Kisah Kuda Terbang Esports, Dari Juara Turnamen H3RO Esports Hingga Tampil di IESF

Turnamen H3RO Esports 4.0 akan segera dimulai. Sebagai pemenang kompetisi yang lalu, Kuda Terbang Esports berbagi kisah mereka kepada GGWP.ID.
Sebagai tim asal Medan, Kuda Terbang Esports tidak pernah menyangka bisa menjadi juara kategori PUBG Mobile pada turnamen H3RO Esports 3.0 yang diadakan oleh Tri Indonesia.
Yang lebih tidak disangka lagi, kompetisi tersebut merupakan kualifikasi untuk masuk ke dalam pelatnas IESF 2022 Bali.
Bertanding bersama tim luar negeri di Pulau Dewata, Kuda Terbang Esports yang mewakili Indonesia ini mampu finis di posisi ke-5.
Seperti apa pengalaman Kuda Terbang Esports di kompetisi H3RO Esports dan IESF 2022? GGWP.ID berkesempatan untuk mewawancarai salah satu pemain Kuda Terbang Esports, yaitu Bagus Syuhada Ginting / AgeCuek. Simak wawancara lengkapnya berikut ini!
Pengalaman bertarung di IESF 2022

- Bagaimana awal terbentuknya tim Kuda Terbang Esports?
Tim kami terbentuk jauh sebelum Kuda Terbang. Kami sudah satu tim dari tahun 2020. Kemudian kami main di Medan dan beberapa kali juara.
Akhirnya di tahun 2021 kami dikontak oleh tim Kuda Terbang. Kami diajak, “Mau nggak trial di Kuda Terbang?”
Kami dikasih challenge dan kami berhasil, kemudian kami dikasih kontrak oleh pihak Kuda Terbang.
- Seperti apa pengalaman kalian bertanding dengan tim-tim dari luar negeri di IESF 2022?
Experience-nya luar biasa mengingat kami belum pernah sama sekali bermain di turnamen kelas internasional.
Tidak disangka, kami berhasil lolos mewakili Indonesia untuk bermain di IESF itu luar biasa. Seru tapi menegangkan juga.
Banyak cemasnya juga karena kami takut tidak bisa memenuhi harapan di luar sana.
- Kalian berhasil menjadi juara 5 di IESF 2022, seperti apa tantangan melawan tim-tim tangguh dari luar negeri?
Dari mekanik kami akui beda. Kemudian dari gameplay negara lain dengan Indonesia juga beda. Itu jadi salah satu tantangan saat bertanding di IESF 2022.
Awal kisah Kuda Terbang Esports dari turnamen H3RO Esports 3.0

- Kuda Terbang Esports lolos ke IESF 2022 melalui turnamen H3RO Esports 3.0. Hal apa yang membuat kalian tertarik mengikuti kompetisi ini?
Hal yang membuat kami tertarik itu karena turnamen H3RO Esports merupakan kompetisi besar dengan skala nasional. Apalagi di tahun 2023 ini lebih luas lagi, hingga ke pelosok.
Saya rasa setiap player dari daerah pasti cita-citanya ingin menjuarai kompetisi skala nasional. Terlepas setelah turnamen H3RO Esports kami dipanggil pelatnas, itu jauh di luar ekspektasi kami.
Yang jelas kenapa kami main di turnamen H3RO Esports karena kami merasa jadi juara di turnamen ini adalah mimpi kami sebagai player daerah.
- Siapa sosok yang menjadi inspirasi kalian untuk mengikuti kompetisi ini?
Kemarin waktu final turnamen H3RO Esports 3.0, kami dipertemukan dengan tim profesional. Kami sebagai tim daerah merasa bangga bisa bersaing dengan tim-tim pro Indonesia.
- Seberapa sulit persaingan yang kalian hadapi di turnamen H3RO Esports 3.0, mengingat ada banyak sekali tim profesional yang berpartisipasi di dalamnya?
Menurut saya, secara teknik, antara kami dan mereka tak terlalu jauh perbedaannya.
Kami hanya tertinggal dari pengalaman. Mereka sudah main di level dunia dan Asia, kami tertinggal dari pengalaman itu.
Selain itu dari segi kesiapan mereka jauh lebih disiplin daripada kami.
- Selama mengikuti turnamen H3RO Esports 3.0 hingga IESF 2022, seperti apa bentuk dukungan yang kalian terima dari Tri Indonesia maupun pihak lainnya?
Kami lolos kualifikasi seleknas melalui turnamen H3RO Esports. Ini sesuatu yang ada di luar ekspektasi, ternyata dari turnamen H3RO Esports membantu kami untuk lolos kualifikasi seleknas IESF.
Kemudian Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) sangat support dengan mengadakan pelatnas selama 2 minggu.
Kami diberangkatkan dari Medan menuju Jakarta, serta disediakan fasilitas yang mendukung untuk latihan.
Kami diberikan device, diberangkatkan ke Bali untuk IESF, sampai pulang kembali ke Medan, semua di-support oleh PB ESI.
Pasca IESF, dan target baru Kuda Terbang Esports

- Setelah mengikuti turnamen H3RO Esports 3.0 dan IESF 2022, apakah ada hikmah yang dirasakan atau hal-hal yang kalian pelajari?
Experience-nya, sekarang kami lebih siap dari segi mental. Dulu kami pengalamannya kurang dan setelah mengikuti turnamen H3RO Esport dan IESF berlalu, mental kami jauh lebih kuat.
Kami nggak lagi gugup menghadapi turnamen besar. Saya rasa hikmah paling besarnya ada di situ.
- Setelah ini, kompetisi apa yang akan diikuti Kuda Terbang Esports untuk tahun ini?
Sejauh ini Kuda Terbang selalu mengikuti semua turnamen. Selagi dibuka untuk umum dan berskala nasional, kami pasti akan ikut.
- Turnamen H3RO Esports 4.0 akan segera diselenggarakan, sebagai salah satu pemenang apa harapan kalian untuk event kali ini?
Kami berharap final-nya bisa diadakan secara offline. Kami sebagai pegiat esports mulai kangen dengan suasana offline.
Di turnamen H3RO Esports 3.0 kemarin masih main online di tempat masing-masing. Harapannya kali ini bisa diadakan secara offline.
- Apa kalian punya tips untuk teman-teman yang ingin mengikuti turnamen H3RO Esports 4.0, maupun teman-teman lain yang ingin terjun ke dunia esports?
Dari saya pribadi, yang pertama saya lakukan adalah main terus menerus untuk mencari passion. Apakah passion kita ada di sini? Apa kita senang di game ini?
Dari pengalaman saya, semua game online saya jalani. Tapi kenapa saya sekarang di PUBG? Itu terjadi setelah sekian banyak match yang saya jalani.
Tipsnya untuk bisa sampai di sini adalah konsisten dari awal ingin bermain di mana, serta disipin. Disiplin adalah kunci yang paling utama.
Dan yang terakhir, ekosistem pendukung. Misalnya, jaringan yang stabil untuk berlatih itu penting, kuota dan Diamond untuk push rank itu penting.
Seperti Tri dan H3RO, ekosistem pendukung esports player yang lengkap, apalagi sekarang ada isi ulang paket data H3RO Pro yang sudah dilengkapi Diamond MLBB, jadi bisa lebih hemat juga.
Untuk para esports player bisa juga beli kartu perdana H3RO dari Tri di perdana.tri.co.id atau beli isi ulangnya di bima+, 3Store, dan ecommerce.