Update Besar Corki di Patch League of Legends 14.10, Rilis Mei!

Update patch League of Legends 14.10 akan hadir dengan perubahan besar yang resmi rilis pada 15 Mei nanti.
Patch ini menandai update pertengahan musim yang akan mengubah banyak hal dengan penyesuaian pada champion, item, rune, dan ranked play.
Berikut ini perubahan yang terjadi di update patch kali ini!
Item ADC Dirombak

Perubahan terbesar yang hadir di Patch 14.10 adalah perombakan menyeluruh item AD Carry (Attack Damage Carry).
Menyadari bahwa ADC tertinggal dari role lain, Riot Games bertujuan untuk mengembalikan mereka ke jalur yang benar.
Semua item critical strike berkualitas Legendaris kini akan memberikan tambahan lima persen critical strike chance, sementara semua item AD akan dibatasi hingga maksimal dua stat yang menskala.
Rune Predator dan Lethal Tempo Dihapus
Dua rune, Predator dan Lethal Tempo, akan dihapus dari game di Patch 14.10. Karena dampak Predator dianggap sedikit, sementara dominasi Lethal Tempo dalam strategi champion tertentu dianggap tidak sehat untuk keseluruhan gameplay.
Split 2 Ranked Season Dimulai
Patch 14.10 juga menandai awal Split 2 untuk ranked season 2024. Split 2 akan berlangsung hingga sekitar bulan September.
Update Patch League of Legends 14.10

Berikut daftar lengkap tentang update patch terbaru kali ini!
Corki
- Kesehatan dasar meningkat dari 610 (+103) menjadi 640 (+100).
- Regenerasi mana meningkat dari 0.55 menjadi 0.70.
- Serangan fisik dasar menurun dari 61 menjadi 55.
- Armor dasar sedikit meningkat dari 28 (+4.7) menjadi 30 (+4.5).
- Kecepatan serangan dasar sedikit meningkat dari 0.638 menjadi 0.644.
- Jangkauan serangan normal sedikit meningkat dari 500 menjadi 550.
- Kemampuan “Package” dihapus.
- Pasif baru memberikan 15% serangan fisik sebagai true damage tambahan. Efek ini berlaku untuk critical strike dan spellblade procs.
- Q – Phosphorous Bomb
- Kecepatan misil meningkat dari 1000 menjadi 1100.
- Waktu tempuh minimal misil berkurang dari 0.25 detik menjadi 0.227 detik.
- Cooldown berkurang dari 8 detik menjadi 9-7 detik di semua level.
- Biaya mana berkurang dari 60-100 menjadi 60-80.
- Damage dasar berkurang dari 75-255 menjadi 70-230.
- Penskalaan damage serangan fisik meningkat dari 70% menjadi 120%.
- Penskalaan damage ability power meningkat dari 50% menjadi 70%.
- W – Valkyrie
- Jarak minimal penggunaan Valkyrie sekarang 300 unit (jarak maksimum tetap 600).
- Kecepatan tick (pengeluaran damage) ditingkatkan dari 0.25 detik menjadi 0.5 detik (total damage tidak berubah).
- Biaya mana meningkat dari 80 menjadi 80-100 di semua level.
- E – Gatling Gun
- Cooldown berkurang dari 16 detik menjadi 12 detik.
- Biaya mana meningkat dari 50 menjadi 50-70 di semua level.
- Tipe damage berubah dari 50% physical dan 50% magic menjadi 100% physical damage.
- Total damage berkurang dari 120-320 + 240% base attack damage menjadi 100-300 + 200% base attack damage.
- Efek shred armor dan magic resist meningkat dari 8-20 menjadi 12-24.
- R – Missile Barrage
- Tipe damage berubah dari magic damage menjadi physical damage.
- Biaya mana meningkat dari 20 menjadi 35.
- Maksimum amunisi berkurang dari 7 menjadi 4.
- Amunisi awal dari level 1 meningkat dari 1 menjadi 2.
- Waktu pengisian amunisi kosong ditingkatkan dari 12-10 detik menjadi 20 detik di semua level.
- Serangan normal ke champion musuh mengembalikan waktu pengisian amunisi 2-4 detik (tergantung critical strike chance).
- Penskalaan damage serangan fisik ditingkatkan dari 25%/50%/75% menjadi 70% bonus attack damage di semua level.
- Penskalaan damage ability power dihapus.
Buff pada Champion Lainnya
- Cho’Gath: Peningkatan damage E (Feasts) terhadap monster netral. Peningkatan ini akan berguna terutama saat farming jungle.
- Jax: Tidak ada perubahan efek, namun radius indikator jarak R (Unrelenting Force) dikurangi agar lebih akurat.
- Nocturne: Peningkatan lebar indikator jarak tembakan Q (Duskbringer) agar lebih informatif.
- Sett: E (Haymaker) kini memberikan 100 bonus damage ke monster, mempercepat clear jungle.
- Skarner:
- Peningkatan damage keseluruhan Q (Fracture) terhadap turret, mempercepat menghancurkan turret.
- Pengurangan cast time E (Impale) dari 0.75 menjadi 0.65 detik, meningkatkan kelincahan.
- Tryndamere: Peningkatan critical strike chance pasif di 100 Fury dari 40% menjadi 50%, memperkuat serangan critical.
- Viego: Peningkatan healing Q (Blade of the Ruined King) dari minion dari 10% menjadi 50%, mempermudah Viego bertahan saat farming.

