Perkenalkan, GingerVR, Toolkit Untuk Menghindari Rasa Mual Bermain VR

Tahun ini, para peneliti di The University of Texas di San Antonio – John Quarles dan Samuel Ang – memperkenalkan dunia pada GingerVR. Dinamakan jahe karena jahe terkenal mampu mengurangi rasa mabuk dan mual.
GingerVR adalah toolkit untuk para pengembang VR untuk digunakan dalam merancang software mereka. Bertujuan untuk mengurangi peluang para pengguna mereka mengalami cybersickness.
Cybersickness adalah fenomena yang sering melemahkan di mana pengguna VR mengalami mual, pusing, ketegangan mata, kelelahan, dan sakit kepala saat berada di VR. Pada dasarnya itu adalah mabuk perjalanan, edisi VR.
Apa itu GingerVR?
GingerVR adalah paket perangkat lunak yang, setelah dirilis, terdiri dari delapan aset desain anti-cybersickness. Aset yang dapat diintegrasikan secara efisien ke dalam proyek VR yang dibangun dengan Unity.
Aset tersebut didasarkan pada teknik yang telah dicoba dan diuji dari badan penelitian cybersickness yang ada. Gaussian Blur, Vision Snapper, dan Dynamic Field of View adalah bagian dari aset tersebut.
Semuanya berbagi konsep meredam kelebihan visual yang dialami oleh pengguna.
Teknik-teknik bervariasi dari gerakan kabur dan pemblokiran FOV, untuk menambahkan objek seperti hidung ke FOV virtual pengguna untuk mensimulasikan hidung yang berada di depan FOVs kehidupan nyata kita.

Teknik hidung sangat menarik. Karena ada beberapa bukti bahwa teknik itu membantu meringankan disorientasi akibat VR karena bertindak sebagai kerangka natural.
Dengan variasi yang terlihat pada mereka yang mengalami cybersickness, sulit atau bahkan mustahil untuk mengatakan mana teknik yang terbukti paling efektif. Sayangnya pada tahap ini trial and error sepertinya satu-satunya cara untuk melanjutkan.
Untungnya, GingerVR memudahkan pengembang untuk bermain-main dengan berbagai teknik yang sudah ada sampai mereka bisa menyelesaikan beberapa yang berhasil.
Berbagai aset juga dapat diimplementasikan secara bersamaan, sehingga mencari kombinasi teknik mana yang bekerja dengan baik akan menjadi usaha yang menarik. Tentu saja, jenis aplikasi yang dibuat akan menentukan aset mana yang dapat diterapkan.
Tujuan Akhir GingerVR
Tujuan GingerVR tampaknya ada dua. Membuat mereka yang tidak bisa menikmati kemajuan teknologi visual ini menjadi sesuatu hal yang tidak mustahil.
Namun selain itu, berkat toolkit ini, beban kerja pengembang juga akan berkurang.
Gagasan di balik GingerVR adalah untuk memeriksa literatur dan mengumpulkan semua teknik yang berbeda ini. Kemudian mengimplementasikannya ke dalam satu paket perangkat lunak.
Jika Anda seorang pengembang, peneliti atau mahasiswa dan Anda hanya ingin memulai, Anda sudah memiliki paket perangkat lunak ini yang berisi semua teknik ini dari literatur.