- Mengapa Fate Trigger tetap memilih genre battle royale di tengah tren looter shooter?
Karena tim developer percaya battle royale masih punya daya tarik strategis yang kuat dan banyak ruang inovasi, terutama lewat pendekatan visual anime dan gameplay “short TTK + skill”. - Apakah konsep visual anime Fate Trigger sudah direncanakan sejak awal?
Ya. Sejak awal produksi, tim memang ingin membuat shooter yang memadukan aksi cepat dengan karakter dan estetika anime. - Apa saja inspirasi anime/manga yang memengaruhi pengembangan game ini?
Tim terinspirasi oleh berbagai seri anime dan manga, namun hanya sebagai pemicu kreativitas—bukan untuk menyalin. Tujuannya tetap menciptakan identitas orisinal Fate Trigger. - Bagaimana Fate Trigger menangani sistem gacha agar tetap fair?
Semua karakter Awakener bisa dibuka lewat gameplay. Gacha hanya untuk kosmetik tanpa efek stat, dengan drop rate dan sistem pity yang transparan. - Apakah Fate Trigger memiliki rencana esports dan roadmap jangka panjang?
Ya. Mereka akan memulai dari turnamen kecil untuk mengumpulkan feedback, lalu membangun ekosistem esports berkelanjutan. Konten baru akan dirilis tiap tiga bulan, lengkap dengan karakter, peta, mode, serta pengembangan komunitas.
Bisakah Fate Trigger Menciptakan Penyegaran di Dunia Battle Royale?

- Fate Trigger tetap bertahan dengan genre battle royale berkat elemen strategis dan visual anime yang unik.
- Konsep "short TTK + skill" dan fokus pada strategi membuat game ini berbeda dari game shooter lainnya.
- Tujuan pengembangan game ini adalah menciptakan platform untuk game shooter multi-mode.
Saat Tokyo Game Show 2025 bulan September lalu, GGWP sempat menjajal game battle royale dengan konsep anime, berjudul Fate Trigger. Dulu game ini juga dikenal dengan nama The Novita.
Game ini mengkombinasikan elemen battle royale dengan konsep hero shooter. Mungkin kamu akan teringat dengan Apex Legends.
Selama gameplay, game ini mengusung elemen-elemen yang tidak berbeda dengan game battle royale sejenis. Namun, Fate Trigger nampak mencolok berkat karakter anime-nya.
Di tengah lanskap game shooter yang bergejolak, apa yang akan dilakukan oleh Fate Trigger untuk membuatnya menarik dibandingkan game lain?
GGWP mendapatkan kesempatan untuk wawancara eksklusif dengan Terry, Lead Designer Fate Trigger dari Saroasis Studios, seputar pengembangan game ini dan rencana mereka menjelang rilis early access di tahun 2026. Simak selengkapnya di bawah ini!
Genre lama, konsep baru

Genre shooter battle royale sudah dikuasai beberapa judul game besar, dan saat ini tren game shooter mulai bergeser ke looter shooter. Apa yang membuat Fate Trigger tetap bertahan dengan genre battle royale?
Pertama, kami tidak menganggap game shooter kompetitif taktis—atau battle boyale—ketinggalan zaman.
Daya tarik utama battle royale: pengambilan keputusan strategis di lingkungan yang belum dikenal ditambah kerja sama tim, menjadi alur utama genre ini. Namun, bahkan dalam alur saat ini, masih banyak ruang untuk tampil beda.
Ambil contoh dari sisi visual. Kebanyakan game battle royale menggunakan gaya realistis atau kartun Barat, tetapi game shooter bergaya anime sebenarnya cukup sulit ditemukan.
Dari segi gameplay, jarang ditemukan hero shooter battle royale yang menggabungkan konsep "short TTK (time to kill, berapa waktu penyerang membunuh lawannya) + skill", yang punya fokus kuat pada strategi.
Kami yakin masih ada potensi dalam genre ini yang belum sepenuhnya dieksplorasi. Kami telah melalui beberapa siklus demo dan pengujian, dan tim kami merasa Fate Trigger adalah game yang unik dan benar-benar menyenangkan.
Rasa cinta yang kami terima dari para pemain juga menjadi motivator yang sangat besar, dan memberi kami keyakinan untuk tetap mempertahankan visi game kami.
Meskipun demikian, kami tidak akan membatasi diri hanya pada genre battle royale di masa mendatang. Saat ini, kami sudah mengembangkan mode-mode baru.
Tujuan kami adalah menciptakan platform untuk game shooter multi-mode, dan terus menghadirkan berbagai pengalaman bermain yang menarik.
Pengaruh anime di Fate Trigger

