Arena of Valor

Split Push, Solusi Jitu Menangkan Permainan MOBA Tanpa War!

Semua pemain profesional membenci strategi ini! *ala iklan retjeh


GGWP.ID juga punya konten video lho! Subscribe channel Youtube GGWP.ID di sini, dan add official LINE GGWP.ID di sini untuk giveaway, update breaking news, dan diskon voucher AOV!

Setelah minggu lalu, kita membahas tentang Crowd Control yang merupakan salah satu alat paling mematikan di dunia MOBA, Kali ini kita akan membahas tentang strategi yang sering digunakan oleh tim profesional.

Crowd Control, Istilah yang Paling Ditakuti Pemain MOBA

Apa sih artinya Crowd Control (CC) hingga menjadi salah satu elemen paling penting dalam sebuah game dan ditakuti banyak orang?


Namanya adalah rat push atau yang lebih kita kenal dengan split push.

Split push adalah sebuah strategi yang dilakukan untuk mengambil objektif tanpa sepengetahuan musuh atau di daerah yang jauh dari posisi musuh.

Strategi ini sangatlah berguna jika musuh yang kalian lawan sangatlah kuat dalam team fight dan hampir tidak mungkin bisa kalian kalahkan dengan hero timmu.

Dengan split push, kalian dijamin bisa memenangkan pertandingan tanpa harus mengandalkan pertikaian dengan hero musuh. Strategi ini sudah dipraktekan dalam dunia profesional dan terbukti ampuh!

Contoh tim profesional yang paling terkenal dari penggunaan strategi split pushing adalah: Alliance dari Dota 2.

Dota 2

Sumber: Dota2.com

Alliance, pada tahun 2013, mampu memenangkan kejuaraan terbesar dari dunia esports Dota 2, The International.

Tim yang dikapteni oleh Loda pada saat itu bukan terkenal dengan kemampuan untuk melakukan team fight dan menghabisi musuh dengan kekuatan brutal

Mereka dikenal mempunyai pemikiran stratejik yang jenius sehingga mampu mengandalkan strategi split push dengan maksimal melalui semua pemain mereka.

Bahkan, mereka bisa menjawab tantangan Toby ‘TobiWan’ Dawson, caster terpopuler Dota 2, menghancurkan barak musuh dalam waktu kurang dari 10 menit.

Namun, strategi ini juga mempunyai beberapa poin yang harus kalian perhatikan seperti kekurangan dan kelebihannya:

1

Kelebihan

Mobile Legends

Sumber: ggwp.id

Split push, jika dilakukan dengan benar, akan memperbolehkan kalian untuk menekan musuh di seluruh penjuru map.

Jika kalian berhasil mengambil satu objektif di saat musuh sedang menahan lane lain yang kalian tekan, maka kemungkinan besar kalian bisa mengambil objektif selanjutnya.

Dengan tekanan ini, musuh akan kebingungan untuk menjaga lane-lane yang ditekan oleh kalian.

Selain itu, kalian bisa mendapatkan lebih banyak Gold dari minion yang mati di lane karena tidak harus meninggalkan lane untuk menjaga tower yang terkena push.

2

Kelemahan

Dota 2

Sumber: duniagames.co.id

Sayangnya, strategi ini tidak bisa kalian jalankan di setiap permainan.

Terkadang, ada situasi di mana musuh dapat menghilangkan peluang kalian untuk melakukan Split Push.

Yang pertama adalah posisi dimana musuh sudah mempunyai net worth dan exp yang jauh lebih banyak dari kalian.

Dengan ini, kalian akan kesulitan untuk melakukan split push karena kalian akan bertanding 4 lawan 5 dalam kebanyakan waktu.

Yang kedua adalah tidak semua hero mampu melakukan split push secara efektif.

Biasanya, hero yang mampu menghabisi satu wave dan mempunyai damage auto attack yang tinggi bisa melakukan strategi ini.

Contoh hero tersebut adalah: Yorn dalam Arena of Valor, Hanzo dan Gusion dalam Mobile Legends, atau Nature’s Prophet dalam Dota 2.


Itulah penjelasan mengenai Split Pushing. Jika kalian masih bingung, nantikan guide dari GGWP.ID tentang Split Pushing yang akan datang!



Tentang Penulis

Artikel Terkait