EKSKLUSIF: Jaga-sensei Ungkap Rencana Cygames Indonesia Untuk Sasar Komunitas Gamer

GGWP mendapatkan kesempatan eksklusif untuk melakukan wawancara dengan Toshinori Suzuki, Managing Director Cygames Indonesia, terkait rencana dan strategi developer game asal Jepang tersebut di tanah air.
Toshinori Suzuki yang akrab disapa dengan panggilan Jaga-sensei ini merupakan salah satu tokoh penting yang bekerja di balik layar industri game Jepang.
Ia adalah produser yang ikut terlibat dalam produksi game Sonic Unleashed. Jaga-sensei juga tergabung dalam tim yang memproduksi Lethal Enforcers 3 dan Bounty Hounds.
Setelah bergabung dengan Cygames, Jaga-sensei terlibat dalam global business planning untuk game Granblue Fantasy Versus: Rising, dan Granblue Fantasy: Relink.
Kini, Jaga-sensei diposisikan di Indonesia. Ia punya banyak rencana untuk mengenalkan game-game Cygames seperti GBF, Uma Musume, Shadowverse, dan lainnya.
Mari simak wawancara eksklusif GGWP bersama Jaga-sensei dari Cygames Indonesia di bawah ini!
Wawancara eksklusif Jaga-sensei dari Cygames Indonesia
Kenapa Cygames memutuskan untuk merambah pasar Indonesia?
Pertanyaan ini sering ditanyakan oleh kalangan umum. Alasan pertamanya, penduduk di Indonesia sangat banyak dan salah satu daya tariknya adalah jumlah anak muda Indonesia itu sangat banyak.
Itu alasan utama kami untuk memasuki pasar Indonesia, karena kami melihat bahwa anak muda Indonesia sangat menyukai anime dan manga.
Setiap tahun, PDB per kapita di Indonesia semakin meningkat, dan itu jadi salah satu perhatian kami juga.
Boleh tolong dijelaskan apa saja tujuan Cygames di Indonesia? Apa saja hal yang akan dilakukan Cygames di Indonesia?
Kegiatan kami pertama-tama adalah melakukan riset pasar di Indonesia, lalu berdasarkan hasil riset tersebut kami akan merencanakan beberapa strategi untuk ke depannya. Salah satu caranya adalah melakukan advertising atau periklanan secara legal di Indonesia.
Indonesia sangat berbeda dengan Jepang, dimana sudah sangat banyak jenis iklan yang bisa dijalankan. Kami sedang mempelajari mengenai iklan tersebut.
Lalu selanjutnya, kami ingin menggandeng banyak media untuk bekerja sama lewat artikel yang bagus.
Untuk yang ketiga, ini adalah poin yang paling penting, dimana kami ingin mengembangkan dan membesarkan komunitas yang ada di Indonesia. Maka dari itu, kami ingin bermaksud untuk mengadakan event (Fanatik Night) kali ini.
Cygames memiliki banyak game dengan basis fan yang kuat. Bagaimana dukungan fans Indonesia membantu mengembangkan game Cygames?
Kami menganggap bahwa komunitas adalah hal yang sangat penting. Kami sudah mengunjungi dan berpartisipasi di beberapa event yang ada di Indonesia. Kami juga sudah menghubungi beberapa komunitas yang ada di sana.
Kegiatan dari komunitas tersebut bisa mempengaruhi perkembangan dari kegiatan yang akan kami lakukan ke depannya.
Itu akan menjadi hal yang sangat penting bagi kami, dimana kami bisa lebih memperkenalkan Cygames dan meningkatkan awareness di kalangan umum Indonesia.
Meskipun memiliki appeal yang besar terhadap fans di seluruh dunia, game-game dari Cygames terasa Jepang-sentris (khususnya Uma Musume). Bagaimana tantangan untuk membuat game Cygames lebih mudah diakses oleh fans di luar Jepang?
Menurut saya, game yang dibuat oleh Cygames memang awalnya sangat berhubungan erat dengan budaya Jepang.
Misalnya game Uma Musume, sangat erat dengan budaya Jepang dimana terdapat pecinta pacuan kuda, bar, dan klub. Untuk memperkenalkannya ke luar Jepang, itu sangat sulit.
Untuk ke depannya, kami akan melakukan lokalisasi, dan kegiatan lainnya untuk memperkenalkan game-game tersebut, dan menyesuaikannya dengan selera global.
