Arena of Valor

Skill Terjaga, Pahala Bertambah! Ini Tips Latihan Esports Sambil Tetap Berpuasa

Biar skill tetap terjaga, dan pahala tetap bertambah.


GGWP.ID juga punya konten video lho! Subscribe channel Youtube GGWP.ID di sini, dan add official LINE GGWP.ID di sini untuk giveaway, update breaking news, dan diskon voucher AOV!

Latihan walau dalam konteks esports yang menggunakan medium game, bukan hanya sekadar bermain game. Biasanya, seseorang atau tim bisa latihan esports seharian tetapi bagaimana jika latihan tetap lancar menjalankan ibadah puasa?

Ada beberapa hal yang menjadi hal penting dan bisa dilakukan siapa saja yang hendak latihan esports tanpa mengganggu ibadah puasa.

Anti Batal! Ini Tips Ngeranked Sambil Tetap Berpuasa

Tidak jarang pahala berkurang bahkan puasanya batal karena main game, spesifik karena ngeranked. Nah ini tips ngeranked puasa tetap aman!


Untuk ‘mengakali’ jadwal latihan esports setidaknya menuntut sedikit perubahan dalam berbagai hal yang berbeda dengan jadwal latihan di hari biasa. Nah apa saja tips latihan esports sambil tetap berpuasa penuh?

Atur Waktu

Sumber gambar: videoblocks.com

Tips pertama adalah atur waktu. Bahkan untuk persiapan yang lebih serius, kita harus merombak waktu latihan dari yang biasa kita lakukan.

Ketika menetapkan latihan selama 8 jam dengan kewajiban bermain game untuk penguasaan mikro hero selama 3 jam, kita bisa bermain ketika kondisi fisik dan stamina fit seperti setelah berbuka dan taraweh.

Untuk waktu analisa makro atau strategi, bisa dilakukan siang hari atau sambil ngabuburit sebelum berbuka puasa. Waktu ngabuburit juga bisa dilakukan untuk latihan kebugaran dengan intensitas ringan selama 30-60 menit.

Pelajari Meta

Sumber gambar: sportsillustrated

Berikutnya adalah alternatif program latihan yang bisa memaksimalkan waktu dengan mempelajari meta in game maupun kemampuan dari hero-hero pada patch terbaru.

Mempelajari dalam hal ini bukan dalam artian bermain game, tetapi lebih ke arah membaca patch note dari game tersebut atau menyaksikan video pembahasan patch hingga mempelajari meta berdasarkan rekaman tim, atau mengintip cara main tim-tim lain.

Bisa juga manajer atau pelatih memberi panduan materi atau keterangan dari patch terbaru sehingga pemain bisa membaca dan mendapat pengetahuan lebih berdasarkan panduan tersebut.

Fokus Team Bonding

Sumber gambar: redbull.com

Dengan kondisi menjalani ibadah puasa, kondisi fisik kemungkinan tidak akan sama dengan keadaan normal. Selain untuk intensitas latihan in game dan menjaga kebugaran, waktu ini juga bisa dilakukan untuk team bonding.

Antar pemain tetap saling komunikasi dengan intensitas lebih dengan pembahasan apapun, tidak harus tentang in game saja.

Waktu untuk team bonding juga bisa diisi misalkan dengan jadwal jalan bareng atau buka bersama yang tentunya dengan pengawasan dan melibatkan manajer tim atau perwakilan.

Jangan Ngeranked Sambil Ngabuburit! Ini Alasannya

Nunggu waktu berbuka yang tinggal beberapa jam lagi, gara-gara hal ini malah bisa batal duluan. Sayang kan mhanx.


Itu dia beberapa tips untuk latihan esports dan tetap lancar berpuasa secara penuh. Dibandingkan hari biasa, harus ada perubahan yang dilakukan, khususnya untuk waktu berlatih dan juga alternatif materi latihan untuk mengurangi intensitas fisik maupun fokus yang biasanya berkurang ketika berpuasa.

Kalian ada tips lainnya agar tetap bisa latihan esports tanpa membatalkan puasa? Coret-coret melalui kolom komentar di bawah ya.



Tentang Penulis

Artikel Terkait