Ulang Tahun IDN Times ke-11 Dirayakan dengan Semangat #e11evatewithIDNTimes

- IDN Times merayakan ulang tahun ke-11 dengan tema #e11evatewithIDNTimes
- Program redaksi seperti Semangat Awal Tahun 2025, Jalan Pulang, Liga Debat Mahasiswa, dan Mading Explore menjadi bukti komitmen IDN Times pada jurnalisme yang bermakna dan berdampak.
- IDN Times memulai langkah strategis dalam menjangkau generasi penerus: Gen Alpha, sementara konten berformat explainer, cek fakta, dan behind the scene semakin diminati pembaca muda.
Genap berusia 11 tahun, IDN Times merayakan tonggak baru dalam perjalanannya sebagai salah satu media digital terdepan di Indonesia.
Dengan mengusung tema #e11evatewithIDNTimes, perayaan tahun ini tidak hanya menjadi selebrasi, tetapi juga refleksi akan pertumbuhan, transformasi, serta komitmen yang terus diperkuat untuk menyuarakan jurnalisme yang bermakna dan berdampak bagi generasi muda Indonesia.
Sejak pertama kali hadir pada 8 Juni 2014, IDN Times telah berkembang dari sebuah media digital yang menyasar pembaca millennial, menjadi platform yang menjangkau spektrum generasi yang lebih luas, termasuk Gen Z dan kini Gen Alpha.
Di tengah perubahan teknologi, tren media, dan dinamika sosial-politik yang kian cepat, IDN Times tetap teguh pada nilai-nilai utamanya yaitu menyampaikan informasi yang akurat, inklusif, dan relevan. Tahun ini, berbagai program redaksi menjadi bukti dari komitmen tersebut.
1. Program 11 tahun IDN Times
Program Semangat Awal Tahun 2025 yang diinisiasi oleh tim redaksi berhasil menghadirkan sejumlah menteri dan pejabat publik dalam ruang dialog yang terbuka, kritis, dan konstruktif. Tidak hanya membahas kebijakan, forum ini juga menjadi ruang bagi audiens muda untuk memahami isu-isu strategis secara langsung dari para pengambil keputusan.
Sementara itu, program Jalan Pulang kembali diselenggarakan untuk ketiga kalinya. Inisiatif ini menjadi ruang kontemplatif yang menyentuh: mengangkat cerita-cerita tentang perjalanan pulang, baik secara fisik maupun emosional, dan mengajak audiens untuk mengenali kembali makna ‘rumah’ dalam berbagai bentuknya.
Tak kalah penting, tiga program tahunan hasil inisiatif redaksi yaitu “Liga Debat Mahasiswa, dan Mading Explore” kembali digelar sebagai bagian dari perayaan HUT IDN Times. Masing-masing program memiliki fokus yang khas, Liga Debat Mahasiswa mendorong budaya berpikir kritis di kalangan kampus, dan Mading Explore menjadi ruang kolaborasi kreatif bersama komunitas dan pelajar.
"Di usia ke-11 ini, kami ingin merayakan lebih dari sekadar perjalanan waktu. Ini tentang bagaimana IDN Times terus tumbuh bersama pembaca, beradaptasi dengan zaman, dan tetap teguh pada nilai jurnalisme yang independen dan berimbang," ujar Uni Lubis, Editor-in-Chief IDN Times.
2. Harapan IDN Times di tahun ke-11

Selain memperkuat keterlibatan dengan pembaca muda, IDN Times juga memulai langkah strategis dalam menjangkau generasi penerus: Gen Alpha. Melalui program Teka Teki Gen A yang melibatkan 100 sekolah menengah pertama di DKI Jakarta, IDN Times mengajak generasi yang lahir sepenuhnya dalam era digital untuk mulai mengenal media, informasi, dan berpikir kritis sejak usia dini.
Di sisi lain, respons terhadap tren konsumsi konten juga menjadi bagian penting dari strategi redaksi. Data internal menunjukkan bahwa pembaca muda semakin menyukai konten berformat explainer, cek fakta, dan behind the scene—yang dinilai informatif, transparan, dan relevan dengan keseharian mereka. Redaksi pun terus memperkaya variasi konten ini sebagai bagian dari pengembangan editorial jangka panjang.
Menuju tahun ke-12, IDN Times menatap masa depan dengan semangat yang tak berubah, terus menjadi ruang yang aman, akurat, dan memberdayakan dalam lanskap informasi yang kian kompleks.
Di tengah tantangan disrupsi digital dan kemajuan teknologi seperti kecerdasan buatan (AI), IDN Times tetap berkomitmen menjadi suara yang berpihak pada publik, terutama generasi muda yang akan membentuk arah masa depan Indonesia.