Featured

Jangan Sampai Meleduk! Ini 5 Tips Mudah Agar HP Kalian Tidak Cepat Panas Ketika Ngegame

Saking panasnya kadang handphone kita bisa digunakan sebagai ganti setrika!


GGWP.ID juga punya konten video lho! Subscribe channel Youtube GGWP.ID di sini, dan add official LINE GGWP.ID di sini untuk giveaway, update breaking news, dan diskon voucher AOV!

Berapa lama biasanya kalian bermain gim di handphone? Entah untuk push rank Mobile Legends atau PUBG Mobile atau sekedar bakar bintang karena kalah melulu. Semua pasti punya masalah yang sama, HP jadi cepat panas! Tapi kita ada trik agar HP tidak cepat panas saat digunakan untuk bermain video gim.

Murah tapi ga murahan!

Wahai kalian sobat misqueen, ada sebuah berkah untuk kalian yang ingin hape untuk gaming tapi murah! Redmi Note 7 kini resmi hadir di Indonesia!


Memerlukan beberapa trik yang harus kalian perhatikan agar lima cara ini berhasil, pasti bakal kesel banget kalau kita sedang bermain tiba-tiba suhu dari smartphone kesayangan kita mendadak panas. Mau berhenti tapi gim masih jalan, ga berhenti nanti rusak, jadi gimana dong biar HP tidak cepat panas saat kita pakai main gim?

1

Charger Original

hp tidak cepat panas

Langkah pertama agar smartphone kalian tidak mudah panas adalah, dengan menggunakan charger atau pengisi daya original, cukup sederhana kan? Tapi banyak diantara kita yang tidak mematuhi hal ini, terlebih lagi jika charger original bawaan pabrik rusak.

Harga spare part original memang lebih mahal jika dibandingkan yang non original, biasanya ini yang menjadi penyebab utama. Kebanyakan lebih memilih menggunakan charger yang murah, memang bisa sama-sama mengisi daya dari gadget kalian.

Namun kalau diperhatikan lebih lanjut lagi, biasanya kualitas dari barang abal-abal tersebut tidak sebaik barang original. Tidak semua melalui pengecekan quality assurance, jadi pasti ada saja barang yang cacat. Mulai dari voltase yang tidak sesuai anjuran hingga ketahanan dari barang itu sendiri.

Bisa saja malah ini merusak daya tahan dari baterai gadget kalian, yang berujung pada penurunan fungsi dari masing-masing komponen.

2

Jangan Main Sambil Isi Daya

hp tidak cepat panas

Kalau sudah yang namanya ketagihan pasti akan sulit sekali untuk dikendalikan, namun ini juga perlu menjadi perhatian kalian jika tidak ingin gadget kalian cepat panas dan cepat rusak. Jangan pernah sekali-sekali menggunakan gadget kalian untuk bermain gim pada saat sedang melakukan charging daya.

Jika kalian ingin umur gadget atau hp kalian lebih lama dari yang seharusnya, maka pastikan selalu isi daya gadget kalian hingga maksimal sebelum mencabutnya. Ini akan memberikan banyak keuntngan seperti waktu bermain gim yang lebih lama dan jelas membuat umur gadget lebih panjang.

Ada juga trik lain jika memang kalian ingin menghindari hal ini, pilih gadget atau hp yang memiliki kapasitas baterai yang cukup besar. Rata-rata smartphone yang ada di pasaran Indonesia sudah memiliki baterai besar mulai dari 4000mAh hingga 5500mAh.

3

Suhu Ruangan

hp tidak cepat panas

Oke untuk poin ketiga ini sebenarnya bisa dibilang pengecualian tentang poin nomor dua yang sudah kita sebutkan di atas. Jika kalian ingin bermain sambil melakukan charging atau memang kalian memiliki gadget yang ada kondisi cacat dari pabrik yang menyebabkan cepat panas meski dengan penggunaan normal.

Sebisa mungkin bermainlah di ruangan yang memiliki suhu dingin, seperti kamar dengan AC, atau tempat-tempat seperti foodcourt, cafe atau restoran cepat saji. Namun jika kalian terbiasa ‘nongkrong’ di warung kopi atau bahasa gaulnya warkop sambil makan mie instan, lebih baik ikuti aturan nomor dua.

4

Aplikasi

hp tidak cepat panas

Ini juga perlu kalian perhatikan jika tidak ingin gadget kalian cepat panas, pada saat kalian sedang asik keluar dari jerat rank Grandmaster atau tier Platinum. Terutama jika gadget kalian adalah gadget kelas kentang yang hanya memiliki dua atau kurang dari empat gigabyte ram.

Pastikan pada saat kalian menjalankan gim kesayangan tidak ada aplikasi lain yang jalan bersamaan, kalian bisa menutup aplikasi lain terlebih dahulu sebelum menjalankan gim tersebut. Ini jelas akan mengurangi beban kerja dari prosesor serta ram gadget kamu.

Jelas konsumsi daya akan semakin lebih rendah lagi dan yang terpenting gadget kalian tidak akan cepat panas.

5

Durasi Bermain

hp tidak cepat panas

Mungkin poin terakhir adalah poin yang paling membosankan dan tidak menyenangkan, bahkan penulis pun merasa demikian dengan poin ini. Jangan bermain terlalu lama, ini sudah jelas merupakan hukum tidak tertulis yang semua gamer mobile pun tahu betul.

Batasi lama bermain kalian, paling tidak berhenti bermain jika kalian sudah merasakan bahwa gadget kalian mulai panas. Jangan gunakan patokan sisa daya dari gadget kalian, karena bisa saja gadget kalian menjadi panas bahkan sebelum daya yang kalian ingin gunakan habis terlebih dahulu.


Itu tadi merupakan lima hal yang harus kalian perhatikan, jika kalian tidak ingin gadget atau hp kalian cepat panas dan menjadi cepat rusak. Jika ada pendapat lain sampaikan pada kolom komentar ya dan jangan lupa untuk share artikel ini serta tag teman kalian juga.



Tentang Penulis

Leonanda Ferry

He's known as many names, one of them is Lele Dugong!!!

Artikel Terkait