Developer Skyrim Ungkap Bayangan Semut Hampir Bikin Gamenya Gagal Rilis!

Skyrim diketahui hampir saja gagal total sebelum rilis resmi. Masalah besar yang menghambat pengembangan game ini ternyata disebabkan oleh sesuatu yang tidak terduga, yakni karena bayangan dari semut kecil. Bagaimana bisa? Simak kisah unik ini yang diungkap oleh mantan produser Bethesda, Jeff Gardiner.
Semut Kecil yang Menyebabkan Masalah Besar
Dalam proses pengembangan game, Bethesda terkenal karena memberikan kebebasan besar kepada timnya untuk menambahkan berbagai detail, termasuk elemen kecil yang membuat dunia Skyrim terasa hidup. Salah satu anggota tim, Mark Teare, diberi tugas menambahkan serangga ke gamenya, termasuk semut.
Namun, tanpa disadari, semut-semut ini diberi efek bayangan yang sangat realistis. Pada saat itu, teknologi rendering bayangan masih tergolong “mewah” dari segi komputasi, dan keberadaan ribuan semut dengan bayangan individualnya menyebabkan beban sistem yang berlebihan. Akibatnya, performa game menurun drastis dan membuat Skyrim terasa lambat dan hampir tidak bisa dimainkan.