Sebuah MMORPG tidaklah lengkap tanpa adanya pertarungan atau combat. Dan kali ini, penulis juga menyempatkan diri untuk mencoba Old School RuneScape untuk melihat perbedaan antara combat yang ditawarkan.
Sistem combat di Brighter Shores dibuat sangat simpel, setidaknya untuk episode awal. Mudahnya, Brighter Shores menghadirkan sistem point and click untuk menyerang, atau secara lebih simpel “klik target dan pilih Attack“.
Setelahnya, kalian hanya perlu menunggu dan berdoa lawan yang kalian serang menyerang dengan RNG yang rendah. Yup, dalam game ini, serangan kalian dan lawan terasa seperti RNG, kadang tinggi dan kadang rendah.
Hal ini membuat combat terasa lebih unik, terlebih seringkali kalian akan melihat momen dimana kedua belah pihak hanya tersisa setetes darah saja. Untungnya, saat combat selesai, nyawa kalian akan kembali penuh.
Sayangnya, sistem combat ini tidaklah ideal menurut penulis. Jika dibandingkan dengan OSRS atau Old School RuneScape, nyawa kalian akan kembali pulih namun secara perlahan. Hal ini juga diimbangi dengan lawan yang jelas tidak akan membunuh kalian secara instan.
Combat Brighter shores juga diperburuk dengan animasi yang terasa lamban, membuat grinding terasa begitu menyebalkan. Animasi ini juga mempengaruhi kecepatan kalian dalam meminum healing potion yang seringkali tidak berguna karena nyawa kalian akan habis duluan sebelum potion tersebut selesai diteguk.