Arena of Valor

Jangan Asal Main! Ini Waktu Ideal Buat Ngeranked di Bulan Puasa

Paling enak sih ngeranked sambil nunggu sahur, dari setelah taraweh.


GGWP.ID juga punya konten video lho! Subscribe channel Youtube GGWP.ID di sini, dan add official LINE GGWP.ID di sini untuk giveaway, update breaking news, dan diskon voucher AOV!

Main game memang enak buat sambil ngabuburit alias nunggu waktu berbuka, tapi untuk MOBA disarankan jangan mode ranked! Cukup bermain normal atau fun match. Lalu kapan waktu ideal bermain ranked mode ketika berpuasa?

Sebelumnya sudah dikemukakan beberapa alasan untuk tidak bermain ranked ketika ngabuburit karena bisa menyebabkan pahala berkurang ketika melakukan beberapa hal yang erat kaitannya dengan emosi.

Jangan Ngeranked Sambil Ngabuburit! Ini Alasannya

Ngabuburit gamer biasanya melakukan hal yang tidak jauh dari bermain game. Tetapi disarankan jangan bermain mode ranked ketika ngabuburit! Ini alasannya


Selain itu, masa menjelang berbuka adalah titik dimana kondisi stamina dan cairan tubuh sudah berkurang drastis ketika menjalankan ibadah puasa.

Lalu kapan waktu ideal dan direkomendasikan untuk ngeranked ketika bulan puasa? Berikut ada beberapa waktu ideal yang bisa dipilih.

Jam 18:15-19:00

Pertama adalah waktu setelah berbuka puasa yaitu mulai dari 18:15 waktu setempat. Asumsinya adalah kita telah siap berbuka puasa dan menjalankan ibadah magrib.

Waktu tersebut direkomendasikan karena sudah ada asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh sehingga konsentrasi bisa lebih baik daripada ketika berpuasa.

Namun batasi waktu bermain hingga menjelang taraweh ya!

Jam 21:00-23:00

Berikutnya adalah setelah waktu taraweh. Kemungkinan pada waktu ini kita sudah selesai menjalankan kewajiban serta makan berat sehingga stamina dan cairan tubuh sudah lebih baik lagi.

Namun ketika bermain ranked, jangan lupa waktu! Batasi sampai jam tertentu, misalkan 23:00 WIB lalu mengistirahatkan tubuh atau tidur hingga waktu sahur.

Jika memang hidup kalian sudah seperti kalong, alias jam tidurnya terbalik, okelah boleh lanjut sampai sahur. Tapi kalau lose streak, mbok ya istirahat aja.

Jam 02:00-04:00

Selanjutnya adalah waktu menjelang sahur. Sambil menunggu santap sahur tersaji untuk dimakan, kita bisa push rank satu atau dua game terlebih dahulu. Ingat, waktu sahur tidak bisa ditoleransi, jadi jangan main ketika waktu sudah mendekati sahur atau imsak.

Pada waktu ini, kemungkinan kelelahan sebenarnya masih ada. Tetapi bukan kelelahan karena kekurangan cairan, melainkan karena nyawa belum 100% balik dari bangun tidur.

Selepas imsak dan kewajiban subuh, kita bisa bermain satu atau dua game lagi, tetapi setelah itu sangat disarankan untuk tidak ngeranked dan lebih baik beristirahat.

Jam 11:00-12:00

Terakhir adalah jam 11:00 sampai jam 12:00 atau siang hari. Pada waktu ini, konsentrasi memang mulai menurun seiring berkurangnya cairan di dalam tubuh karena berpuasa. Namun masih cukup untuk fokus ngeranked.

Selepas main pada waktu siang, disarankan untuk menyudahi bermain ngeranked walau alasannya untuk ngabuburit. Cukup bermain normal match atau bermain untuk fun saja.

Itu dia waktu-waktu ideal yang direkomendasikan untuk ngeranked sembari berpuasa. Selain pada waktu-waktu di atas, sebenarnya tidak dilarang untuk ranked melainkan lebih tidak direkomendasikan.



Tentang Penulis

Artikel Terkait