Kenali Istilah Tick Rate dalam Esport Lebih Dalam!

Jika kamu sering bermain game First person Shooter, kamu pasti sering mendengar istilah tick rate. Sederhananya, tick rate merupakan bentuk pembaharuan data dari server yang dihitung dan diukur dalam satuan hertz (Hz).
Lalu, apa pengaruhnya terhadap permainan? Nah, untuk lebih detailnya, mari kita simak penjelasan berikut ini.
Apa Itu Tick Rate?

Di dalam permainan Esports, tick rate merupakan frekuensi saat server memproses pembaharuan yang diukur dalam satuan hertz. Istilah ini lebih mengacu kepada berapa kali informasi dalam game diperbaharui setiap detiknya.
Semakin tinggi tick rate, semakin cepat pula pemain mendapatkan pembaharuan dari server. Dengan proses pembaharuan yang cepat, permainan akan terasa lebih lancar dan responsif.
Pembaharuan yang dilakukan oleh server juga mencakup registrasi pukulan, kelancaran gerakan, dan parameter lainnya. Selain itu, adanya perbedaan pada tingkatan waktu pembaharuan juga dapat memengaruhi jalannya permainan, lho.

Umumnya, game yang menuntut adanya persaingan di dalamnya, akan menggunakan tick rate tinggi agar dapat memberikan pengalaman bermain yang responsif dan akurat bagi para pemain.
Esports dengan Tick Rate Tertinggi

Pada beberapa game Esports, terdapat perbedaan kecepatan pembaharuan dari masing-masing jenis permainan.
- Call of Duty 20 Hz
- League of Legends 30 Hz
- Dota 2 30 Hz
- PUBG Mobile 60 Hz
- Counter-Strike 64 Hz
- Valorant 128 Hz
Proses yang terjadi di dalam tick rate akan melibatkan tiga hal, yakni mengumpulkan informasi pemain yang masuk, melakukan perhitungan berdasarkan informasi yang didapatkan, serta mengirim kembali informasi yang telah dihitung kepada pemain.
Oleh sebab itu, tick rate menjadi salah satu aspek yang penting untuk meningkatkan pengalaman bermain para penggunanya.
Meskipun begitu, beberapa sumber menyebutkan bahwa istilah tick rate tidak terlalu memberikan perbedaan yang signifikan dalam permainan.
Terutama, jika kamu memperhitungkan faktor lain seperti natural fire spread, kesalahan recoil control, hingga pergerakan pada penembak dan targetnya, perbedaan antara 64 Hz dengan 128 Hz tidak akan terlalu terasa.
Bagaimana? Apakah informasi di atas cukup membuat kamu memahami definisi tick rate beserta pengaruhnya di dalam permainan?