Baca artikel GGWP lainnya di IDN App
For
You

AMD FSR 3.1 Diperkenalkan, Bakalan Punya Fitur Canggih!

Tidak membutuhkan waktu lama bagi AMD yang saat ini terbosesi dengan peningkatan kecerdasan buatan (AI) untuk merealisasikan hal tersebut.

Dalam sebuah pengumuman mengejutkan, AMD telah mengungkapkan iterasi terbaru teknologi FidelityFX Super Resolution-nya yaitu FSR 3.1.

Dengan memamerkan peningkatan kualitas gambar secara besar-besaran dan lebih banyak lagi, ini tentu saja menjadi sebuah perkembangan yang menarik.

Sekarang, pengumuman tentang AMD FSR 3.1 tidak hanya tentang peningkatan bertahap pada algoritma supersampling teknologi tersebut, namun juga pada hal lain.

AMD juga menambahkan sejumlah fitur yang mirip dengan anti-aliasing DLAA milik Nvidia. Secara efektif, ini memungkinkan gamer mengoptimalkan visualisasi yang mereka inginkan ketika bermain game.

Langkah ini merupakan keuntungan besar bagi gamer yang ingin mengejar kinerja dan kualitas gambar.

Keungulan AMD FSR 3.1

Secara umum, AMD FSR 3.1 memberikan peningkatan di beberapa area seperti:

  • Stabilitas gambar yang ditingkatkan, menghasilkan penurunan flickering, shimmering, dan membuat visual lebih stabil di sekitar objek yang bergerak.
  • Pengurangan ghosting dan peningkatan detail yang lebih baik.
  • Frame FSR 3.1 sekarang berfungsi seperti fitur upscaling lainnya, seperti DLSS milik Nvidia dan XeSS milik Intel.

AMD juga telah merilis API baru AMD FidelityFX, yang seharusnya memudahkan pengembang game untuk melakukan debugging dan memastikan kompatibilitas ke depan dengan versi-versi terkini dari FSR.

Selain itu, FSR 3.1 akan terintegrasi dengan Vulkan dan Xbox GDK lebih lanjut tahun ini, yang secara besar-besaran memperkuat jangkauan fitur tersebut.

AMD
AMD

Kini AMD tinggal membuktikan bahwa fitur tersebut benar-benar bekerja secara maksimal. Pasalnya, DLSS milik Nvidia adalah solusi upscaling yang telah diuji dalam keadaan nyata ketika bermain game, dan bersaing dengan fitur tersebut bukanlah tugas yang mudah.

Dalam persentasinya itu mereka secara langsung membandingkan FSR 2.2 dengan FSR 3.1 pada game Ratchet & Clank: Rift Apart.

AMD menunjukkan peningkatan yang luar biasa dalam hal stabilitas dan pengurangan ghosting.

Namun bagian yang benar-benar mengesankan adalah bahwa gambar yang ditampilkan diambil dari permainan yang dirender pada resolusi 1080P, dengan FSR berjalan pada Mode Kinerja. Jika dilihat sekilas, ini tentu sangat luar biasa.

Rift Apart menjadi salah satu game pertama yang mendukung FSR 3.1.

Sumber: AMD

Share
Editor’s Picks
Topics
Editorial Team
Audi Eka Prasetyo
Mecca Medina
Audi Eka Prasetyo
EditorAudi Eka Prasetyo
Follow Us