5 Brand Smartphone Terlaris di Indonesia, Samsung Gilas Xiaomi!

Indonesia menjadi salah satu negara dengan akselerasi pasar smartphone terbesar di dunia. Berdasarkan data Counterpoint pada Q1 2022 ini, pasar smartphone Tanah Air tumbuh sebesar 11,5%, berikut 5 brand smartphone terlaris di Indonesia!
Pertumbuhan dan akselerasi pasar smartphone di Indonesia memang sangat menggiurkan bagi brand-brand Internasional, tak ayal banyak brand yang mati-matian merebut pangsa pasar tanah air dengan beragam produk dan promo yang mereka tawarkan.
Baca Juga : OPPO Indonesia Ungkap Keunggulan Desain dan Kamera Reno8, Rilis Bulan Ini!
Namun, sedikit berbeda dengan pasar US dan Eropa yang lebih didominasi pengguna smartphone kelas flagship, di tanah air pasar kelas menengah dan entry level justru jadi primadona. Bukti nyatanya adalah absennya Apple di jajaran 5 brand smartphone terlaris di Indonesia, padahal di pasar US dan Eropa, Apple setidaknya selalu berada di top 2 daftar brand terlaris.
Lalu siapa saja yang termasuk dalam 5 brand smartphone terlaris di Tanah Air? Ini dia daftarnya!
5. realme

realme menjadi brand termuda di list kali ini, brand yang dikenal sering memberikan smartphone value-to-money kepada para pelanggannya ini berhasil meningkatkan penguasaan market share mereka di Indonesia menjadi 11% di Q1 2022 ini, bertumbuh dari 9,8% di periode yang sama tahun lalu.
Pertumbuhan realme ini tidak lepas dari mulai hadirnya diferensiasi produk dari realme, dari tier terbawah mereka punya Narzo dan C31, satu kelas di atasnya mereka punya realme 9 series, dan untuk kelas premium terjangkau mereka punya 9 Pro, serta untuk gaming mereka punya GT Series.
4. Xiaomi
Xiaomi jadi salah satu Brand yang market share-nya menyusut cukup banyak di Q1 2022 ini, mereka hanya mencatatkan angka 14,3% merosot jauh dibandingkan tahun sebelumnya ketika mereka menjadi runner up dengan market share 19,8%.
Merosotnya penjualan Xiaomi ini ditengarai karena terganggunya distribusi dari Brand yang punya fans setia bernama Mi Fans ini. Xiaomi juga jadi satu-satunya brand di 5 besar yang mengalami penurunan market share di atas 1%.
3. Samsung

Brand asal Korea justru jadi kejutan luar biasa di Q1 2022 ini. Mereka menghadirkan pembaruan mereka terhadap para gacoannya di setiap segmen, mulai dari A, M dan bahkan S Series. Hal inilah yang membantu samsung meraih market share sebesar 17,7% di kuartal ini.
Uniknya fakta dilapangan menunjukan bahwa, positioning harga Samsung A dan M generasi terbaru justru membuat generasi sebelumnya kembali diburu dan mulai terkerek naik, terutama untuk seri M52 5G.
Ketika artikel ini dibuat, Galaxy M52 5G di e-commerce sudah menembus harga Rp 5,2 juta, naik Rp 1 juta dibandingkan sebelum M53 5G dirilis dan bahkan jadi lebih mahal dibandingkan seri di atasnya, yaitu A52s 5G yang dijual di angka Rp 4,8 juta. Fenomena yang cukup menarik bukan?
2. vivo
Meskipun hanya sedikit tapi vivo tetap bisa meningkatkan market share mereka di 2022. Mereka berhasil mencatatkan angka penjualan sebesar 20,6% meningkat 1 persen dibandingkan tahun lalu yang ada di angka 19,6%.
Gencarnya promosi mereka di pasar entry level dan mid range menjadi penyebab utama pertumbuhan market share mereka tahun ini. Alasan lainnya tentu karena mengendurnya pesaing terdekat mereka, Xiaomi di Q1 kemarin.
1. Oppo

Posisi pertama brand terlaris di Tanah Air tetap dipengang oleh Oppo. Brand yang dikenal sangat agresif di pasar entry level dan menengah ini berhasil mengamankan takhta-nya meski harus turun 0,6% dibandingkan tahun lalu. Pada 2022 ini, Oppo mencatatkan market share 22,3%.
Oppo tahun ini, justru terlihat mencoba menunjukan kebolehan mereka di kelas flagship dengan hadirnya Find X5 Pro. Sedangkan dapur utama penjualan mereka tetap bisa stabil dengan hadirnya Reno Series, dan Oppo A series yang menawarkan smartphone berkemampuan 5g namun tetap terjangkau.
Itu dia kelima brand smartphone terlaris di Indonesia 2022, kamu bisa melihat data Counterpoint di bawah ini untuk mengetahui perkembangan market share mereka dari 2021 ke 2022!
