Para pengembang umumnya akan menggunakan engine yang lebih umum digunakan, namun Reiza mengambil resiko yang cukup besar. Setelah mengalami sedikit kesulitan, AutoMobilista 2 akan mendapatkan peningkatan masif melalui update baru!
Jika kita berbicara mengenai game simracing dengan engine yang digunakan, maka kita harus melihat beberapa developer yang ada. Sebagai contoh, Kunos Simulazioni memiliki engine buatan mereka sendiri, namun entri terakhir mereka menggunakan Unreal.
Sementara, pengembang lain seperti Slightly Mad Studios sangat memfokuskan pada pengembangan engine yang sangat mereka banggakan. Dinamakan sebagai Madness Engine, pilar dari Project CARS ini digunakan oleh Reiza, sang pencipta seri AutoMobilista.
Perjalanan seri AutoMobilista bisa dianggap sebagai sesuatu yang menarik. Mereka tidak memilih engine yang umum digunakan ataupun buatan sendiri. Melalui keputusan ini juga, AutoMobilista 2 mengalami sedikit masalah yang minor.