Arena of Valor

Efektif dan Efisien! Ini Alasan Kenapa Archer Jungler Cukup Membuat Mr. Stabby dan Bukan Soulreaver!

Buat yang masih maksa beli Soulreaver pada Archer jungler, baca artikel ini dulu ya!


GGWP.ID juga punya konten video lho! Subscribe channel Youtube GGWP.ID di sini, dan add official LINE GGWP.ID di sini untuk giveaway, update breaking news, dan diskon voucher AOV!

Soulreaver selama ini dianggap sebagai item AD (attack damage) yang paling ampuh. Akibatnya, item ini kerap kali mendapatkan nerf parah, terutama bagi Archer jungler! Lalu apa solusinya? Mr. Stabby jawabannya!

Di atas kertas, Soulreaver sangat menggoda bagi para jungler berbasis AD. Dengan harga 1750 ia memberikan +60 AD dan +6 Armor. Namun yang paling kuat adalah kedua efek pasifnya yaitu Wild dan Soul Taker! Wild sendiri memberikan tambahan 3 AD setiap jungle creep yang terbunuh (Stack sampai 15). Nah efek Soul Taker lah yang jadi masalah bagi jungler Archer di patch ini!

mr. stabby

sumber: samurai gamers

Soul Taker memberikan efek tambahan 300 (+20 per level) magic damage pada serangan atau skill berikutnya yang kamu gunakan. Belum lagi tambahan output sebesar 7% dari AD yang sangat berguna baik early maupun late game. Sayangnya efek Soul Taker ini hanya aktif untuk hero melee saja!

Nerf yang membuat efek Soul Taker hanya berfungsi untuk hero melee saja ini lah yang membuat Archer jungler menjadi redup di meta permainan! Padahal, Violet, Slimz, atau Lindis masih sangat kuat untuk mengisi posisi jungler! Lalu bagi kamu yang masih ingin tetap menggunakan hero Archer jungler, apa solusi yang tersedia selain membeli Soulreaver?

mr. stabby

sumber: samurai gamers

Solusi yang paling masuk akal adalah membeli Mr. Stabby saja, dan tidak perlu mengupgradenya menjadi Soulreaver! Keputusan ini menjadi masuk akal karena beberapa hal. Pertama adalah efek Soul Taker tidak aktif bagi Archer. Artinya tidak ada alasan untuk menghabiskan 1000 gold untuk mengupgrade Mr. Stabby menjadi Soulreaver!

Kedua adalah efek Wild dan Hunter masih dapat didapatkan oleh Archer jungler. Dengan hanya 750 gold, ia bisa memberikan stack AD yang lumayan penting di early game! Dan alasan ketiga adalah kamu bisa langsung rush item damage yang penting seperti Rankbreaker atau Omniarms karena harga Mr. Stabby yang sangat murah!

Minusnya adalah kamu tidak bisa memberikan damage terlalu besar di early game. Seperti Violet contohnya, ia baru bisa online mungkin setelah memiliki Mr. Stabby dengan 10 stack, War Boots, dan Rankbreaker. Hal ini membuat tempo permainan Archer jungler tidak secepat patch-patch sebelumnya!

mr. stabby


Kuncinya, adalah memaksimalkan 1000 gold yang diperlukan untuk mengupgrade Mr. Stabby menjadi Soulreaver kepada item lain! 1000 gold sendiri adalah jumlah yang lumayan, ia hampir setengah jalan menjadi item AD tier 3 seperti Rankbreaker, Cleves Sancti, dan juga Fafnir’s Talon!



Tentang Penulis

Belliandry Rudy

Penikmat musik metal, motor tua, dan esport. Liburan idamannya adalah touring ke warnet sambil ditemani alunan Bring Me The Horizons.

Artikel Terkait