Behind the Scene NAVI MLBB Indonesia Bersama GM Jonathan Yuwono: Punya Ambisi Top 2!

Mari kita mengungkap behind the scene NAVI MLBB Indonesia lewat wawancara bersama General Manager NAVI Jonathan Yuwono.
Setelah mengungkap roster untuk divisi MPL dan MDL, NAVI akhirnya membuka lebih luas pintunya lewat acara komunitas NAVI NATION pada 23 Februari 2025 kemarin.
Seluruh player tampil mencolok dengan seragam serasi, mulai dari jersey, jaket, celana, hingga sepatu Saucony yang di-provide oleh tim.
Acara ini dibuka lewat pesan video yang disampaikan oleh COO NAVI Aleksey “xaoc” Kucherov secara online.
“Saya sangat senang NAVI berbagung dengan MPL Indonesia. Kami akan memberikan segalanya untuk menjadi juara, dan dengan dukungan kalian kita bisa mewujudkannya,” ujar xaoc.
Tidak hanya memperkenalkan player, coaching staff, serta talent, tim manajemen yang diwakili General Manager Jonathan Yuwono juga hadir.
Acara NAVI NATION adalah kesempatan bagi fans untuk mengenal NAVI lebih dekat, tidak hanya dari sisi pemain namun juga hal menarik di balik layar.
Untuk mengungkap lebih lebar behind the scene NAVI MLBB Indonesia, simak wawancara bersama GM Jonathan Yuwono dalam artikel berikut ini.
Behind the Scene NAVI MLBB Indonesia

Kenapa Rebellion Esports memutuskan untuk rebranding menjadi NAVI?
Aku merasa NAVI dan Rebellion Esports, kami sama-sama mempunyai visi dan misi yang sama, yaitu bisa menang dan bisa juara.
Tapi mungkin, cara sebelumnya yang RBL gunakan sudah berubah. Karena untuk NAVI sebagai tim yang cukup terkenal dan cukup besar, kita punya tujuan setiap season pasti top 2.
Ini bukan maksudnya RBL sebelumnya tidak punya niat untuk top 2, tapi caranya untuk mendapatkan top 2 jelas berubah banyak.
Bagaimana Rebellion melakukan pendekatan kepada NAVI untuk melakukan akuisisi?
Sebenarnya bukan Rebellion yang pitching kepada NAVI, tapi NAVI yang pitching kepada Rebellion.
Kalau kita ngomong mobile game di dalam esports, tentu salah satu yang terbesar adalah Mobile Legends. Kalau kita ngomong di Asia Tenggara atau Indonesia, tentu MLBB.
Jadi, dari NAVI beberapa tahun atau season lalu sudah melihat Mobile Legends cukup menarik, dan mereka mau ada tim (MLBB).
Jadi sebenarnya bukan RBL yang pitching kepada NAVI, tapi lebih ke NAVI yang coba pitching ke RBL.

Sejak kapan NAVI melakukan pendekatan kepada Rebellion?
Mereka perkenalan sejak awal tahun 2024. I think mungkin bulan Mei-Juni baru mulai pembicaraan yang cukup dalam.
Kita ngomong commercial terms, dari situ setelah ada kesepakatan kita lanjut ke MoU/LoI, semuanya cukup lancar.
Karena, sudah kelihatan NAVI memang serius. Dari pihak RBL juga tertarik, jadi cukup mulus.
Apa yang NAVI lihat dari Rebellion sehingga tertarik melakukan akuisisi?
Dari NAVI, setiap perusahaan atau organisasi yang mereka akuisisi sebenarnya ada dua tujuan.
Satu, dari business side. Secara bisnis, RBL cukup bagus untuk mereka dari manajemen dan sistem di dalam perusahaan.
Kedua, kita punya visi dan misi tetap sama. Kita cuma mau menang, kita cuma mau juara. Cuman mungkin caranya agak berbeda dari sebelumnya.
Apa support yang diberikan NAVI pusat ke NAVI MLBB untuk achieve tujuan kalian di MPL ID?
Untuk support, mereka cukup support. Tentu dari dana juga ada support, dari merchandise juga support.
Bisa kelihatan juga semua pemain ada seragam, sepatu, jaket dan sebagainya. Dari social media pun juga support.
Untuk pengumuman NAVI, kita juga didatangi dari Ukraina dan Polandia. Tiga orang datang ke sini dan bantu kita shooting kontennya.