Momen balapan terasa kacau karena performa game yang kurang optimal, serta handling yang belum sempurna. (Dok. GGWP)
Project Motor Racing didesain menggunakan GIANTS Engine 10, sama dengan yang digunakan Farming Simulator 25. Dikombinasikan dengan physics engine custom bernama Hadron, GIANTS Engine 10 siap untuk menangani game balapan.
Sayangnya dalam praktek, game ini nampak belum siap rilis. GIANTS Engine 10 dari FS25 masih memiliki masalah yang sama di game ini, yaitu kurang optimal untuk PC kelas mid-range.
Untuk mencapai 60 FPS, upscaling dan frame generation harus digunakan, dan ini akan mengorbankan kualitas grafis. Baik GIANTS dan Straight4 harus mengoptimalkan engine game ini agar bisa dimainkan di lebih banyak PC.
Walaupun kendali dengan steering wheel terasa oke, sayangnya untuk controller masih ada setting yang harus diulik untuk membuatnya nyaman dimainkan, baik dari setting controller maupun setup mobil.
Dengan controller, setir dan pedal sangat sensitif dan twitchy, sehingga input dari controller diterjemahkan berlebihan ke dalam physics engine. Ini membuat mobil lebih mudah lepas kendali meskipun kamu berusaha mengoreksinya.
Kemudian, AI di dalam game ini juga terlalu sederhana dan tidak memiliki awareness pada mobil di sekelilingnya. Mereka akan menerobos mobil yang menghalangi racing line mereka, dan bahkan tidak memberi jalan saat diberi sinyal blue flag.
Hal ini diperburuk oleh sistem penalti yang sangat keras. Setiap kali kamu keluar sirkuit, terlepas apakah kamu diuntungkan atau tidak, kamu langsung mendapatkan penalti 2 detik. Yang lebih parah adalah penalti slow down, meskipun kamu dipaksa keluar sirkuit oleh lawan.
Physics engine yang terlalu sensitif, ditambah dengan AI primitif dan penalti keras, akan membuat balapan kamu menajdi buruk hanya dalam kedipan mata.