Arena of Valor

Trik Ganking dalam MOBA, Sudahkah Kalian Lakukan dengan Benar?

Keliling-keliling nyari kill bukan ganking namanya tapi mukil!


GGWP.ID juga punya konten video lho! Subscribe channel Youtube GGWP.ID di sini, dan add official LINE GGWP.ID di sini untuk giveaway, update breaking news, dan diskon voucher AOV!

Mengingat-ingat ke belakang, GGWP.ID pernah memberikan penjelasan tentang ganking dan bagaimana situasi yang tepat kapan harus melakukan strategi ini.

Ganking mempunyai beberapa persyaratan atau kondisi yang bisa dipenuhi untuk melakukan rotasi yang efektif.

Namun, meski belum terpenuhi semua, kalian masih bisa melakukan Ganking meski persentase keberhasilannya tidak maksimal.

Ganking sendiri tidak terpaku pada apakah kalian bisa mendapatkan kill atau tidak. Tujuan sebenarnya dari ganking adalah membawa tim kalian unggul dari musuh

Sekarang, penulis akan bagikan beberapa trik untuk melakukan ganking dalam MOBA dan bisa kalian gunakan sebagai acuan apakah sudah dilakukan dengan benar atau tidak.

1

Early Game Adalah Waktu Terbaik untuk Melakukan Ganking

MOBA

Sumber: Duniaku.net

Awal-awal permainan merupakan waktu yang paling baik untuk melakukan ganking atau lebih tepatnya sebelum seorang hero mendapatkan skill ultimate mereka.

Hal ini dikarenakan pada awal permainan, item serta kemampuan hero tersebut lebih terbatas sehingga opsi untuk melarikan diri lebih terbatas.

Terlebih lagi, banyak hero yang sengaja bertahan di lane agar tidak ketinggalan level serta gold sehingga menjadi sasaran empuk jika kalian tahu hero yang harus diprioritaskan.

Jika kalian berhasil melakukan gank di awal permainan, musuh akan kehilangan lane pressure dalam jumlah yang signifikan dan semakin memperlambat perkembangan mereka.

2

Tetap Menjaga Tekanan di Satu Lane.

MOBA

Sumber: Moonton

Ini yang sering salah dilakukan oleh pemain MOBA dalam ganking. Mereka terlalu banyak melakukan roaming dan menghilangkan tekanan di lane yang sudah dibentuk.

Padahal, jika mereka lebih sering bertahan dan mematikan farm ataupun membuat satu hero krusial menggunakan skill besar untuk melarikan diri akan membuat mereka sangat berhati-hati.

Mereka bisa saja memanggil Support untuk berusaha melepaskan tekanan di lane namun tentu saja ini membuat lane lain menjadi lebih lemah dan kemungkinan besar akan kalah perebutan kekuasaan.

3

Jika Kalian Mengerti Pola Gank Musuh, Lakukan Counterganking.

MOBA

Sumber: firstblood.io

Counterganking adalah sebuah teknik di mana kalian mengirimkan bala bantuan tepat di saat musuh melakukan gank. Jika berhasil dilakukan, counterganking akan membuat musuh membuang sumber daya yang digunakan melakukan rotasi.

Tim yang berhasil memanfaatkan Counterganking dengan efektif akan mampu membalikkan keadaan dengan cepat karena akan mendapat keunggulan yang signifikan atas musuh yang melakukan ganking.

Namun perlu diperhatikan tentang jumlah bantuan yang kalian gunakan juga. Jika terlalu sedikit maka kalian juga akan membuang sumber daya dan justru membuat musuh semakin besar.

Jika kalian memberikan bantuan dalam jumlah yang besar juga membuat kalian rugi karena membuang sumber daya entah itu waktu atau farm di lane dalam jumlah yang besar.

Hati-hatilah saat melakukan counterganking.


Itulah beberapa trik dalam melakukan ganking! Semoga bisa menjadi panduan bagi kalian para pemain MOBA!



Tentang Penulis

Artikel Terkait