OPI Esports Ramai di TikTok dan Medsos Lain, Seperti Apa Kontennya?

Sebagai bentuk branding dan marketing, berbagai tim esports mulai melebarkan sayapnya ke dalam berbagai platform media sosial. OPI Esports jadi salah satu tim yang memanfaatkan platform TikTok dan media sosial lain untuk memperluas jangkauannya.
OPI Esports atau Over Powered Indonesia Esports merupakan sebuah tim esports yang saat ini fokus di cabang Mobile Legends, PUBG Mobile, dan beberapa game mobile lain. Tim MLBB mereka saat ini merupakan partisipan dari turnamen MDL Indonesia.
OPI Esports tidak hanya mem-branding diri mereka sebagai sebuah tim esports profesional, namun juga sebuah brand lifestyle yang memaparkan gaya hidup gamer profesional. Aspek lifestyle inilah yang coba dipaparkan oleh OPI Esports lewat akun media sosial mereka.
OPI Esports gunakan media sosial seperti TikTok untuk kedepankan konten lifestyle
Menggunakan berbagai media sosial seperti YouTube, Instagram, dan tentunya TikTok, OPI Esports merilis konten yang melibatkan pro player serta talent/BA mereka.
Konten-konten ini terdiri dari tips dan trik seputar gameplay game esports, seperti MLBB, PUBGM, CODM, dan lainnya. Ada juga konten unboxing gaming gear, serta segmen OPI Zone yang membahas berbagai hal seputar dunia esports.
Selain itu, ada juga konten games yang melibatkan para pro player dan juga talent mereka. Games-games ini mempertandingkan mereka untuk menyelesaikan sebuah challenge, misalnya ada sambung kata, cerdas cermat, atau game kotak misteri.
Konten games seperti di atas menonjolkan aspek lifestyle dari para pro player dan talent esports yang ingin dikedepankan oleh OPI Esports. Namun tak hanya games saja, konten lifestyle ini pun menjalar ke video dansa TikTok.

Pendekatan lifestyle dari OPI Esports ini cukup membuahkan hasil. Di TikTok, mereka mampu mengumpulkan 2,1 juta follower dan 39,5 juta like. Jumlah view/play video TikTok mereka berkisar di antara ratusan ribu hingga jutaan kali.
Sementara itu di YouTube, mereka memiliki 308 ribu subscriber, dengan video-video terpopulernya mampu meraih jutaan view. Kemudian di Instagram, OPI Esports memiliki 93,8 ribu follower dengan jumlah like dan komentar per postingan mencapai angka ribuan pula.
Ternyata, konten-konten dari OPI Esports tersebut cukup mengundang perbincangan. Selain banyak digandrungi, ternyata ada juga yang merasa kontra. Lewat IG Story-nya, caster Bro Pasta mengaku cukup resah dengan beberapa konten OPI Esports yang tidak mencerminkan sebuah tim esports profesional. Bagaimana menurut kamu sendiri?