Sumber: www.counter-strike.net
Pada beberapa game Esports, terdapat perbedaan kecepatan pembaharuan dari masing-masing jenis permainan.
- Call of Duty 20 Hz
- League of Legends 30 Hz
- Dota 2 30 Hz
- PUBG Mobile 60 Hz
- Counter-Strike 64 Hz
- Valorant 128 Hz
Proses yang terjadi di dalam tick rate akan melibatkan tiga hal, yakni mengumpulkan informasi pemain yang masuk, melakukan perhitungan berdasarkan informasi yang didapatkan, serta mengirim kembali informasi yang telah dihitung kepada pemain.
Oleh sebab itu, tick rate menjadi salah satu aspek yang penting untuk meningkatkan pengalaman bermain para penggunanya.
Meskipun begitu, beberapa sumber menyebutkan bahwa istilah tick rate tidak terlalu memberikan perbedaan yang signifikan dalam permainan.
Terutama, jika kamu memperhitungkan faktor lain seperti natural fire spread, kesalahan recoil control, hingga pergerakan pada penembak dan targetnya, perbedaan antara 64 Hz dengan 128 Hz tidak akan terlalu terasa.
Bagaimana? Apakah informasi di atas cukup membuat kamu memahami definisi tick rate beserta pengaruhnya di dalam permainan?