Baca artikel GGWP lainnya di IDN App
For
You

Sejarah Dota Part 1: Kelahiran Nenek Moyang Semua MOBA!

Dota merupakan game yang sangat kompleks dan juga unik di saat yang bersamaan. Pesonanya membuat game satu ini menjadi panutan game MOBA setelahnya. Tapi apakah kamu tahu sejarah Dota sampai dengan sekarang ini? Yuk kita simak sejarah Dota berikut ini!

Aeon of Strife dan Kelahiran Dota

Sumber: PCMag

Sejarah Dota dimulai dengan kelahiran sebuah game real time strategy bernama Starcraft buatan Blizzard. Game ini sangat populer karena berhasil membawa unsur real time pada game bergenre strategy, alih-alih bermain secara bergantian layaknya catur.

Secara singkat, Starcraft sendiri bercerita tentang pertempuran tiga bangsa di luar angkasa yaitu Protos, Terran, dan Zerg. Tingkat kompetitif dan mekanik yang seru dari Starcraft segera terlihat dan berhasil memikat banyak orang. Sayangnya, Starcraft tidak begitu ramah bagi pemain baru karena kompleksitas game yang dimilikinya.

Sebagai solusi, Blizzard memberikan World Editor agar para pemain dapat memainkan berbagai custom game yang dibuat dengan engine Starcraft sebagai basisnya. Hasilnya, pada sekitar tahun 2000, custom game buatan Aeon 64 bernama Aeon of Strife lahir.

https://www.youtube.com/watch?v=2m-P3C8d5Sk

Aeon of Strife, custom game dari Starcraft, kemudian menjadi konsep utama penciptaan Dota oleh Eul. AoS membawa beberapa elemen yang digunakan oleh MOBA modern saat itu yaitu kehadiran tiga buah lane, pemain mengendalikan satu hero yang kuat, dan kehadiran item untuk menambah kuat hero yang dimainkan oleh para pemain. Meskipun sangat inovatif, AoS tidak begitu populer pada masanya.

Kehadiran Warcraft: Reign of Chaos (ROC) pada 2002 menjadi babak baru dalam sejarah Dota. Sama seperti Starcraft, ROC merupakan game real time strategy dengan grafis yang lebih bagus dan juga kontrol mekanik yang lebih simpel dan mudah di mengerti oleh banyak pemain.

Yang menarik pula, ROC dibekali dengan World Editor layaknya Starcraft. Kehadiran World Editor ini memicu para pembuat custom map untuk bereksperimen menciptakan berbagai game menarik dengan Warcraft ROC sebagai basisnya.

Eul, Sang Pencipta Dota

Eul, pencipta Dota yang pertama. Sumber: wiki.dota.com

Sejarah Dota memasuki babak penting dengan kehadiran Eul, yang mencoba mengembangkan sebuah permainan menggunakan ROC World Editor dan membawa konsep permainan layaknya AoS.

Custom game tersebut ia namakan Defense of the Ancient, yang kemudian disingkat menjadi DotA. Dota buatan Eul ini sangat inovatif karena berhasil membawa unsur penyempurnaan dari AoS, dan bahkan masih digunakan sampai saat ini!

Pertama adalah pengenalan level hero yang dimainkan, sehingga lebih mudah meningkatkan kekuatan hero dengan mencari level. Kedua adalah kehadiran neutral creep yang memberikan efek gold dan experience. Begitu juga kehadiran respawn time yang dapat memberikan keuntungan saat salah satu tim berhasil membunuh hero lawan.

Seperti judulnya, tujuan dari Dota sebenarnya adalah untuk menghancurkan Ancient lawan, namun kompleksitas permainan yang dihadirkan oleh Eul seperti membunuh hero lawan, dan mencari level serta keunggulan gold menjadikan Dota buatan Eul sangat digandrungi pada masanya.

Penasaran kisah salanjutnya dari sejarah Dota? Simak halaman berikutnya ya!

Share
Editor’s Picks
Topics
Editorial Team
Audi Eka Prasetyo
EditorAudi Eka Prasetyo
Follow Us