Nerf pada Champion Lainnya
- Jax: Radius indikator jarak R (Unrelenting Force) dikurangi agar sesuai dengan efek sebenarnya.
- Skarner:
- Penurunan damage cap Q (Fracture) terhadap champion jungle.
- Penurunan damage scaling berdasarkan HP sendiri pada Q (Fracture).
- Penurunan scaling damage berdasarkan HP target pada E (Impale).
- Yasuo & Yone:
- Penurunan multiplier critical strike chance pasif dari 2.5 menjadi 2.0, mengurangi potensi damage critical yang tinggi.
- Peningkatan konversi critical strike chance berlebih menjadi attack damage dasar, memberikan sedikit kompensasi atas penurunan multiplier critical.
Item Baru
- Overlord’s Bloodmail (Fighter)
- Yun Tal Wildarrows (Marksman)
- Zephyr (Marksman)
- Blackfire Torch (Mage)
- Navori Flickerblade (Marksman)
- Item Yang Diubah
- Kraken Slayer (Marksman)
- Blade of the Ruined King (Marksman)
- Plated Steelcaps (Tank)
- Mercury Treads (Tank)
- Boots of Swiftness (Movement Speed)
- Corrupting Potion (Support)
- Banyak item core lainnya
- Item Dihapus
- Anathema’s Chains
- Ingenious Hunter (Rune)
Rune Baru
- Cash Back (Inspiration)
- Jack of All Trades (Inspiration)
- Absorb Life (Domination)
Rune yang Diubah
- Cut Down (Domination)
- Legend: Haste (Domination)
- Press the Attack (Precision)
- Fleet Footwork (Precision)
- Hail of Blades (Precision)
- Sudden Impact (Domination)
- Relentless Hunter (Domination)
- Font of Life (Resolve)
- First Strike (Domination)
- Time Warp Tonic (Inspiration)
Perubahan Sistem

Di samping perubahan besar pada champion dan item, Patch 14.10 League of Legends turut membawa penyesuaian pada sistem permainan. Berikut rangkumannya:
- Bounty: Hukuman death streak (rentetan kematian) ditingkatkan dari 0.2 menjadi 0.25. Artinya, semakin sering kalian mati dalam waktu singkat, semakin sedikit gold yang didapatkan.
- Pembagian EXP Minion:
- Minion solo (dibunuh sendirian) kini memberikan 95% base experience.
- Minion yang dibunuh bersama (group split) dibagi rata dengan peningkatan dari 116% menjadi 124% base experience.
- Perbaikan bug yang sebelumnya menyebabkan pembagian experience sebesar 20% zamiast 23.2% yang seharusnya.
- Spell Panggil
- Barrier: Perisai yang diberikan meningkat dari 105-411 selama 2 detik menjadi 120-480 selama 2.5 detik.
- Cleanse: Kekebalan terhadap efek crowd control yang diberikan meningkat dari 65% selama 3 detik menjadi 75% selama 3 detik. Namun, cooldown spell ini bertambah dari 210 detik menjadi 240 detik.
- Exhaust: Efek slow yang diberikan meningkat dari 30% menjadi 40%. Cooldown spell ini juga bertambah dari 210 detik menjadi 240 detik.
- Ghost: Durasi movement speed tambahan berkurang dari 15 detik menjadi 10 detik. Cooldown spell ini bertambah dari 210 detik menjadi 240 detik.
- Heal: Jarak heal yang diberikan kepada rekan setim meningkat dari 835 menjadi 900.
Penyesuaian sistem ini bertujuan untuk meningkatkan keseimbangan permainan, terutama pada aspek hukuman kematian dan perolehan experience. P
eningkatan cooldown pada beberapa spell panggil seperti Cleanse, Exhaust, dan Ghost mungkin akan mempengaruhi strategi pertarungan di meta kali ini.