Baca artikel GGWP lainnya di IDN App
For
You

Lengkap! Ini Kronologi Video Pelayanan iBox yang Viral di TikTok Hingga Klarifikasinya

Minggu lalu, jagat net Indonesia dibuat bergejolak dengan unggahan video TikTok yang menampilkan pengalaman membeli produk Apple di toko iBox. Pengguna TikTok bernama Julio itu mengeluhkan pelayanan pegawai iBox hanya karena ia mengenakan pakaian sederhana.

Hal ini jadi perbincangan hangat di kalangan netizen. Pihak Erajaya selaku operator iBox pun memberikan klarifikasinya dan berusaha melakukan mediasi. Seperti apa kronologisnya?

Kritikan atau eksperimen sosial?

Popbela

Kejadian bermula saat Julio meng-upload video saat ia hendak berbelanja iPhone 12 di salah satu gerai iBox di Senayan City. Ia mengeluhkan pelayanan pegawai di sana yang dianggap kurang memuaskan, seperti penjelasan yang kurang jelas dan mengalihkan pelayanannya ke pegawai lain.

“Kronologinya pas gue masuk sama pacar gue, gue tuh harus panggil mereka dulu agar gue bisa bertanya. Pertanyaan-pertanyaan yang gue dan pacar gue tanya, jawabannya sih kurang puas ya. Menurut gw sih ogah-ogahan, menurut gue,” jelas Julio dalam video klarifikasinya pada hari Minggu, 27 Desember 2020 lalu.

Julio berpendapat bahwa pelayanan buruk itu terjadi karena ia mengenakan pakaian sederhana seperti celana pendek serta sendal. Dalam video lainnya, Julio pergi ke gerai iBox di lokasi lain untuk membuktikan bahwa gak semua gerai iBox punya pelayanan buruk.

Klarifikasi dari iBox soal video TikTok Julio

Merdeka.com

Menanggapi pendapat netizen serta video Julio tersebut, pihak Erajaya selaku operator iBox memberikan klarifikasi mereka. Mereka berterima kasih kepada Julio karena videonya menjadi bentuk evaluasi pelayanan mereka.

Namun, Erajaya juga menemukan ada perbedaan kronologis dari yang disampaikan Julio hingga bukti CCTV yang mereka pegang. Mereka juga melakukan wawancara kepada para pegawai yang terlibat saat Julio merekam video TikTok itu di hari Kamis, 24 Desember 2020.

Erajaya menyebutkan bahwa pegawai iBox terus menemani Julio mulai dari proses penjelasan produk hingga aktivasinya. “(Staf) menanyakan produk Apple yang dicari. Staf kami kemudian menawarkan untuk membantu memberikan informasi, namun kustomer diam saja. Staf kami tetap mendampingi sampai kustomer berada di booth iPhone,” tulis pihak Erajaya.

Karena terdapat perbedaan antara kronologi Julio dengan keterangan pegawai dan rekaman CCTV, Erajaya mengundang pihak Julio untuk melakukan mediasi.

Julio dan iBox akhirnya melakukan mediasi

SINDOnews

Melalui akun media sosialnya, diketahui bahwa pihak iBox dan Julio sudah bertemu untuk melakukan mediasi. “Menanggapi video yang beredar di media sosial belakangan ini, kami sudah melakukan pertemuan secara virtual dengan Pelanggan kami Bapak Julio dan seluruh permasalahan sudah terklarifikasi dan terselesaikan dengan baik,” tulis iBox melalui akun Facebook dan Instagram mereka.

Julio juga menyampaikan klarifikasinya lewat akun TikTok. “Gue mau klarifikasi soal video yang viral kemarin. Kalau pihak iBox merasa dirugikan, gue mohon maaf yang sebesar-besarnya. Ini hanya murni pendapat customer,” ujarnya.

Julio juga menambahkan bahwa ia adalah pelanggan setia iBox dan sudah sering berbelanja produk-produk Apple di sana. “Mau beli MacBook Pro Touchbar, iPad Pro, udah gitu iPhone. iPhone gue ada dua, gue beli semua di iBox. Tapi kalau tersinggung, gue minta maaf,” tutup Julio.

Menurut kamu sendiri, pelajaran apa yang bisa diambil dari kejadian ini?

Sumber: Liputan6

Share
Topics
Editorial Team
Jefri Sibarani
EditorJefri Sibarani
Follow Us