Salah satu sorotan utama dari rilisan Unreal Engine 5.4 terletak pada tools animasi dan geometrinya.
Dengan memperkenalkan fitur-fitur baru yang dirancang untuk memfasilitasi proses rigging karakter dan pembuatan animasi, pengembang game sekarang memiliki “senjata” yang lebih bagus dan intuitif ketimbang sebelumnya.
Kemudian, Unreal Engine 5.4 juga membawa sejumlah fitur eksperimental yang menarik, termasuk Modular Control rig dan Nanite.
Modular Control rig memungkinkan kita menciptakan rig karakter dari bagian modularnya, yang diharapkan dapat memberikan fleksibilitas yang luar biasa ketika kita mengatur karakternya untuk berbagai jenis animasi.
Selanjutnya ada Nanite, ini merupakan sistem geometri mikropolygon virtual yang telah di-improve dengan fitur Tessellation, fitur tersebut berguna untuk menghasilkan detail yang luar biasa pada environment game yang tengah dikerjakan.
Selain itu, Unreal Engine 5.4 juga menghadirkan berbagai peningkatan lainnya, termasuk dukungan Variable Rate Shading untuk meningkatkan performa, serta fitur-fitur seperti spline mesh workflows dan machine learning.
Semua ini bertujuan untuk memberikan tools yang komprehensif bagi pengembang game sehingga mereka dapat menciptakan suatu game yang lebih menarik lagi.