Apakah konsep visual anime Fate Trigger sudah ditentukan sejak awal produksi game?
Konsep ini sudah diputuskan sejak awal, dan ini bukan sesuatu yang kami ubah di tengah jalan. Sebagian besar dari kami di tim ini adalah penggemar berat game shooter dan anime.
Kami tumbuh besar dengan game dan acara TV seperti ini, dan kami selalu punya obsesi, "Kenapa tidak ada game yang memadukan keseruan game shooter dengan daya tarik karakter anime?"
Jadi, inti dari proyek Fate Trigger adalah menciptakan "game shooter yang benar-benar dapat dinikmati oleh para pecinta anime."
Semua yang kami lakukan, mulai dari desain karakter hingga konsep dunia dan visual-nya, berpusat pada satu tujuan itu.
Apakah ada judul anime/manga yang jadi influence bagi kalian saat mengembangkan game ini?
Tentu saja. Banyak anggota tim kami merupakan penggemar berat anime sejak kecil, Itulah salah satu alasan utama kami memutuskan untuk membuat Fate Trigger.
Karena itu, kami tentunya terpengaruh oleh berbagai macam seri anime dan manga selama proses kreatif. Selera tim kami juga sangat beragam, dan kami selalu saling merekomendasikan anime untuk dinikmati.
Meski begitu, kami tidak hanya menyalin atau mengambil latar dari karya tertentu. Sebaliknya, kami menggunakan inspirasinya untuk mendorong ide-ide orisinal kami sendiri, Sehingga kami menciptakan sesuatu yang unik dan khas Fate Trigger.
Easy to play, hard to master
Di samping visual anime, apa yang membuat Fate Trigger spesial?
Gameplay dan karakter jelas merupakan dua keunggulan unik kami. Seperti yang sudah saya sebutkan, pertarungan kami berfokus pada konsep "short TTK + skill".
Kami tidak mengikuti jejak game hero shooter mainstream lainnya yang hanya berfokus pada long TTK dan skill mekanik semata. Dengan short TTK, kemenangan lebih bergantung pada bagaimana pemain membuat strategi sebelum pertarungan.
Misalnya, kalian bisa menggunakan skill scan Huxley untuk menemukan musuh, lalu menggabungkannya dengan skill jump Ryoin untuk bersembunyi di belakang mereka.
Jadi, meskipun bidikan tembakan tidak sempurna, pemain tetap bisa menang dengan taktik yang baik. Nuansa 'strategi-utama' ini sangat berbeda dari yang ada di game lain.
Sedangkan untuk karakter, mereka adalah inti dari IP kami. Di Fate Trigger, setiap karakter memiliki cerita yang menyeluruh, dimana kami menyebut mereka 'Awakener'. Kami bahkan membangun sistem cerita ke dalam game untuk memberi mereka lebih banyak ruang untuk bersinar.
Pemain dapat menjelajahi rahasia dunia bersama para Awakener dan membangun ikatan sejati dengan mereka. Ikatan emosional semacam itu jarang ditemukan di game shooter.
Dari sisi gameplay, apakah game ini tergolong kasual atau hardcore?
Kami ingin mencapai titik ideal di mana game ini "mudah dipelajari, tetapi cukup mendalam untuk dikuasai."
Bagi pemain kasual, short TTK menurunkan tingkat kesulitan. Pemain tidak perlu melakukan grinding untuk menguasai spray pattern atau recoil.
Pemain bisa menguasai game ini dengan menyiapkan strategi ambush atau menggunakan skill dengan baik. Kami juga menyederhanakan hal-hal seperti looting dan manajemen inventaris agar pemain baru dapat langsung bermain.
Bagi pemain hardcore, terdapat banyak elemen kompetitif di game ini. Mulai dari kombo skill, pemanfaatan medan peta, dan intensitas tinggi mode Ranked, mode ini memuaskan tuntutan player level tinggi.
Pada dasarnya, 'strategi' adalah kuncinya. Baik itu pemain kasual maupun kompetitor hardcore, kami ingin semua pemain bersenang-senang.
Gacha menjanjikan kekuatan?
Banyak gamer yang saat ini cukup kritis dengan fitur gacha, baik dari sisi persentase drop sampai sistem pity. Bagaimana Fate Trigger akan menyikapi hal ini?
Pertama-tama, seputar monetisasi, aturan kami sederhana: 'Utamakan fairness, keterbukaan, dan transparasi.'
Seputar fairness, segala hal yang memengaruhi gameplay, seperti karakter Awakener, dapat dibuka hanya dengan memainkan game ini.
Pemain bisa membayar untuk mendapatkan karakter lebih cepat, tetapi kami tidak akan pernah mengunci karakter kuat di balik fitur gacha.
Fitur facha dikhususkan untuk item kosmetik. item gacha ini tidak memiliki penambahan statistik karakter dan tidak akan memengaruhi keseimbangan permainan.
Untuk transparasi, kami akan menjelaskan secara rinci cara mendapatkan item, baik di dalam game maupun di kanal resmi kami. Kami akan menunjukkan aturan sistem pity dan tingkat drop rate yang sebenarnya kepada publik.
Fate Trigger tak akan memaksa pemain untuk mengeluarkan uang. Gacha ini hanya untuk skin serta kosmetik, dan tidak akan mengubah cara bermain game ini.
Ranked dan esports

