Arena of Valor

Burst Damage? Kenali Dulu Dua Tipe Damage yang Ada Dalam MOBA!

Kalau dicuekin sama gebetan termasuk damage tipe apa?


GGWP.ID juga punya konten video lho! Subscribe channel Youtube GGWP.ID di sini, dan add official LINE GGWP.ID di sini untuk giveaway, update breaking news, dan diskon voucher AOV!

Bagi pemain MOBA atau gim apapun, pastinya tidak asing dengan kata “damage“.

Damage adalah istilah yang digunakan untuk segala hal yang dapat mengurangi HP dari satu unit.

Biasanya, serangan kalian akan memberikan damage kepada musuh. Apabila berhasil mengurangi HP sebuah unit hingga 0, maka unit tersebut akan dikatakan mati atau kalah.

Masing-masing unit memberikan jumlah damage yang berbeda dan dapat dilihat dari sebuah parameter bernama DPS atau Damage Per Second.

Nah, setelah mengetahui pengertiannya, kita akan beralih ke dua tipe damage yang ada di sebuah gim biasanya.

1

Burst Damage

MOBA

Sumber: ggwp.id

Tipe pertama yang akan kita bahas adalah Burst Damage. Istilah ini digunakan untuk sebuah tipe yang mampu memberikan seluruh damage-nya secara langsung

Fungsi dari Burst Damage biasanya adalah menghabisi sebuah unit secara cepat sehingga dia tidak bisa berkontribusi banyak dalam sebuah team fight.

Serangan dengan tipe ini biasanya terdapat dalam Mage dan Assassin di sebuah gim MOBA.

Namun, meski terkesan kuat, Burst Damage biasanya mempunyai biaya yang besar yang harus dibayar. Baik itu memakan MP/mana yang besar, memerlukan Item yang tepat terlebih dahulu, atau cooldown yang lama.

Beberapa contoh hero yang ahli dalam damage tipe Burst adalah Valir di Mobile Legends, D’arcy di Arena of Valor, dan Phantom Assassin di Dota 2.

2

Damage over Time (DoT)

MOBA

Sumber: ggwp.id

Nah, jika Burst Damage lebih sering kita dengar dalam gim, mungkin beberapa dari kalian asing dengan istilah Damage over Time atau DoT.

Sebenarnya, kalian cukup sering melihat skill dengan tipe damage ini digunakan saat kalian bermain.

Damage over Time adalah tipe damage yang membutuhkan waktu untuk mencapai jumlah damage keseluruhannya.

Ya! Efek poison termasuk ke dalam damage tipe ini. Damage over Time biasanya mempunyai jumlah damage yang lebih besar dibandingkan dengan Burst Damage.

Namun, Damage over Time tidak bisa menghabisi satu musuh secara cepat dan lebih berguna dalam pertandingan yang mempunyai durasi yang lama.

Beberapa hero yang mempunyai skill dengan kemampuan ini adalah: Helcurt dalam Mobile Legends, Mganga dalam Arena of Valor, dan Venomancer dalam Dota 2.


Itulah dua jenis Damage yang terdapat dalam sebuah gim MOBA. Mengetahui tipe damage dari hero-hero dalam tim dan musuh bisa jadi kunci dari kemenangan kalian!



Tentang Penulis

Artikel Terkait