Ia menjelaskan bahwa kode program yang ia buat sebelumnya tidak cukup efisien dalam mendeteksi adanya objek penghalang di jalur pesawat sebelum pesawat tersebut muncul di layar. Hal ini disebabkan oleh pemindaian objek yang dilakukan oleh programnya yang sangat lambat.
Untuk mengatasi masalah ini, Vermeij memutuskan untuk mengatur pemindaian objek penghalang tersebut ke tingkat minimum yang mutlak.
Tidak hanya masalah koding yang menjadi penyebab pesawat jatuh, terungkap juga bahwa fenomena serupa dapat terjadi ketika model map dan objek penghalang baru dimuat setelah pesawat muncul di layar. Hal ini menunjukkan bahwa ada beberapa faktor teknis lain yang turut mempengaruhi terjadinya misteri pesawat jatuh di GTA San Andreas.
Dengan demikian, misteri pesawat jatuh di GTA San Andreas akhirnya terpecahkan dengan penjelasan yang disampaikan oleh mantan pengembang game tersebut.
Penjelasan teknis ini memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai penyebab terjadinya fenomena tersebut, yang pada akhirnya merupakan hasil dari beberapa kesalahan dalam pemrograman yang terjadi pada saat pengembangan gamenya.
Meskipun telah dijelaskan, namun fenomena ini tetap menjadi salah satu momen yang menarik dan sering dikenang oleh para penggemar setia dari seri Grand Theft Auto, khususnya GTA San Andreas.