Perkembangan game online antara dahulu dan sekarang ini memang menunjukan hasil kemajuan yang sangat pesat. Jika melihat kecanggihannya mengingatkaan sesuatu yang membuat kita rindu dengan suasana yang tak tergantikan.Seperti beberapa moment-moment dibawah ini yang sudah tidak dapat lagi terulang karena tergerus perkembangan zaman.Masuknnya Nexia pada tahun 2001 merupakan awal dimulainya era game online di Indonesia. setelah itu menyusul Red Moon dan Ragnarok setahun setelahnya,Hal baru ini menjadikan setiap orang merasakan kekagumannya tersendiri karena belum pernah merasakan pengalaman bermain game dengan cara yang "secanggih" itu pada masanya.Berbeda dengan sekarang, banyaknya game yang dirilis membuat sensasi seperti dulu tidak akan dirasakan lagi karena kita sudah terbiasa melihat game dirilis secara bertebaran.Sedikitnya pilihan game yang dapat dimainkan jelas membuat suatu game lebih cepat mendapatkan popularitas dan melahirkan komunitas yang besarBerbeda dengan sekarang, banyaknya game yang ditawarkan melahirkan komunitas-komunitas kecil yang terpecah.Walaupun hampir setiap orang bisa memiliki komputer, akan tetapi mahalnya internet pada masa itu menjadikan layanan tersebut terasa premium. Tidak semua orang memiliki akses internet dirumahnya.Hal inilah yang menjadikan para gamer berdatangan ke warnet, atmosfer bermain seru bersama teman se-warnet membuat suasana terasa semakin meriah.Tapi dengan murah dan mudahnya layanan internet saat ini, membuat banyak orang dapat memainkan game online dirumah.Memang hal ini lebih memberikan kesan santai dan tenang, akan tetapi keseruan dan kebisingan bermain bersama teman tidak akan dirasakan seheboh di warnet.Zaman dulu memainkan game online hanya bisa dilakukan di PC saja, itulah yang menuntut kita untuk berdiam diri disuatu tempat dalam waktu yang lama.Berbeda dengan game mobile, karena kepraktisannya yang membuat dapat dimainkan dimana saja, bahkan gamer pun bisa melakukannya sambil tiduran di kamarnya.Pada diawal tahun-tahun kelahiran game online di indonesia, hal yang cenderung ditawarkan oleh developer game kepada calon pemainnya adalah bagaimana konsep dari permainan tersebut.Segarnya ide dan mekanisme game menjadi daya tarik bagi para gamer kala itu. Jika dibandingkan dengan sekarang, developer menjadikan grafis sebagai senjata utama untuk menarik minat para player.Konsep dan mekanisme pun cenderung tidak berbeda jauh antar satu game dengan game yang lainnya. Membuat sebagian orang enggan mencoba game baru dan lebih memilih bertahan di game sebelumnya.Nah itu dia beberapa perbedaan gamer dahulu dan sekarang. Sebenarnya jika dipikirkan lagi masih sangat banyak perbedaan yang terasa.Tapi dengan hal ini saja sudah menunjukan kemajuan sesuatu dapat menghilangkan kesan yang ‘manis’ pada suatu hal.