Mobile Legends

Kalau AOV Dirumorkan Gandeng SAO, Bagaimana Dengan Mobile Legends? Ini Jawaban Esports Manager Moonton

Tapi menurut kabar yang beredar akan ada kerja sama yang cukup mencengangkan nanti di Mobile Legends!


GGWP.ID juga punya konten video lho! Subscribe channel Youtube GGWP.ID di sini, dan add LINE GGWP.ID di sini untuk giveaway, update breaking news, dan diskon voucher AOV!

Sering kita bertanya kok tidak ada tokoh ikonik dari komik DC seperti Batman, Superman, Wonder Woman atau dari Marvel Universe seperti Iron Man, Captain America dan juga Spiderman di Mobile Legends? Ini dia alasan kenapa tidak ada hero baru di Mobile Legends yang bertema komik.

Kami ingin memberikan spekulasi, kenapa hingga saat ini tidak ada hero baru di Mobile Legends yang memiliki tema komik pahlawan super atau serial animasi ternama, layaknya pesaing mereka. Kami juga sempat bertanya kepada esports manager Moonton yaitu Lius Andre mengenai hal ini.

Egy pemain Mobile Legends?

Siapa sangka, salah satu pemain sepak bola terbaik di Indonesia saat ini, Egi Maulana main Mobile Legends! Dan dia punya hero favorit, yaitu...


Jawaban yang Lius berikan ternyata tidak jauh berbeda dengan spekulasi yang akan kami tuliskan, dia mengatakan bahwa “Kemarin kita baru saja merilis hero Kadita, Hero yang terinspirasi dari Legenda Indonesia. Itu semua karena kita sangat mengapresiasi player-player yang ada di Indonesia.”

“Selain itu juga kita ada hero Minshittar dari Myanmar, Badang dari Malaysia, Lapu-Lapu dari Filipina serta Gatotkaca dari cerita pewayangan.”

Nah itu tadi merupakan jawaban dari pihak Moonton, tapi kalau kalian penasaran alasan lainnya, ini dia spekulasi dari kami!

1

Cinta Folklore Lokal

tidak ada hero baru di Mobile Legends

Seperti yang sudah disampaikan oleh Lius Andre selaku esports manager dari Moonton, mereka ingin mengapresiasi secara utuh, para pemain yang berasal dari negara pecinta Mobile Legends. Khususnya Indonesia, Malaysia, Filipina dan juga Myanmar.

Dengan membuat para tokoh legenda lokal dari masing-masing negara, menjadi hero yang bisa dimainkan. Sangat jarang ada developer gim yang memasukkan muatan legenda lokal kedalam video gim mereka. Kebanyakan juga legenda dari Jepang, China, ataupun Eropa.

Untuk legenda rakyat dari Asia Tenggara bisa dibilang jarang atau bahkan tidak ada. Melihat hal tersebut Moonton ingin merealisasikan hal tersebut dengan merilis hero seperti Gatotkaca, Kadita, Minshittar, Lapu-lapu dan sebentar lagi adalah Badang dari Malaysia.

2

Karena Adat Lokal (?)

tidak ada hero baru di Mobile Legends

Ada peribahasa “Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung” mungkin itulah yang ingin moonton terapkan dalam mengelola Mobile Legends. Mereka sadar bahwa gim ini besar di negara-negara asia tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Filipina dan juga Myanmar yang notabene semua negara Asia Tenggara.

Daripada membuat hero fiktif atau hero yang berdasarkan karakter video gim atau legenda dari negeri lain, Moonton membuat sesuatu yang berbeda dengan menampilkan hero dengan citarasa legenda lokal atau legenda setempat.

Mungkin inilah yang menjadi alasan kedua kenapa Moonton hingga sekarang, tidak memiliki hero dari komik barat seperti DC ataupun Marvel.

3

Menumbuhkan Rasa Bangga

tidak ada hero baru di Mobile Legends

Kita tidak usah berbohong apalagi menolak fakta, bahwa jika ada adat budaya kita yang dikemas secara apik dalam sebuah referensi pop culture, apapun itu kita pasti akan sangat bangga. Terlebih lagi jika dikemas kedalam sebuah permainan video gim yang sangat digandrungi oleh banyak orang terutama di Indonesia.

Dengan hadirnya hero lokal macam Kadita dan juga Gatotkaca, meski dia bukan karakter asli Indonesia. Namun dengan sang designer karakter yang berasal dari Indonesia yaitu Is Yuniarto, pasti ada perasaan bangga tersendiri yang kita rasakan pada saat melihat atau memainkan karakter tersebut.

Dengan tumbuhnya rasa bangga terhadap hal itu, pasti akan tumbuh rasa cinta yang akan berujung pada keinginan untuk menjaga, agar komunitas di dalam gim tersebut menjadi menyenangkan. Hmm, oke juga ya rencana jangka panjang dari Moonton.

4

Memiliki Ciri Khas

tidak ada hero baru di Mobile Legends

Dengan Moonton tidak memiliki satupun karkater dari serial tv menarik, komik atau serial animasi itu juga merupakan satu keuntungan. Kalau kita melihat banyak sekali judul gim dengan genre MOBA baik itu untuk PC ataupun untuk mobile phone.

Seperti yang sudah kita jelaskan pada poin kedua, Moonton memiliki sesuatu yang tidak dimiliki oleh gim MOBA lain. Jika gim MOBA lain selalu menampilkan karkater buatan mereka atau karakter dari legenda mainstream seperti mitologi Yunani atau Nordik kuno dan tak jarang Jepang juga China.

Mobile Legends memiliki legenda yang bisa dibilang tidak biasa, siapa lagi yang memasukkan legenda Ratu Laut Selatan dari cerita rakyat Jawa ke dalam gim? Atau legenda pewayangan Mahabarata?


Nah itu tadi merupakan empat alasan kenapa tidak ada hero baru di Mobile Legends yang bertema komik, serial anime atau serial film di dalamnya. Bagaimana menurut pendapat kalian? Tuliskan hal tersebut pada kolom komentar ya dan jangan lupa untuk share artikel ini serta tag teman kalian juga.


CONTINUE READING BELOW


About Writter

Leonanda Ferry

Penulis eSport yang suka dan doyang (doyan digoyang?) banget sama ice cream dan puding. Dota2 Pub Warrior dan pemain magang Mobile Legends.

Related Article