Menyebut RRQ Hoshi sebagai kunci yang menentukan jumlah viewership MPL ID S14 bukan isapan jempol belaka.
Bahkan, posisi finis RRQ sendiri kerap kali menjadi penentu seberapa ramai dan pecahnya turnamen MPL ID.
Seri MPL ID | Posisi RRQ | Peak Viewer | Jam Ditonton |
Season 14 | 1 (regses) | 2,4 juta (regses) | 81,8 juta (regses) |
Season 13 | 5-6 | 2,2 juta | 110 juta |
Season 12 | 4 | 2,1 juta | 116 juta |
Season 11 | 4 | 1,8 juta | 73 juta |
Season 10 | 2 | 2,3 juta | 80 juta |
Jika melihat tabel di atas, pada S10 RRQ finis di posisi 2 dan meraih 2,3 juta peak viewer serta 80 juta jam ditonton.
Pada 3 season selanjutnya, RRQ tidak berhasil mencapai babak grand final. Meskipun dari sisi jam ditonton terdapat tren kenaikan, namun angka peak viewer tidak bisa mengalahkan rekor S10.
Namun di S14, dengan membaiknya performa RRQ Hoshi, MPL ID berhasil memecahkan rekor peak viewer di angka 2,4 juta orang. Bahkan ini pun belum mencapai babak final.
Maka dari itu, cukup masuk akal jika RRQ Hoshi memegang kunci dalam berkembangnya viewership MPL ID di S14 ini.
Fanbase Kingdom yang besar, ditambah performa gacor RRQ di tangan Khezcute membuat para fans optimis untuk menduking tim mereka.
Namun selain RRQ Hoshi, tim lainnya seperti Team Liquid, Fnatic ONIC, dan Bigetron Alpha juga memiliki andil dalam meningkatkan viewership MPL ID S14.
Season kali ini bisa dibilang sangat kompetitif, jauh melebihi season sebelumnya, dengan berbagai momen rise and fall dari tim-tim tangguh MPL ID.
“Dengan banyaknya tim-tim kuat yang melaju ke babak playoff, kemungkinan memecahkan rekor tersebut sangat besar,” pungkas Horbunov.