EA Dilaporkan PHK Karyawannya dalam Skala yang Masif

Pengumuman Electronic Arts (EA) mengenai pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap sekitar 5% karyawan mereka telah menciptakan gelombang kejutan dalam industri game.
Sebanyak 670 anggota tim EA harus meninggalkan perusahaan, menciptakan reaksi berantai termasuk pembatalan proyek besar seperti Star Wars Mandalorian FPS yang dikembangkan oleh Respawn Entertainment.
Diketahui bahwa PHK ini merupakan bagian dari rencana restrukturisasi EA yang lebih besar.
EA PHK 5% dari total karyawannya

CEO EA, Andrew Wilson, menggambarkan langkah ini sebagai strategi untuk meninggalkan pengembangan properti intelektual (IP) berlisensi yang dianggap tidak akan sukses di tengah perubahan industri.
Rencana ini mencakup penutupan beberapa kantor dan menghentikan beberapa game mobile, termasuk MLB Tap Sports dan F1 Mobile Racing.
Dan ternyata, rencana ini nampaknya tidak hanya mengubah lanskap organisasi EA, tetapi juga cukup “menggoyahkan” beberapa proyek besar yang sedang dalam pengembangan.
Pasalnya, ada satu proyek yang digadang-gadang terkena dampak langsung dari peristiwa tersebut, game yang dimaksud adalah Star Wars Mandalorian yang diumumkan pada tahun sebelumnya.
Laura Miele, Presiden EA Entertainment, membenarkan pembatalan tersebut. Pernyataan Miele menggambarkan bahwa perubahan fokus EA setelah PHK memengaruhi keputusan pembatalan proyek ini.
Meskipun Respawn memiliki kemampuan unik untuk saling terhubung dengan pemainnya, namun EA memilih untuk mengalokasikan sumber daya mereka pada proyek-proyek baru yang lebih sejalan dengan visi jangka panjang perusahaan.
Keputusan EA ini pun membawa pertanyaan mendalam tentang dampak restrukturisasi pada industri game secara keseluruhan.

Perusahaan sekelas EA memiliki pengaruh besar dalam membentuk tren dan menggerakkan pasar.
Pembatalan proyek besar seperti Star Wars Mandalorian dapat menciptakan gejolak diantara para penggemar dan bahkan menciptakan efek domino di industri game.
Meskipun situasi ini menimbulkan keprihatinan, pernyataan Wilson menekankan bahwa restrukturisasi ini bertujuan untuk mendorong kreativitas, memajukan inovasi, dan memastikan kesempatan besar di masa depan.
Fokus yang lebih besar pada pengembangan game yang dianggap memiliki potensi besar dapat membawa industri game ke arah yang lebih baik.
Dalam menghadapi problematika industri game yang terus berubah setiap waktunya, EA mengambil langkah drastis dengan rencana restrukturisasi dan mem-PHK karyawannya. Pembatalan proyek Star Wars Mandalorian adalah bukti nyata dampak langsungnya.
Meskipun demikian, perusahaan tetap berkomitmen untuk terus menyajikan pengalaman gaming yang tak tertandingi.
Bagaimana langkah-langkah ini akan mempengaruhi industri game secara keseluruhan? hanya waktu yang dapat menjawab.
Sumber: Gamebrott