:GO juga cukup terkenal di benua lain.

Mobile Legends masuk SEA Games

Setelah esports menjadi cabang eksebisi di ASEAN Games, kini akan jadi cabang resmi untuk kali pertama dengan Mobile Legends masuk SEA Games


judul gim sea games 2019

Namun ada kemungkinan juga satu judul gim yang akan diperlombakan, yaitu League of Legends. Meski kurang populer di Filipina juga Indonesia, League of Legends memiliki basis pemain yang besar jika dibandingkan keduanya. Terlebih lagi badan pengawas SEA Games 2019 adalah Komite dari Olimpiade, yang dimana tersiar kabar bahwa Olimpiade 2020 nanti di Jepang, juga bakalan ada cabang esports.

Jadi bukan tidak mungkin nanti bakal Leauge of Legends yang terpilih menjadi cabang. Jika memang demikian tidak menutup kemungkinan juga judul seperti Fortnite dan PUBG bakal masuk kedalam nominasi. So persiapkan diri kalian jika kelak nama gim sudah di umumkan!

Mobile Games

Untuk divisi mobile games sendiri kita sudah mendapatkan satu judul yang pasti akan diperlombakan, yap Mobile Legends yang selama ini kalian selalu cibir sinis. Kini bisa menjadi cabang resmi dari untuk pertama kalinya di SEA Games 2019 nanti. Mobile Legends akan menjadi satu dari dua judul gim yang menjadi cabang perlombaan, Tidak aneh memang jika Mobile Legends terpilih, karena fanbase nya yang terbilang cukup besar di Asia Tenggara itu sendiri.

Lalu siapakah yang akan bersanding dengan MOBA mobile besutan Moonton ini? Untuk judul  game mobile sendiri, ada beberapa calon yang memang cocok. AoV yang sudah diperlombakan di cabang eksibisi ASIAN Games 2018 lalu, kemudian Clash Royale yang turut menyumbang medali emas melalui BenZer Ridel. Jangan lupakan juga Hearthstone yang turut menambah pundi-pundi medali dengan raihan satu medali perak.

Namun kalo bicara soal populer, masih ada PUBG Mobile serta Free Fire yang baru-baru ini menjadi fenomena untuk gim dengan genre Battle Royale. Bahkan turnamen besar berskala internasional juga langsung di adakan, di Dubai dengan tajuk Pubg Mobile Star Challenge.

Console Games

Cabang terakhir yang juga akan diperlombakan adalah gim untuk konsol, ada beberapa judul yang mungkin akan masuk menjadi kandidat kuat yang akan di perlombakan nantinya. Namun kalau melihat antusiasme dari dunia konsol ada tiga judul gim yang mungkin akan menjadi kandidat kuat, yaitu Fifa Series, PES, dan yang terakhir adalah Fortnite.

Ketiga judul gim ini memiliki  apa yang diperlukan oleh sebuah gim untuk dijadikan ajang kompetisi esports. Selain sudah banyak kompetisi kelas dunia, peminat dari ketiga gim ini terbilang cukup ramai. Juga banyak nama-nama besar dari kawasan Asia Tenggara sendiri yang akan membuat nantinya kompetisi konsol tidak akan membosankan.


Yap itu lah kira-kira prediksi judul gim yang akan menemani Mobile Legends nanti di SEA Games 2019 mendatang, bagaimana pendapat kalian? Tuliskan pada kolom komentar dan jangan lupa untuk share artikel ini serta tag teman kalian juga ya.


CONTINUE READING BELOW


About Writter

Leonanda Ferry

Penulis eSport yang suka dan doyang (doyan digoyang?) banget sama ice cream dan puding. Dota2 Pub Warrior dan pemain magang Mobile Legends.

Related Article