Ini adalah berita baik bagi gamer Uma Musume, karena Uma Musume versi global dengan bahasa Inggris akan segera dirilis. Jadi, mohon untuk menunggu perilisannya.
Mohon dikoreksi jika salah, sebelum Fanatik Night Cygame Indonesia sudah lebih dulu menjangkau beberapa fans Indonesia di event-event daerah. Sejauh ini bagaimana respon dari para fans di daerah-daerah Indonesia terhadap Cygames Indonesia?
Memang benar bahwa Cygames pernah mengadakan event sebelum Fanatik Night ini, dan seperti yang sudah dijawab sebelumnya, kami bertemu dengan banyak komunitas.
Kami sudah menghubungi mereka untuk meminta komentar dan reaksi mereka. Reaksi dari para fans sangat positif dan baik. Maka dari itu, saya juga merasa terharu dengan hal tersebut.
Sebenarnya kami belum mengadakan event secara official pada saat itu. Tapi melihat reaksi dari mereka, dan antusiasme mereka, kami sangat tersentuh
Untuk Fanatik Night ini, kenapa memilih konsep acara hiburan di klub untuk mempromosikan game Cygames di Indonesia?
Ada beberapa alasan yang bisa kami sampaikan. Waktu saya datang ke Jakarta, saya melihat banyak sekali klub yang menarik dan dapat menjadi referensi untuk event. Misalnya seperti THE H CLUB, Colosseum Jakarta, dan DRAGONFLY JAKARTA.
Saya juga mendapati bahwa DJ internasional turut datang ke sini. Ini pendapat pribadi saya, tapi saya melihat orang Indonesia sangat menyukai lagu, bernyanyi, dan menari bersama.
Salah satu alasan kami memilih tempat ini (Gen’s Bar) karena saya menghubungi salah satu DJ yang tampil di event ini yaitu Adidkh. Beliau pernah mengajak saya untuk mengikuti event anikura (event klub bertema lagu anime).
Saya terinspirasi membuat event serupa dimana orang Indonesia yang datang bisa bernyanyi dan menari bersama dengan lagu-lagu anime, J-pop, dan game. Namun, salah satu alaasn terbesarnya karena saya sangat menyukai musik-musik DJ.
Berdasarkan pengamatan Cygames Indonesia, game Cygames apakah yang paling populer di kalangan fans di Indonesia?
Sebenarnya saya sulit menentukan judul game mana yang paling populer di Indonesia. Misalnya ada Shadowverse dimana komunitas mereka mengadakan lomba TCG di event ini. Saya merasa itu jadi salah satu bentuk popularitas mereka.
Lalu untuk Uma Musume, fans yang sangat menantikan event seperti ini sangat bersemangat.
Minggu lalu di Impactnation, saya sempat melihat kegiatan mereka, dimana mereka sangat bersemangat dalam menari dan bernyanyi bersama.
Granblue Fantasy juga sangat dicintai oleh para fans, dimana mereka tersebar di beberapa daerah di Indonesia.
Maka dari itu, saya juga merasa bahwa beberapa judul dari Cygames mempunyai popularitasnya masing-masing.
Dengan semakin globalnya game Cygames, apakah ada rencana untuk mempermudah akses gamer di luar Jepang untuk memainkan game Cygames?
Kami punya planning perilisan game secara global, namun untuk detailnya seperti akses dan lainnya sayang sekali tidak bisa kami sampaikan.
Maka dari itu, mohon untuk menunggu pengumuman langsung secara resminya.
Dengan ekspansi ke Indonesia, apa harapan Cygames terhadap pasar/industri game lokal?
Dari sisi bisnis, kami melihat bahwa Indonesia sebenarnya tidak selalu pasti mempunyai lingkungan bisnis untuk menanamkan modal dan saham secara baik.
Misalnya di Singapura dan di Thailand pun, kami sangat sulit untuk menembus pasar mereka.
Karena itu, kami berencana untuk menggandeng pemerintah untuk melakukan planning ke depannya.
Apakah kalian punya pesan-pesan kepada para fans Cygames di Indonesia?
Saya sangat berharap bahwa Cygames bisa memasuki pasar Indonesia dan diterima oleh orang Indonesia.
Saya juga melihat aktivitas komunitas sangat penting. Karenanya, saya sangat mengharapkan dukungan dari komunitas untuk perkembangan Cygames ke depannya.