Baca artikel GGWP lainnya di IDN App
For
You

EKSLUSIF: Insight Minggu Awal MPL ID S15 Bersama Esports Charts

esports-charts-mpl-id-s15-featured.jpg
Pembukaan MPL ID S15. (Dok. GGWP)
Intinya sih...
  • Viewership minggu pertama MPL ID S15 mengalahkan dua musim sebelumnya dari seluruh metrik kunci, dengan perkembangan yang cukup signifikan.
  • Debut NAVI di dalam game baru pastinya akan memunculkan rasa penasaran bagi para fans hardcore-nya, namun sulit diterima sebagai alasan pertumbuhan viewership MPL ID.
  • Dalam recap minggu pertama kami, ONIC Esports berhasil menarik perhatian penonton secara signifikan dan hampir mendekati RRQ Hoshi yang menjadi tim paling populer di MPL Indonesia.

GGWP kembali bekerja sama dengan Esports Charts untuk menyajikan insight menarik soal minggu pembuka MPL ID S15.

MPL ID season 15 telah berjalan sepanjang 2 minggu. Dari hasil tersebut, ada banyak hal menarik yang patut kita amati dan telaah.

Bersama Lead Esports Editor Esports Charts, Alexey Borisov, simak wawancara eksklusif yang mengupas fakta-fakta menarik seputar angka viewership MPL ID S15.

Debut NAVI, dan lengsernya ONIC di 2 minggu awal

esports-charts-mpl-id-s15-1.jpg
Alexey Borisov dari Esports Charts mengamati perkembangan viewership MPL ID S15. (Berbagai sumber)

Di minggu-minggu awal MPL ID S15, seberapa menonjolnya angka viewership yang mengemuka?

Pembukaan season 15 lebih sesuai jika dibandingkan dengan season 13, dimana keduanya diadakan di awal tahun kompetitif. Meski demikian, dalam kasus ini perbedaannya tidak begitu relevan.

Statistik minggu pertama MPL ID season 15 mengalahkan dua musim sebelumnya dari seluruh metrik kunci, dengan perkembangan yang cukup signifikan. Dari sisi peak viewership dan rata-ratanya, terdapat peningkatan yang substansial, dengan petumbuhan mencapai puluhan ribu view.

Season kali ini menandai debut dari cabang Indonesia Natus Vincere, yang mengakuisisi Rebellion Esports. Apakah kemunculan NAVI berhasil meningkatkan viewership MPL ID?

Debut NAVI di dalam game baru pastinya akan memunculkan rasa penasaran bagi para fans hardcore-nya. Namun, menjadikan NAVI sebagai alasan pertumbuhan viewership MPL ID adalah sesuatu yang sulit diterima.

Meski demikian, ada banyak hal yang dapat NAVI nikmati, dimana mereka mendapatkan ratusan ribu engagement dari penonton Asia Tenggara. Hal ini akan membuka banyak kesempatan baru bagi tim ini.

Di saat bersamaan, juara favorit ONIC Esports mengalami rangkaian kekalahan di minggu awal. Bagaimana performa mereka mempengaruhi viewership MPL ID?

Dalam recap minggu pertama kami, ONIC Esports berhasil menarik perhatian penonton secara signifikan. Di akhir minggu pembuka, viewership pertandingan mereka hampir mendekati RRQ Hoshi yang menjadi tim paling populer di MPL Indonesia.

Perhatian tim esports global kepada MPL ID

Statistik minggu pertama MPL ID S15. (Esports Charts)
Statistik minggu pertama MPL ID S15. (Esports Charts)

Dengan semakin banyaknya tim esports internasional yang mendirikan divisi mereka di MPL ID, apakah kemunculan mereka mampu meningkatkan penonton luar negeri?

Untuk saat ini, masih terlalu dini untuk mengambil kesimpulan. Sebagai contoh, viewership rata-rata dari siaran berbahasa Inggris kurang lebih identik dengan minggu pembuka season 14.

Tapi di sisi lainnya, peak viewership dari siaran berbahasa Inggris meningkat hampir dua kali lipat. Meskipun ini bukanlah metrik yang sangat penting, mari kita pantau perkembangannya.

Berdasarkan data viewership minggu pertama, apakah ada prediksi seputar perkembangan viewership MPL ID S15?

Kami belum berani membuat prediksi saat ini. Sebagaimana turnamen esports pada umumnya, faktor-faktor ini akan dipengaruhi oleh seberapa jauh tim favorit fans bisa melaju di turnamen ini.

Jika tim paling populer bisa mencapai babak akhir, maka rekor viewership baru bisa saja dipecahkan.

Di samping bahasan di atas, apakah ada hal lain yang patut diperhatikan seputar MPL ID S15?

Untuk meningkatkan jumlah viewership, siaran di TikTok memegang kunci yang sangat penting. Hal ini dikarenakan audiens MPL ID di platform tersebut telah berkembang pesat pada tahun ini dan membuat banyak dobrakan.

Share
Editor’s Picks
Topics
Editorial Team
Mecca Medina
EditorMecca Medina
Follow Us