Focus

HOAX! Pelaku Penembakan Tidak Terinspirasi dari Fortnite atau Gim Apapun!

Lah, ngapa jadi Fortnite yang dibilang memberi inspirasi dah?… Nih biar gak ada salah paham nih.


GGWP.ID juga punya konten video lho! Subscribe channel Youtube GGWP.ID di sini, dan add official LINE GGWP.ID di sini untuk giveaway, update breaking news, dan diskon voucher AOV!

Hari ini, 15 Maret 2019, terjadi tragedi di New Zealand dimana banyak korban tidak bersalah jatuh oleh seorang teroris dan sayangnya harus mengangkat nama Fortnite, salah atu gim esports, dan gim lain di dalamnya.

Beberapa media mengabarkan kalau sang pelaku  terinspirasi dari gim Battle Royale populer, Fortnite. Tetapi apakah benar pelaku mengatakan bahwa dia terinspirasi dari Fortnite?

Fortnite

Sumber: Epic Games

Dikutip dari sebuah manifesto yang berjudul ‘The Great Replacement’, sang pelaku mengaku kalau gim dari Epic Games tersebut mengajarkan dirinya menjadi seorang pembunuh. Seperti yang tertulis di bawah ini.

Fortnite

Sumber: Duniaku.net

“Apakah kamu sebelumnya diajarkan kekerasan dan ekstremisme melalui video games, musik, literatur, film?”

“Ya, Spyro the Dragon 3 mengajarkanku etno-nasionalisme. Fortnite mengajarkanku untuk menjadi seorang pembunuh dan untuk membereskan mayat musuh-musuhku. TIDAK.

Jika diperhatikan dengan baik, di bagian bawah terdapat kata “No.” yang berarti tidak.

Sebelumnya juga pelaku mencatut nama PiewDiePie, seorang streamer gaming, yang sempat menghadirkan kontroversi. Namun dengan tegas PiewDiePie mengambil sikap bahwa dirinya bersama para korban dan keluarga yang ditinggalkan.

Sayangnya, beberapa masyarakat ada yang termakan dengan pemberitaan yang mengaitkan kejadian tersebut dengan Fornite ini dan percaya kalau gim merupakan sebuah media yang mempromosikan kekerasan.

Sebelumnya, sebuah studi di Oxford University, telah menyatakan kalau tidak ada hubungan antara gim dengan kekerasan.

Universitas Oxford: “Tak Ada Relasi Antara Video Gim dengan Kekerasan!”

Sekali-sekali, yuk kita bahas yang edukatif dibanding dengan drama melulu! Rupanya, tidak ada hubungan antara video gim dengan kekerasan!


Sebagai sebuah media hiburan untuk remaja, Fortnite bahkan tidak menambahkan darah dalam gimnya. Lalu dengan gambar yang ceria serta komunitas yang ramah anak, gim tersebut berhasil menjadi salah satu gim tersukses di Twitch tidak lepas dari peran sang streamer, Tyler ‘Ninja’ Blevin.

Redaksi GGWP.ID sudah mencoba menghubungi Epic Games untuk tanggapan mengenai kejadian yang melibatkan Fortnite namun sejauh ini belum ada komentar lebih lanjut dari mereka.


Bersama dengan artikel ini juga, GGWP.ID ingin memberikan doa dan juga kesabaran bagi keluarga yang tertimpa tragedi ini.



Tentang Penulis

Artikel Terkait