Chip Apple M2 Bakal Punya Teknologi Upscaling Mirip DLSS

Apple memang harus diakui merupakan salah satu perusahaan teknologi yang amat besar. Dengan chip M2 dengan teknologi upscaling yang baru-baru ini diumumkan untuk Macbook, belum lagi rilis tahunan iPhone andalannya, Apple tampaknya tak terbendung akhir-akhir ini.
Sekarang, sepertinya mereka ingin membuat dampak di industri grafis, karena baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan merilis teknologi upscaling sendiri, mirip dengan apa yang ditawarkan Nvidia dan AMD saat ini, untuk visual yang lebih baik dalam game.
Dalam video utama yang diunggah ke YouTube, Apple membahas sejumlah perangkat keras dan perangkat lunak baru. Di antaranya adalah pengenalan API grafis Metal 3, yang hadir dengan MetalFX Upscaling.
Upscaling di chip Apple M2
Peningkatan grafis telah menjadi standar industri akhir-akhir ini, dengan teknologi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas game. Direktur Senior Perangkat Lunak GPU, Jeremy Sandmel, mengatakan bahwa Metal 3 juga akan membantu meningkatkan waktu muat dengan menyediakan “jalur langsung” yang lebih banyak antara penyimpanan sistem dan memori.
Sandmel melanjutkan dengan mengatakan bahwa dua game akan menjadi yang pertama menerima MetalFX adalah No Man’s Sky dan Resident Evil Village. Singkatnya, peningkatan gambar adalah perangkat lunak yang digerakkan oleh AI yang bekerja dengan menggambar ulang piksel di layar ke resolusi yang lebih tinggi tanpa pekerjaan tambahan dari perangkat keras.
Misalnya, dibutuhkan permainan yang berjalan pada 1080p dan menggambar ulang visual untuk meningkatkan resolusi ke 1440p. Gagasan di balik ini adalah bahwa ia memberikan kesetiaan visual yang lebih besar seolah-olah game ini berjalan pada resolusi yang lebih tinggi secara asli. Dalam video di bawah, MetalFX dimulai sekitar 1:22:00.
Jika ini semua terdengar familier, mungkin karena Nvidia dan AMD memiliki versinya sendiri. Teknologi upscaling memang sangat familiar untuk saat ini. Intel juga akan merilis AI upscalingnya sendiri, yang disebut Xess atau Xe Super Sampling, kemungkinan besar ketika akhirnya merilis GPU desktop Arc-nya.
Gimana menurut kamu? Apakah Apple akan berhasil dengan ini?
Sumber: Gamerant