Baca artikel GGWP lainnya di IDN App
For
You

EKSKLUSIF: RRQ Hoshi Bisa Jadi Kunci Pecahnya Rekor Viewership MPL ID S14

Prediksi rekor viewership MPL ID S14 baru terpecahkan sangat mungkin akan terjadi, jika mempertimbangkan angka dan kondisi turnamen saat ini.

Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh GGWP dari Esports Charts, saat ini MPL ID S14 memiliki 2,4 juta peak viewer dan 81,8 juta jam ditonton saat regular season selesai.

Jika kita melihat tren dari season-season sebelumnya, MPL ID S14 punya kans besar untuk memecahkan rekor yang berhasil dicetak di season-season sebelumnya.

Bahkan, MPL ID S14 sudah memecahkan rekor peak viewer yang sebelumnya dipegang S10 dengan 2,3 juta peak viewer.

Dengan situasi dan kondisi yang tepat, rekor jam ditonton S12 sebanyak 116 juta jam bisa saja terpecahkan.

Prediksi rekor viewership MPL ID S14

Esports Charts

GGWP berbicara secara eksklusif kepada Rodion Horbunov, Data Analyst dari Esports Charts seputar prediksinya untuk viewership MPL ID S14.

“Berdasarkan analitik Esports Charts, viewership MPL ID di tahun 2024 memilki potensi untuk memecahkan rekor baru, khususnya jika tim besar seperti RRQ Hoshi maju ke babak final,” ungkap Horbunov.

Horbunov memprediksi ada dua skenario soal bagaimana rekor ini tercipta, yaitu skenario rata-rata dan skenario optimistis.

Dalam skenario rata-rata, Horbunov memprediksi MPL ID S14 bisa meraih peak viewer sampai 2,6 juta orang.

Paling buruknya, angka peak viewer tidak akan berubah atau bertambah tipis dari angka 2,4 juta orang, namun kemungkinan besar kita bisa melampaui angka 2,4 juta.

Sementara itu di skenario optimistis, babak playoff MPL ID S14 bisa meraih hingga 2,9 juta orang peak viewer.

“Peak viewer sebanyak 2,4 juta orang telah berhasil diraih. Meskipun angka 2,6 juta merupakan target yang realistis, semuanya akan bergantung dengan bagaimana turnamen akan berlangsung,” paparnya.

RRQ Hoshi adalah kunci?

MPL Indonesia

Menyebut RRQ Hoshi sebagai kunci yang menentukan jumlah viewership MPL ID S14 bukan isapan jempol belaka.

Bahkan, posisi finis RRQ sendiri kerap kali menjadi penentu seberapa ramai dan pecahnya turnamen MPL ID.

Seri MPL ID Posisi RRQPeak ViewerJam Ditonton
Season 141 (regses)2,4 juta (regses)81,8 juta (regses)
Season 135-62,2 juta110 juta
Season 1242,1 juta116 juta
Season 1141,8 juta73 juta
Season 1022,3 juta80 juta

Jika melihat tabel di atas, pada S10 RRQ finis di posisi 2 dan meraih 2,3 juta peak viewer serta 80 juta jam ditonton.

Pada 3 season selanjutnya, RRQ tidak berhasil mencapai babak grand final. Meskipun dari sisi jam ditonton terdapat tren kenaikan, namun angka peak viewer tidak bisa mengalahkan rekor S10.

Namun di S14, dengan membaiknya performa RRQ Hoshi, MPL ID berhasil memecahkan rekor peak viewer di angka 2,4 juta orang. Bahkan ini pun belum mencapai babak final.

Maka dari itu, cukup masuk akal jika RRQ Hoshi memegang kunci dalam berkembangnya viewership MPL ID di S14 ini.

Fanbase Kingdom yang besar, ditambah performa gacor RRQ di tangan Khezcute membuat para fans optimis untuk menduking tim mereka.

Namun selain RRQ Hoshi, tim lainnya seperti Team Liquid, Fnatic ONIC, dan Bigetron Alpha juga memiliki andil dalam meningkatkan viewership MPL ID S14.

Season kali ini bisa dibilang sangat kompetitif, jauh melebihi season sebelumnya, dengan berbagai momen rise and fall dari tim-tim tangguh MPL ID.

“Dengan banyaknya tim-tim kuat yang melaju ke babak playoff, kemungkinan memecahkan rekor tersebut sangat besar,” pungkas Horbunov.

Share
Editor’s Picks
Topics
Editorial Team
Mecca Medina
EditorMecca Medina
Follow Us