Sebelumnya sempat disebutkan adanya mode Ranked. Bisa dijelaskan lebih lanjut bagaimana mode ranked ini bekerja?
Kami sebenarnya telah menguji mode Ranked kami dalam CBT terakhir, dan umpan baliknya sangat bagus. Namun karena jumlah pemain dibatasi selama uji coba tertutup, kami harus menjadikannya event dengan waktu terbatas setiap harinya.
Banyak pemain meminta kami untuk membukanya lebih lama. Jadi, untuk peluncuran Akses Awal di masa mendatang, kami berencana untuk membukanya setiap saat, 24 jam sehari.
Mode ini akan berjalan secara musiman, dan bagi pemain tingkat atas yang mencapai rank tinggi, kami akan menyediakan hadiah musiman spesial yang menanti mereka.
Game battle royale sangat identik dengan esports. Apakah kalian punya rencana mengembangkan game ini ke arah sana?
Kami memang punya rencana, tapi kami melakukannya selangkah demi selangkah. Kami tidak mau terburu-buru memaksakan sesuatu.
Sebagai permulaan, kemungkinan besar kami akan menyelenggarakan beberapa turnamen kecil di wilayah-wilayah penting seperti Asia Timur dan Asia Tenggara.
Kami ingin memanfaatkan turnamen ini untuk mendapatkan masukan dari para pemain dan pro player agar kami dapat menyempurnakan aturan, meningkatkan pengalaman penonton, dan memperbaiki masalah balance.
Setelah fondasinya kokoh, kami akan mendorong penyelenggaraan event resmi yang skalanya lebih besar.
Kami tidak tertarik mengejar hype jangka pendek. Tujuan kami adalah membangun scene esports yang benar-benar ingin ditonton dan diikuti oleh orang-orang.
Ekosistem ini perlu memiliki strategi yang mendalam bagi para pro player, tetapi tetap mudah dipahami dan menyenangkan bagi penonton. Kami ingin membangun ekosistem esports yang berkelanjutan.
Rencana jangka panjang Fate Trigger

Apa rencana jangka panjang Fate Trigger, dan bagaimana kalian membuat game ini sustainable di masa depan?
Kunci dari rencana jangka panjang kami adalah peningkatan berkelanjutan melalui pembaruan konten dan membangun komunitas.
Pertama, di sisi konten, kami berkomitmen untuk melakukan pembaruan rutin. Kami menargetkan pembaruan musim baru setiap tiga bulan, yang akan dilengkapi dengan karakter, peta, dan mode baru.
Untuk IP Fate Trigger, kami akan terus merilis video karakter dan komik untuk menyempurnakan dunianya. Kami juga mencari crossover IP yang tepat, sehingga pemain dapat melihat seri lain yang mereka sukai di dalam game kami.
Kedua, di sisi komunitas, kami ingin membangun komunitas bersama-sama. Kami akan terus mendengarkan masukan pemain dan menggunakannya untuk memperbaiki dan meningkatkan berbagai hal.
Hal ini pun sama seperti bagaimana kami meningkatkan performa dan keseimbangan karakter berdasarkan masukan dari pemain sebelumnya.
Kami benar-benar ingin Fate Trigger berkembang bersama para pemain kami dan menjadi game yang akan selalu dimainkan.
Menjelang perilisan early access di Q1 2026, apa kalian punya pesan-pesan kepada para fans yang sudah menunggu game ini atau yang sudah bermain sejak CBT?
Pertama-tama, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua orang. Baik itu masukan yang kalian kirimkan selama CBT maupun kesabaran kalian dalam menunggu, memberi kami semangat untuk terus maju.
Kami tahu fase CBT Fate Trigger memiliki beberapa kekurangan, seperti masalah performa dan penyesuaian gameplay yang perlu dilakukan.
Tim kami telah bekerja keras sejak saat itu, untuk memperbaiki dan mengoptimalkan berbagai hal berdasarkan masukan kalian, karena kami ingin memberikan kalian pengalaman yang benar-benar sempurna saat early access diluncurkan.
Pada kuartal pertama tahun 2026, kami akan menghadirkan Fate Trigger yang penuh semangat. Saya juga berharap kalian akan terus menjadi 'co-creator' kami.
Apakah kalian ingin memuji atau mengolok-olok kami, kami ingin mendengar semuanya dari teman-teman komunitas. Saya tidak sabar untuk bertarung bersama kalian di pulau-pulau terapung dan menjelajahi dunia ini bersama-sama!
FAQ



















