Arena of Valor

Kenapa Archer Masih Sangat Dibutuhkan Di Meta AOV? Mengungkap Kelebihan dan Kekurangan Meta Archer Sidelane!

Kalo Archernya baginda Yorn mah bebas mau main di base juga!


GGWP.ID juga punya konten video lho! Subscribe channel Youtube GGWP.ID di sini, dan add official LINE GGWP.ID di sini untuk giveaway, update breaking news, dan diskon voucher AOV!

Kehadiran Archer di AOV sudah bermula saat game ini baru rilis di Indonesia dengan nama Mobile Arena. Dimulai dari baginda Yorn, ke Violet, dan baru-baru ini Valhein dan Tel’annas yang naik kelas! Seberapa penting sebenarnya meta Archer di AOV?

Remake Baginda Yorn Hadir di Update Patch AOV Indonesia Januari 2019! Jadi Keren Atau Cupu?

Pada update AOV yang hadir bulan Januari ini, tampilan remake Yorn The Hotshot akan berubah cukup signifikan dari segi desain, figur, dan pergerakannya.


Secara garis besar, Archer di AOV memiliki karakteristik sebagai attack damage carry (ADC) sejati, di mana mereka dapat memberikan damage yang sangat luar biasa namun memiliki HP dan pertahanan yang sangat lemah.

Archer juga rata-rata lama ‘panas’ alias mereka memerlukan banyak farm dan item sebelum bisa berguna sepenuhnya dalam war. Kehadiran meta Archer dalam permainan layaknya pedang bermata dua, bila ia sukses farm akan menjadi kekuatan menakutkan, namun bila gagal ia hanya akan jadi bulan-bulanan musuh saja.

archer terkuat aov

Sumber: ggwp.id

Oleh karena faktor pedang bermata dua tersebut, penggunaan meta Archer harus diperhitungkan dengan sangat baik. Mulai dari hero Archer yang sesuai, penempatan di lane, sampai item prioritas yang harus ia buat!

Untuk membahas lebih mendetail seputar meta Archer ini, yuk kita perhatikan beberapa faktor penting berikut!

Berakhirnya Meta Archer Jungler

archer sidelane

Salah satu meta yang paling lama bertahan adalah meta Archer jungler. Meta ini pertama kali dipopulerkan oleh Violet yang sangat luar biasa efektif dan mematikan saat ia melakukan farm di jungle. Terakhir Silmz dan Moren lah yang sanggup menjadi alternatif jadi Violet jungler.

Kelebihan utama dari meta Archer jungler adalah mereka mendapatkan prioritas farm dan juga menjamin periode farming yang lebih aman dibandingkan dengan sidelane yang kerap terkena gank.

Sayangnya meta yang sangat efektif ini harus berakhir karena nerf pada item Soulreaver yang menghilangkan efeknya bagi hero bertipe range, sehingga para Archer kehilangan item core yang sangat penting! Hal ini diperburuk dengan item Scorching Wind yang kurang digemari oleh para Archer jungler tersebut karena efeknya yang kurang bagus menuju late game.

Bangkitnya Meta Archer Sidelane

meta archer

Dengan meredupnya meta Archer jungler, para pemain mulai mencoba menggeser Archer ke arah sidelane. Hal ini juga terbukti efektif, tapi dengan resiko yang lebih tinggi. Pertama adalah potensi di gank yang lebih besar dan menghambat farming sang Archer.

Kedua adalah kurangnya potensi rotasi dari Archer yang membuat Archer akan lama farming itemnya. Oleh karena itu, diperlukan hero Archer yang dapat melakukan snowballing atau menggandakan keunggulan dan mendominasi lane dengan sangat kuat!

Valhein sempat mengisi power pick untuk meta Archer sidelane ini. Kemampuannya melakukan kiting dan mengharass musuh menjadikannya tidak perlu terlalu takut di gank dan farmingnya diganggu musuh!

Tel'annas Pilihan Terbaik Meta Archer Sidelane Saat Ini?

archer sidelane

Sumber: dok ggwp.id

Dengan sedikit nerf yang diteirma Valhein, Tel’Annas menjadi salah satu kandidat kuat sebagai power pick Archer sidelane.

Tel’Annas memiliki damage yang luar biasa, ia bisa melakukan farming dengan aman berkat skill Eagle Eyes. Ia juga dibekali dengan beberapa cc yang bisa gunakan saat darurat berkat skill Penetrating Shot dan ultimatenya yaitu Arrow of Chaos!

Dengan dua item saja seperti Fafnir’s Talon dan Claves Sancti, Tel’Annas bisa menjelma menjadi Archer sidelane yang kuat untuk war dan cepat untuk push tower!


Pada akhirnya, meta Archer sidelane ini memerlukan strategi dan kekompakan tim untuk menjaga farming sang Archer agar tidak terlalu ketinggalan. Saat sang Archer sukses, maka kemenangan akan lebih mudah diraih!

 



Tentang Penulis

Belliandry Rudy

Penikmat musik metal, motor tua, dan esport. Liburan idamannya adalah touring ke warnet sambil ditemani alunan Bring Me The Horizons.

Artikel Terkait