Hadiah esports pertama diberikan pada tahun 1997 ketika Dennis “Thresh” Fong memenangkan Ferrari 328 milik pengembang Quack John Carmac. Pada tahun 2006, Johan “Toxjq” Quick memenangkan Rolex dari kejuaraan WSVG Quake 4.
Itu tentu luar biasa di zaman mereka. Tapi kumpulan hadiah hari ini cukup besar sehingga pemain dapat sering pensiun setelah memenangkannya.
Sebagian besar dari ini adalah karena popularitas crowdfunding sejak pengembang telah mulai menawarkan item-item unik dalam game ke basis pemain mereka yang luas untuk meningkatkan ukuran kumpulan hadiah keseluruhan.
Valve, pengembang Dota 2 dan Counter-Strike: Global Offensive, adalah perusahaan paling sukses yang menggunakan model ini saat ini. Acara Dota 2, The International, telah mengalami pertumbuhan luar biasa sepanjang sepuluh tahun terakhir kompetisi.
Berikut adalah kumpulan turnamen hadiah terbesar di industri ini. Tetapi karena Dota 2 dan League of Legends akan menjadi mayoritas dari 10 besar, kami telah membagi menjadi per kategori game dengan total peraihan terbesarnya.
