Arena of Valor

Banyak Yang Gak Sadar! Ini Penyebab Game MOBA Lebih Rawan Ngurangin Pahala Saat Puasa

Bukan salah gamenya, tapi yang playernya itu loh… domba ngide!


GGWP.ID juga punya konten video lho! Subscribe channel Youtube GGWP.ID di sini, dan add official LINE GGWP.ID di sini untuk giveaway, update breaking news, dan diskon voucher AOV!

Main game sejatinya untuk hiburan dan mengisi waktu luang. Tetapi tidak jarang juga yang bermain untuk unjuk kebolehan dan harus menang terus, khususnya di game MOBA. Tetapi ketika berpuasa, ada beberapa hal yang bikin game MOBA lebih rawan ngurangin pahala.

Tapi catat, gamenya tidak membuat pahala kita berkurang, tetapi lebih kepada gamer yang memainkannya. Hanya saja ada beberapa kondisi di dalam game yang menjadi penyebabnya.

Mengapa Memilih Bermain Battle Royale Ketika Ngabuburit? Ini Alasannya

Jika harus memilih jenis game yang ramai dimainkan saat ini, maka pilihan bermain battle royale ketika ngabuburit jadi favorit! Ini alasannya


Apa saja penyebab yang membuat pahala di bulan puasa berkurang ketika bermain game? Yuk simak langsung di bawah ini.

Bermain Bersama Orang Random

Penyebab pertama adalah bermain bersama orang random, lebih spesifik, orang random yang menjadi teman satu tim dan melakukan trolling.

Kalau dikatakan hanya trolling, jika kita bermain bersama teman, tentu akan menjadi hiburan ketika bermain. Nah kalau bermain bersama orang asing, dan dia ngetroll, sulit bagi kita untuk menganggap sebagai jokes atau hiburan.

Jika masih bisa berpikir tenang dan kalem, tombol report memang bisa digunakan. Tetapi jika kelepasan, malah pahala yang bisa berkurang kan.

Build Yang Jadi Pakem

Berikutnya adalah build yang sudah menjadi pakem untuk hero dan role tertentu. Kenapa hal ini bisa mengurangi pahala? Jadi begini penjelasannya.

Ketika kita bermain game MOBA, dan melakukan eksperimen dalam build hero, justru akan mempengaruhi keseimbangan tim. Tank dibuild full damage, hero physical attack dibuild full HP, gak jarang berujung kekalahan.

Kalah karena permainan yang bagus tentu bisa diterima. Tapi kalau kalah karena ada satu pemain yang ngide, bisa bikin emosi kan.

Meta Jadi Kewajiban

Berikutnya adalah meta yang dijadikan kewajiban di dalam game. Ada yang mengatakan meta bukan segalanya, ada juga yang bermain dengan meta yang diketahui atau yang sedang ramai saat itu.

Dua pemikiran dalam satu tim dan tidak ada yang mengalah bahkan sampai ngotot satu sama lain karena merasa yang paling benar.

Ketika kondisi tersebut terjadi di dalam tim, maka potensi untuk emosi, bahkan teman-teman satu tim yang lain jadi emosi juga semakin tinggi. Ujung-ujungnya? Pahala berkurang gaes.

Target Ranked Harus Menang

Terakhir adalah target harus menang di ranked supaya tier bisa naik. Tanpa kemenangan di ranked, mustahil tier bisa meningkat, berbeda dari battle royale dimana poin jadi barometer naik tier.

Kalau kalah diranked karena lawan bermain lebih bagus padahal satu tim kita sudah main bagus tentu akan berterima dan tidak jadi masalah. Tapi bagaimana jika ada yang mainnya gak beres? Bisa kita yang emosi.

Tapi yang lebih parah sebenarnya adalah justru kita yang bermain buruk dan tidak menyadarinya malah mencari kambing hitam atas kekalahan tersebut.

Itu dia empat faktor yang membuat game MOBA rawan mengurangi pahala di bulan puasa ini. Tetapi jika kita bisa menguasai emosi dan tidak terlepas, tentunya pahala malah bertambah.

Ingat, bukan gamenya yang mempengaruhi, tetapi yang main sendiri yang menentukan.



Tentang Penulis

Artikel Terkait